Comscore Tracker

5 Hal Sepele yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan, Suka Mengungkit!

Jika terus dilakukan bisa mengikis cinta pasangan!

Rusaknya hubungan pernikahan, tak selalu disebabkan adanya pihak ketiga ataupun masalah finansial. Bisa juga akibat ketidakcocokan karena perilaku pasangan yang tampak sepele, tapi ternyata bisa membuat pasangannya sebal dan makan hati.

Berikut ini akan diuraikan beberapa contoh hal sepele yang jika kamu sering lakukan, bisa merusak hubunganmu dengan pasangan, menyebabkan kondisi keutuhan pernikahan jadi terancam. Apa saja?

1. Selalu menolak permintaan pasangan

5 Hal Sepele yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan, Suka Mengungkit!pexels.com/@katerina-holmes

Suasana hati seseorang memang bisa berubah-ubah. Saat sedang capek, rasanya ingin rebahan saja dan malas ngapa-ngapain. Karena itu, ketika pasangan meminta tolong sesuatu, kamu jadi menolak untuk menurutinya.

Tapi jika ini dilakukan sering banget, itu yang bahaya. Bisa jadi tanpa sadar, kamu tak menghargai dan menganggap remeh pasanganmu. Atau bisa juga karena kamu yang terlalu egois, sehingga saat kamu minta sesuatu ingin langsung dituruti, tapi giliran sebaliknya, ogah-ogahan.

Dan pasanganmu pun bisa memperhatikan itu. Ia akan merasa tersinggung dan sakit hatinya ketika apa yang ia minta selalu kamu tolak. Tentu saja ini akan berbahaya bagi keharmonisan hubungan pernikahan.

2. Tidak mendengarkan saat pasangan bicara

5 Hal Sepele yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan, Suka Mengungkit!pexels.com/@alex-green

Sudah aturannya, saat ada orang yang sedang berbicara, kita harus menghormati dengan mendengarkannya secara seksama. Itu pula, kan yang kamu inginkan jika kamu sebagai pembicara?

Karena itu saat pasanganmu marah melihat kamu yang asyik nonton tanpa menggubris sama sekali percakapannya, sangatlah wajar. Kalau kamu di posisi pasanganmu itu, bakal kesal juga, kan?

Baca Juga: 5 Hal Salah di Film Tentang Pernikahan yang Sering Dipercayai Orang

3. Sering mengungkit kesalahan pasangan

5 Hal Sepele yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan, Suka Mengungkit!unsplash.com/@elidefaria

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Dan jika kamu memutuskan untuk memaafkan, maka tak benar kalau kamu masih saja mengungkitnya ketika sedang marah dengan pasanganmu.

Selalu begitu, membuat pasanganmu lama-lama jengah. Karena masa lalunya terus-menerus menghantui lewat ungkitanmu itu. Padahal dia merasa telah berubah, dan itu dilakukan demi rasa cintanya padamu.

Tapi perilaku mengungkitmu itu bisa membuatnya berpikir ulang, apakah hubungan denganmu masih bisa dilanjutkan. Karena jika kamu selalu mengungkit-ungkit kesalahan yang dulu, ia merasa hubungan kalian gak akan berkembang. Akan selalu keruh akibat bayangan masa lalu.

4. Lebih fokus pada gadget

5 Hal Sepele yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan, Suka Mengungkit!pexels.com/@cottonbro

Terlalu fokus pada gadget, sampai mengabaikan pasangan sendiri, bisa membuatnya merasa diabaikan dan tak dicintai lagi oleh pasangan. Jadi, sebaiknya hindari menggunakan gadget selama di rumah dan saat sedang bersama pasangan. Jangan sampai kehadiran gadget malah membuat pasangan merasa kesepian meski seatap denganmu.

5. Membanding-bandingkan pasangan

5 Hal Sepele yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan, Suka Mengungkit!pexels.com/@sound-on

Tak ada yang suka dibanding-bandingkan. Begitu pula dengan pasangan. Jika memang pasangan masih ada kekurangan, coba dibicarakan baik-baik tanpa perlu membandingkan dengan rumah tangga sebelah.

Seperti kata pepatah, rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau. Bisa jadi apa yang kamu lihat di pernikahan mereka, aslinya tak seindah dengan kenyataan.

Walaupun tampak sepele, tapi persoalan di atas kalau sudah sangat sering terjadi, lama-lama akan mengikis rasa cinta pasangan. Akibat yang terburuk, bisa memicu perceraian. Oleh sebab itu, segera ubah, ya!

Baca Juga: Begini 5 Sikap Cinta yang Matang Selesaikan Masalah dengan Pasangan

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya