Comscore Tracker

5 Efek Samping jika Terus Mengalah pada Pasangan, Yuk Belajar Tegas!

#IDNTimesLife Kamu jadi disepelekan pasangan, lho

Dua insan yang memiliki karakter serta cara pandang berbeda, disatukan dalam hubungan. Sangat lumrah jika kemudian timbul salah paham atau perselisihan.

Cara mengatasinya, ada kalanya memang diperlukan sikap mengalah. Kalau kamu dan pasangan sama-sama egois, maka masalah gak akan pernah selesai.

Akan tetapi, bila selama ini selalu kamu yang mengalah, hal itu justru gak baik. Ada banyak hal buruk atau efek samping dari sikap yang terus mengalah pada pasangan. Apa saja?

1. Kamu jadi rentan disepelekan

5 Efek Samping jika Terus Mengalah pada Pasangan, Yuk Belajar Tegas!ilustrasi wanita sedih (pexels.com/Sunbae Legacy)

Hal buruk yang bisa terjadi apabila kamu terus-menerus mengalah pada pasangan, adalah kamu jadi disepelekan. Pasangan akan memandang bahwa kamu itu lemah. Gampang banget dibuat menyerah atau mengalah.

Dampaknya, hubungan jadi gak sehat. Dia terlalu mendominasi, dan kebutuhan atau keinginanmu rentan diabaikan. Pasti kamu gak mau, kan, menjalani asmara yang gak seimbang. Yang dirasa penting hanya kemauan atau pendapatnya saja.

2. Berisiko kehilangan jati diri

5 Efek Samping jika Terus Mengalah pada Pasangan, Yuk Belajar Tegas!ilustrasi pria bertopeng (pexels.com/Anete Lusina)

Setiap orang bisa saja memilih prinsip atau nilai hidup yang berbeda. Sulitnya ketika prinsip yang kamu pegang teguh itu ternyata bertentangan dengan nilai yang diyakini pasangan.

Hubungan yang sehat, dicirikan dengan adanya saling menghormati terhadap prinsip masing-masing. Jika sikap pasanganmu selama ini sulit menerima itu, dan mendorongmu untuk terus mengalah pada kemauannya, lama-kelamaan akan membuatmu jadi kehilangan jati diri. Sudah tak ada lagi nilai atau prinsip hidup yang selama ini menjadi panduan.

Konsekuensinya, alur hidupmu jadi sesuai dengan yang ia inginkan. Dan hal tersebut bisa mengikis kebahagiaan dirimu sendiri. Karena kalau kamu mau jujur, hal itu bukanlah seperti yang kamu inginkan.

Baca Juga: 5 Hal Romantis Ini Bisa Menjebakmu dalam Hubungan Toksik, Waspadalah!

3. Hubungan jadi toksik

5 Efek Samping jika Terus Mengalah pada Pasangan, Yuk Belajar Tegas!ilustrasi pasangan berkencan (pexels.com/cottonbro)

Sering mengalah, bisa memupuk rasa benci yang jika didiamkan, akan merusak hubungan. Dalam hatimu sebenarnya tak rela untuk terus mengalah demi dirinya, sementara ia gak ada kesadaran sedikit pun untuk menurunkan egonya.

Perasaan yang dipendam ini, bisa mengubahmu jadi sinis terhadap pasangan, karena tanpa sadar, kamu telah memupuk rasa benci. Jika dibiarkan, hubunganmu gak akan pernah tenteram. Penuh dengan cekcok.

4. Kamu jadi terus merasa tertekan

5 Efek Samping jika Terus Mengalah pada Pasangan, Yuk Belajar Tegas!ilustrasi pria berdiri sendiri (pexels.com/Elina Sazonova)

Hubungan yang baik, seyogianya bisa memberi kebebasan, bukan malah tekanan. Dan ini yang mungkin terjadi kalau kamu sering mengalah pada pasangan.

Sikapnya yang egois itu, membuatmu sering merasa frustrasi. Setiap kali ingin speak up, khawatir jika nanti merusak hubungan karena kamu sudah paham benar bagaimana perangainya. Tapi terus didiamkan, lama-lama bikin gondok juga dan stres jadinya.

5. Walau berpasangan, kamu jadi merasa kesepian

5 Efek Samping jika Terus Mengalah pada Pasangan, Yuk Belajar Tegas!ilustrasi wanita sedih (pexels.com/Prateek Katyal)

Ini yang disebut kesepian di tengah keramaian. Meskipun secara status, kamu telah memiliki pasangan, tapi ketidakmauan pasangan untuk berusaha memahami perasaanmu dan kompromi, akhirnya menimbulkan rasa sepi.

Kamu jadi merasa tetap saja sendiri. Gak ada yang benar-benar bisa mengerti apa yang kamu mau, atau membuat dirimu penting dengan berusaha memahami apa yang kamu rasakan atau inginkan.

Dari uraian tadi, menyadarkan bahwa mengalah memang terkadang perlu untuk menjaga hubungan asmara tetap berjalan. Akan tetapi, ketika sudah berlebihan porsinya, justru akan merugikan dirimu sendiri. Dan pastinya, hubungan yang kamu jalani jadi tidak imbang dan gak sehat.

Karena itu, cobalah tegas, ya! Supaya dia paham bahwa kamu bukan tipe orang yang bersedia diinjak-injak demi sebuah hubungan. Harganya gak sepadan!

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Kamu Termasuk Orang yang Asyik, Ayo Coba Nilai!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya