Comscore Tracker

5 Hal Romantis Ini Bisa Menjebakmu dalam Hubungan Toksik, Waspadalah!

#IDNTimesLife Janji manis, kok, sering banget diumbar

Mendengar kata romantis, asosiasinya pasti langsung positif. Akan tetapi, hal yang romantis itu belum tentu semuanya baik. Justru kalau gak berhati-hati, yang tadinya kamu anggap romantis malah bisa berujung pada hubungan yang toksik.

Pastinya gak mau, kan, menjalin hubungan yang gak sehat dengan pasangan? Untuk itu, yuk, kenali sikap romantis apa saja yang ternyata bisa menjebakmu pada kisah asmara yang gak sehat. Simak pembahasannya di bawah ini!

1. Terburu-buru menyatakan perasaan cinta

5 Hal Romantis Ini Bisa Menjebakmu dalam Hubungan Toksik, Waspadalah!ilustrasi menyatakan cinta (pexels.com/Budgeron Bach)

Jangan keburu gede rasa dan berbunga-bunga dulu, ketika gebetan yang kamu suka dengan cepat tanggap menyatakan perasaan cinta. Karena jadian yang terlalu cepat, tanpa fase pendekatan memadai, bisa membuatmu salah pilih pasangan.

Terkadang yang sudah hati-hati saja, bisa salah pilih, apalagi kalau yang kurang dipikirkan dengan matang. Manfaatkan momen pendekatan dengan sebaik-baiknya untuk benar-benar mengenali gebetan kamu.

Perhatikan karakternya gak hanya saat berinteraksi denganmu saja, tapi juga bagaimana sikapnya ketika bersama teman-teman, orang asing, serta keluarga. Kalau ke semua orang perlakuannya tetap baik, maka berpeluang besar bahwa dia memang kandidat pasangan yang layak.

2. Sering-sering bertemu

5 Hal Romantis Ini Bisa Menjebakmu dalam Hubungan Toksik, Waspadalah!ilustrasi pasangan (pexels.com/freestocks.org)

Ngaku saja, kamu pasti bahagia, kan, kalau gebetan sering banget mengajak ketemuan. Bahkan setiap hari selalu menghabiskan waktu berdua.

Ya, sekilas memang tampak romantis. Tapi kamu harus menganalisisnya dengan seksama, apakah frekuensi pertemuan denganmu itu masih dalam tahap wajar.

Kalau sampai meminta bertemu tiap hari, hal tersebut bisa jadi indikasi bahwa dia adalah sosok yang posesif. Dan pasangan posesif, umumnya toksik.

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Wanita Romantis dalam Hubungan Percintaan

3. Bersikap protektif

5 Hal Romantis Ini Bisa Menjebakmu dalam Hubungan Toksik, Waspadalah!ilustrasi pria sendiri (pexels.com/Nikita Kravchuk)

Sikap protektif ini memang bisa jadi tanda cinta, selama porsinya tidak berlebihan. Kalau sudah over-protective, itu sih sudah gak sehat.

Kalau belum jadian dia sudah menunjukkan sikap cemburu berlebihan, selalu ingin menemanimu ke mana-mana, bahkan membuatmu kesulitan untuk menolaknya, hal itu bisa jadi lampu merah bahwa kamu mesti waspada. Karena sikap demikian, bisa memprediksi hubunganmu ke depan akan jadi apa nantinya. Dia akan selalu berusaha mengekangmu, dan itu dilakukan dengan mengatasnamakan cinta.

4. Memberimu janji-janji manis

5 Hal Romantis Ini Bisa Menjebakmu dalam Hubungan Toksik, Waspadalah!ilustrasi wanita merenung (pexels.com/@thiszun (follow me on IG, FB))

Janji manis memang indah di telinga dan bisa membuatmu bahagia. Akan tetapi kalau sudah terlalu sering dilontarkan, justru bisa jadi pertanda, bahwa dia tipe orang yang gak bisa dipercaya.

Orang yang paham benar dengan makna janji, gak akan sembarangan mengumbarnya, walaupun manis. Karena yang namanya janji, wajib ditepati. Oleh sebab itu, pasangan yang selaras antara perkataan dan perbuatan, akan memilah, mana janji yang kira-kira bisa ditepati, dan mana yang mustahil, sehingga gak perlu untuk diucap.

5. Sering menghubungimu

5 Hal Romantis Ini Bisa Menjebakmu dalam Hubungan Toksik, Waspadalah!ilustrasi wanita melihat HP (pexels.com/Gustavo Fring)

Mengirim pesan, menelepon, bisa jadi bukti cinta seseorang. Karena hal itu merupakan salah satu bahasa cinta yang menunjukkan perhatian pada pasangan.

Akan tetapi kalau dia melakukan itu begitu sering, sampai kamu jadi keteteran dengan urusan lain, misalnya studi atau pekerjaan, hal itu sudah gak sehat, lho. Karena gesture romantis tersebut jadi membuatmu ketergantungan padanya, sehingga mengabaikan aspek penting lain dalam hidupmu.

Jadi, tetapkan batasan, ya. Kalau lagi sibuk dengan urusan lain, ya fokus saja dengan urusan itu. Kalau ternyata responsnya terhadap sikap tegasmu itu gak mengenakkan, setidaknya kamu jadi tahu, bahwa dia bukanlah tipe pasangan yang tepat untukmu.

Dari uraian tadi, kita jadi bisa belajar, bahwa aksi romantis pun bisa seperti pedang bermata dua. Kalau salah digunakan, malah berujung pada hal yang merugikan, yakni menjebakmu pada hubungan yang toksik!

Baca Juga: Awas Bias, 7 Hal Toksik Ini Kerap Muncul dari Perkara Baik

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya