Comscore Tracker

Bukan Hanya Finansial, 5 Persiapan Nikah Ini pun Wajib Kamu Matangkan!

#IDNTimesLife Persiapan mental malah lebih penting

Persoalan finansial dalam pernikahan memang penting. Tapi bukan satu-satunya yang penting. Malah, finansial yang cukup bahkan lebih, gak jamin rumah tangga nantinya akan berjalan dengan bahagia dan awet.

Meski dari segi harta berkecukupan, tapi kalau sikap dari masing-masing pasangan masih kekanak-kanakan, peluang cerainya jadi besar. Makanya, selain finansial, persiapan mental berikut ini wajib juga kamu matangkan. Simak ulasannya, yuk!

1. Mengenali diri masing-masing

Bukan Hanya Finansial, 5 Persiapan Nikah Ini pun Wajib Kamu Matangkan!ilustrasi seorang wanita (unsplash.com/Gabrielle Henderson)

Penting sekali supaya kamu mengenali dirimu sendiri. Apa yang jadi kelebihan dan kekuranganmu. Dengan begitu, kamu gak gampang tersinggung saat ditegur oleh pasangan karena kamu sadar, bahwa ada perangai yang gak baik yang memang butuh kamu perbaiki.

Apabila masing-masing dari kalian sudah mampu saling introspeksi, rumah tangga nantinya bisa berjalan dengan lancar. Tak ada gesekan-gesekan yang disebabkan hal-hal sepele atau akibat dari keegoisan semata.

2. Menghargai perbedaan

Bukan Hanya Finansial, 5 Persiapan Nikah Ini pun Wajib Kamu Matangkan!ilustrasi pasangan (pexels.com/Elly Fairytale)

Secocok-cocoknya kamu dengan pasangan, pasti bakal ada perbedaan antara kalian berdua. Dan perbedaan ini, kalau tak disikapi dengan dewasa, bisa menimbulkan pertengkaran atau konflik berlarut-larut.

Maka dari itu, sebelum kamu melangkah ke pelaminan, latih dulu untuk bisa menghargai perbedaan. Kalau sudah begitu, ketika menemukan ada perangai pasangan yang tak sesuai denganmu, kamu jadi bisa lebih lapang dada dalam menerimanya.

Baca Juga: 5 Tipe Komunikasi yang Menguatkan Ikatan Pernikahan, Hindari Sindiran!

3. Menyiapkan mental bahwa pernikahan itu gak cuma berisi kesenangan saja

Bukan Hanya Finansial, 5 Persiapan Nikah Ini pun Wajib Kamu Matangkan!ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Saat kamu dan pasangan memutuskan untuk menikah, perlu disiapkan mental bahwa nantinya, isi pernikahan gak cuma kesenangan saja. Akan ada banyak kerikil yang menghadang, mulai dari masalah keuangan, masalah perbedaan sifat dengan pasangan, masalah keluarga besar, pembagian peran dan tanggung jawab, dan lain-lain.

Kalau dari awal kalian telah siap, maka ketika timbul konflik nantinya, gak bakal kaget. Sehingga konflik diselesaikan, bukan malah jadi pemicu retaknya hubungan.

4. Menjalin komunikasi yang sehat

Bukan Hanya Finansial, 5 Persiapan Nikah Ini pun Wajib Kamu Matangkan!ilustrasi pasangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Komunikasi yang sehat merupakan kunci dari langgengnya sebuah hubungan. Komunikasi yang dimaksud di sini gak hanya semata-mata komunikasi verbal. Termasuk juga komunikasi non verbal misalnya lewat sentuhan yang selalu kamu berikan pada pasangan.

Termasuk di dalamnya adalah mengapresiasi pasangan. Gimana kamu gak pelit untuk menghargai usaha pasangan dalam membuat rumah tangga yang nanti kalian bangun tetap kokoh. Sekadar ucapkan terima kasih saat suami memberi uang bulanan, atau ketika istri menghidangkan camilan, bukan hal yang sulit, kan?

5. Sadar bahwa kebebasanmu gak bisa lagi seperti dulu

Bukan Hanya Finansial, 5 Persiapan Nikah Ini pun Wajib Kamu Matangkan!Ilustrasi ayah mengganti popok (pexels.com/Helena Lopes)

Salah satu alasan yang membuat seseorang jadi menyesali pernikahannya, adalah karena merasa berumah tangga membuatnya terkekang. Ini bisa disebabkan keputusan menikah yang terlalu awal sebelumnya, dan tanpa dipikirkan dengan matang.

Saat menikah, kamu perlu sadar tak bisa lagi sebebas dulu. Kalau saat masih lajang, kamu mau ke mana saja, ya bebas-bebas saja. Belum ada peran sebagai istri atau suami, atau sebagai orangtua dari anak-anak kalian.

Sebaiknya, kalau jiwamu memang masih ingin eksplor masa muda, bebas melakukan apa saja, maka jangan menikah dulu. Supaya pernikahan bukan jadi bahan sesalan, dan pastinya jadi gak menyakiti pasangan.

Membangun pernikahan sukses memang butuh usaha, selayaknya semua hal di dunia ini yang berharga. Oleh sebab itu, sejak sekarang, jangan hanya memusatkan perhatian pada aspek finansial saja. Perhatikan pula kesiapan mentalnya. Supaya usia pernikahanmu gak cuma sekejap mata!

Baca Juga: 5 Ciri Kamu Ada di Pernikahan yang Bikin Frustrasi, Dia Terlalu Ngatur

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya