Comscore Tracker

Jadi Racun dalam Hubungan, Ini 5 Jenis Insecure dan Cara Mengatasinya!

#IDNTimesLife Atasi segera, supaya hubunganmu terselamatkan

Ada banyak hal penyebab hubungan asmara gak berjalan dengan semestinya. Salah satunya akibat rasa insecure yang kamu alami. Ibarat racun yang bisa menyakiti tubuh, maka perasaan insecure ini juga bisa merusak hubungan cintamu saat ini.

Berikut, beberapa jenis insecure dan cara mengatasinya. Kenali segera, agar kamu bisa segera perbaiki supaya gak sampai merusak hubunganmu yang sekarang. Apa saja?

1. Selalu berpikir negatif

Jadi Racun dalam Hubungan, Ini 5 Jenis Insecure dan Cara Mengatasinya!ilustrasi pria berbaju putih (pexels.com/William Fortunato)

Bila ditelisik, kamu sadar, bahwa selama ini, jalan pikiranmu lebih banyak mengarah ke negatif, dibanding positif. Dan ini dapat berakibat fatal dalam hubungan. Kamu jadi terbiasa menduga yang tidak-tidak terhadap pasangan.

Mulai sekarang, cobalah untuk mengenali lebih dalam tentang dirimu sendiri. Kapan biasanya pikiran negatif itu muncul, dan hal apa yang jadi pemicunya. Dengan begitu, kamu jadi mudah untuk mendeteksi saat pikiran negatif mulai berkecamuk, dan mampu mengalihkannya ke hal-hal lain.

Jika ini konsisten kamu lakukan, lama-lama kamu jadi ‘gak sempat’ untuk berpikir negatif, karena sudah sibuk dengan berbagai pikiran produktif. Kamu pasti bisa melakukannya!

2. Posesif terhadap pasangan

Jadi Racun dalam Hubungan, Ini 5 Jenis Insecure dan Cara Mengatasinya!Ilustrasi pasangan (pexels.com/Sound On)

Sikap posesif ini bisa hadir akibat kamu merasa minder terhadap diri sendiri. Sehingga ketika mendapat pasangan, jadi muncul kekhawatiran berlebih, bahwa hubungan kalian hanya akan berjalan sementara. Sewaktu-waktu, dia akan pergi.

Sikap posesif ini gak sehat, sehingga sebaiknya segera kamu atasi. Cobalah bangun citra diri yang lebih positif. Perbanyak berkata-kata baik terhadap dirimu sendiri. Sehingga, lambat laun timbul keyakinan dalam diri, bahwa kamu memang seorang yang layak mendapat pasangan yang baik.

Baca Juga: 5 Hal yang Jangan Pernah Dikorbankan untuk Sebuah Hubungan

3. Membanding-bandingkan hubungan

Jadi Racun dalam Hubungan, Ini 5 Jenis Insecure dan Cara Mengatasinya!ilustrasi pria merenung (pexels.com/Alex Green)

Insecure juga bisa berwujud sebagai sikapmu yang sering banget membanding-bandingkan pasangan atau hubungan. Hal ini disebabkan, kamu belum mampu menerima dirimu apa adanya, sehingga mencari standar lain sebagai bentuk pengukuhan.

Akibat mindset keliru, sikapmu jadi gak menyenangkan. Sering mengeluh, selalu melihat kekurangan pasangan, dan sebagainya. Akhirnya, pasangan jadi sebal dan gak betah!

Sadarlah dan terima kenyataan, kalau tiap orang berbeda. Jadi, gak perlu merujuk bagaimana orang lain menjalin hubungan. Fokus saja pada apa yang kamu punya, dan hargai itu!

4. Menggantungkan kebahagiaan pada pasangan

Jadi Racun dalam Hubungan, Ini 5 Jenis Insecure dan Cara Mengatasinya!ilustrasi pasangan saling menatap (pexels.com/cottonbro)

Kebahagiaan munculnya dari dalam diri. Hal ini yang sulit dicerna, ketika kamu mengalami insecure. Kamu jadi menggantungkan kebahagiaan pada pasangan. Gak bisa hidup tanpanya, ceunah!

Ada banyak hal buruk jika perasaan tidak aman seperti ini, terus kamu pelihara. Jadi menuntut pasangan untuk selalu menghabiskan waktu berdua, menuruti semua kemauannya meski kamu tahu itu salah, dan yang membahayakan, ketika ternyata hubunganmu kandas, gak bisa move on, jadi rentan depresi.

5. Over analyzing

Jadi Racun dalam Hubungan, Ini 5 Jenis Insecure dan Cara Mengatasinya!ilustrasi pria melihat HP (pexels.com/cottonbro)

Wujud lain dari insecurity, adalah terlalu rumit dalam menganalisis. Sebagai contoh, ketika pasangan gak langsung membalas pesan, responsmu berlebihan. Menganggap dia sudah enggak sayang, atau telah ada pengganti yang lebih baik. Padahal nyatanya, dia cuma lagi sibuk.

Over analyzing, kerap membuatmu jadi sering tertekan atau mudah banget tersinggung. Karena pikiranmu sudah jauh ke mana-mana, namun semua itu cuma imajinasi. Realitasnya gak seruwet itu.

Untuk mengatasi perasaan insecure, cobalah untuk gak terlalu fokus pada kekurangan diri. Dan lebih memusatkan perhatianmu pada kelebihan. Minimal, tindakan apa yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi sisi minusmu itu.

Dengan citra diri yang lebih positif, maka caramu memandang hubungan pun akan berbeda. Gak lagi posesif, atau berprasangka negatif. Kamunya bahagia, pasangan pun jadi gembira.

Baca Juga: 5 Ciri Hubungan yang Gak Bakal Bertahan Lama, Jangan Sampai Nyesel!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya