Comscore Tracker

5 Hal yang 'Haram' Kamu Katakan pada Suami, Bisa Lukai Harga Dirinya!

#IDNTimesLife Keselip lidah, bikin hubunganmu berantakan

Suksesnya sebuah pernikahan, akan sangat bergantung pada bagaimana berlangsungnya komunikasi antara pasangan. Dan sayangnya, gak semua orang bisa peka dan sadar, bahwa kata-kata, acap bisa menimbulkan luka yang teramat dalam. Tentunya ini akan menghambat jalannya komunikasi yang terbuka di antara pasangan.

Walaupun selalu dianggap sosok yang kuat, bukan berarti suami gak bisa merasa tersinggung. Ada beberapa hal yang pantang kamu katakan pada suami, karena bisa melukai harga dirinya. Apa saja?

1. “Harusnya kamu, tuh, bisa mengetahui perasaanku”

5 Hal yang 'Haram' Kamu Katakan pada Suami, Bisa Lukai Harga Dirinya!ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Kalimat ini sering jadi jargon para istri ketika merasa bahwa suaminya itu gak peka. Gak bisa menebak kenapa istrinya bisa sampai diam dan bermuka masam.

Nah, kamu jangan begini, ya! Manusia gak memiliki kemampuan membaca pikiran. Menuntutnya untuk menebak-nebak, padahal jauh lebih simpel dan cepat selesai persoalannya, jika kamu mau jujur terbuka mengenai apa yang telah menyinggung hatimu.

Kalimat menyalahkan di atas, juga bisa membuat suami merasa kurang baik atau kurang layak sebagai suami. Akibat tidak bisa membaca perasaanmu.

2. “Si A beruntung banget, ya dapat suami kaya raya”

5 Hal yang 'Haram' Kamu Katakan pada Suami, Bisa Lukai Harga Dirinya!ilustrasi memegang rambut (pexels.com/Flávio Santos)

Ouch! Sadar gak, sih kalau kalimatmu yang tampak biasa-biasa saja, ternyata sudah melukai hatinya. Tanpa sadar, kamu sudah membandingkan sosok suami temanmu, dengan dirinya.

Dan kalimat yang kamu lontarkan tersebut, bisa membuktikan bahwa kamu merasa tidak puas dengan apa yang dipunya. Ada hasrat dalam dirimu, untuk bisa mendapatkan suami yang jauh lebih kaya darinya. Harga dirinya terinjak-injak sudah!

Baca Juga: 5 Ciri Istri yang Jadi Penentram Hati Suami, Bikin Suami Betah!

3. “Masa, kayak gitu aja harus dibilangin, sih”

5 Hal yang 'Haram' Kamu Katakan pada Suami, Bisa Lukai Harga Dirinya!ilustrasi pasangan (pexels.com/Alex Green)

Terus, bicara seperti itu sambil memutar bola mata. Lengkap sudah upayamu untuk menyakiti suami sendiri.

Dari ucapan tersebut saja, sudah membuat dirinya jadi merasa gak kapabel, seperti orang yang bodoh. Ditambah lagi bahasa tubuh memutar bola mata, yang menyiratkan kalau kamu gak menghormati dirinya sebagai pasangan, maupun sebagai imam keluarga.

4. “Wah, ini bagus sekali, tapi ...”

5 Hal yang 'Haram' Kamu Katakan pada Suami, Bisa Lukai Harga Dirinya!ilustrasi pasangan berpelukan (pexels.com/Budgeron Bach)

Dia sudah begitu bersemangat memberimu hadiah, berpikir bahwa kamu pasti menyukainya. Dan sudah membayangkan bagaimana cerianya wajahmu saat menerima hadiah yang susah payah ia dapatkan.

Tapi, sampai rumah ternyata harus kecewa setelah melihat tanggapanmu. Iya, sih kamu senyum dan berterima kasih, hanya saja, kalimatmu itu pakai ‘tapi’. Kenapa, sih gak jaga perasaannya dengan cukup berterima kasih tanpa ‘tapi’. Kalaupun hadiahnya gak sempurna, setidaknya pandang dari niat baiknya. Bukankah, itu sudah cukup?

5. “Kamu memang selalu begitu. Yang dulu, juga karena sikapmu ...”

5 Hal yang 'Haram' Kamu Katakan pada Suami, Bisa Lukai Harga Dirinya!ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Hayo, siapa yang sering berbicara bernada seperti itu pada suami? Persoalannya baru, tapi pembahasannya melebar sampai ke kesalahan masa lalu. Padahal dulu, katanya sudah dimaafkan.

Kalau kamu ingin suami bisa betah berkomunikasi denganmu, buang jauh-jauh deh sikap mengungkit-ungkit masa lalu. Karena hal tersebut sama saja dengan menyakitinya. Tanpa kamu bilang lagi, dia sudah merasa bersalah, kok, karena telah melakukan kekeliruan yang dulu. Jadi, jangan terus menginjak harga dirinya dengan dibahas kembali.

Dianggap sebagai sosok yang lebih mengutamakan logika dan gak emosional, terkadang kamu jadi lupa, kalau perasaan itu ada pada siapa saja, tanpa memandang gender. Sekuat-kuatnya suami, tetap saja bisa tersinggung. Jadi, kalau kamu ingin pernikahan yang sukses, coba deh latih diri untuk menghindari jenis kalimat seperti tadi.

Baca Juga: 5 Tips Membahagiakan Suami dalam Pernikahan, Romantis Terus!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya