Comscore Tracker

5 Hal yang 'Haram' Dilakukan pada Suami jika Ingin Pernikahan Harmonis

Hindari, agar suami tak berpaling ke lain hati

Tak ada pasangan yang menginginkan rumah tangga penuh dengan pertengkaran. Pasti semuanya mendambakan pernikahan yang harmonis.

Rumah tangga yang harmonis tak hanya memberi kebahagiaan bagi individu di dalamnya, tapi juga berdampak besar bagi perkembangan psikologis anak, sehingga anak bisa tumbuh jadi pribadi yang ceria dan bahagia.

Untuk meraihnya, baik pihak istri maupun suami tentunya harus menjaga sikap masing-masing. Nah, berikut ini akan dikemukakan beberapa sikap istri yang sebaiknya dihindari demi mencapai pernikahan yang harmonis. Ini daftarnya!

1. Memanggilnya dengan sebutan tak patut

5 Hal yang 'Haram' Dilakukan pada Suami jika Ingin Pernikahan Harmonisunsplash.com/@minusculemarie

Adalah praktik yang umum memanggil pasangan dengan panggilan-panggilan yang lucu sebagai tanda sayang. Misalnya ‘ndut’ karena perawakan suami yang berisi. Kalau suami tak keberatan, sah-sah saja dilakukan.

Tapi sebaiknya, hindari memanggilnya dengan panggilan-panggilan yang sebenarnya bisa merujuk pada kekurangan suami di depan publik. Karena khawatirnya, bisa membuat malu suami.

Seperti kita tahu, harga diri sangatlah penting bagi seorang lelaki. Melukai harga dirinya, bisa menghilangkan respek serta mengurangi rasa cinta kasih yang sebelumnya melimpah.

2. Membentak suami di depan umum

5 Hal yang 'Haram' Dilakukan pada Suami jika Ingin Pernikahan Harmonispexels.com/@rodnae-prod

Saat sedang sibuk, panik, atau tingkat stres sedang tinggi, akan sangat mudah untuk marah-marah. Tapi semarah apa pun kamu, jangan sampai membentak suami, apalagi di tempat umum. Termasuk di depan anak atau keluarga dekat.

Bayangkan kalau kamu berada di posisinya, dibentak di depan orang lain. Pastinya hati akan sakit kan?

Baca Juga: 7 Hak-hak Suami terhadap Istri dalam Ajaran Islam

3. Tidak mendengarkannya saat bicara

5 Hal yang 'Haram' Dilakukan pada Suami jika Ingin Pernikahan Harmonisfreepik.com/drobotdean

Tidak peduli jenis kelamin atau usia, semua orang ingin dihargai. Begitu juga suami yang notabene adalah imam keluarga.

Hal sederhana yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk rasa hormat adalah dengan mendengarkan secara tulus saat ia berbicara. Mengabaikan suami ketika sedang ngobrol, sama saja meminta suami untuk tidak memedulikanmu lagi.

4. Berperilaku kasar ketika bertengkar

5 Hal yang 'Haram' Dilakukan pada Suami jika Ingin Pernikahan Harmonisunsplash.com/@enginakyurt

Saat berumah tangga, sangatlah penting bisa bersikap dewasa secara emosional. Di antaranya dengan tetap menjaga etika meski amarah sudah di ujung kepala.

Ketika sedang bertengkar, pantang bagimu untuk berperilaku kasar, baik verbal maupun fisik. Selalu ingat, jika kamu tidak ingin dicubit, maka jangan mencubit orang lain. Bila kamu tak ingin dikasari orang lain, maka jangan mengasarinya. Sesimpel itu kok!

5. Membocorkan kekurangan suami ke luar

5 Hal yang 'Haram' Dilakukan pada Suami jika Ingin Pernikahan Harmonispexels.com/@lucaspezeta

Dalam kehidupan berumah tangga pasti ada saja prahara dan ketidakcocokan. Saat itu terjadi, bukan malah dibocorkan ke mana-mana, melainkan dikomunikasikan ke suami sehingga bisa dicari solusi. Jika ini diterapkan, hubungan pernikahanmu pun akan sehat karena komunikasi yang terjalin lancar dengan pasangan.

Memiliki keluarga yang harmonis adalah dambaan tiap orang. Namun hal itu hanya bisa terjadi apabila ada usaha dari kedua pihak. Hindari melakukan hal-hal di atas supaya cinta kasih suami padamu tak akan lekang.

Baca Juga: Hak-hak Istri dari Suami Menurut Islam, Perlakuan Lembut Salah Satunya

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya