Comscore Tracker

Sedang Menjalin Hubungan? Ini 5 Tips Ampuh Supaya Cinta Tetap Terawat

Agar hubungan yang kamu jalani langgeng dan sehat

Saat jatuh cinta, dunia bagaikan milik berdua. Tak bertemu dua jam saja, terasa sangat lama. Hanya mendengar suaranya, sudah timbul getaran di dada. Sungguh indah, bukan?

Namun yang masih jarang orang sadari, cinta layaknya tanaman, butuh perawatan supaya tetap tumbuh segar, tak layu dimakan usia. Itulah sebabnya, jika kamu menginginkan hubungan cintamu dengan dia tetap awet, diperlukan usaha dari kalian berdua.

Berikut ini, beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat cintamu agar terus tumbuh subur dan bersemi. Ini daftarnya!

1. Bicarakan saja

Sedang Menjalin Hubungan? Ini 5 Tips Ampuh Supaya Cinta Tetap Terawatpexels.com/@ba-tik

Tak ada satu pun hubungan yang berjalan mulus-mulus saja. Pastilah ada ganjalan, ketidakcocokan, rasa tidak suka, dan sebagainya antar kedua pasangan.

Kalau itu terjadi, bicarakan saja dengan pasangan. Buatlah iklim komunikasi yang sehat. Dalam artian, baik pengkritik maupun yang dikritik memiliki cara pandang yang benar.

Pengkritik tidak merasa jemawa, seolah-olah jadi pihak yang paling benar. Dan yang dikritik tidak langsung berburuk sangka. Keduanya mampu memahami, bahwa apa yang disampaikan oleh masing-masing pihak adalah demi introspeksi.

Hindari menyimpan permasalahan hanya dalam hati. Ditumpuk terus, lama-lama akan meledak juga. Dan saat itu terjadi, biasanya disertai emosi, akhirnya saling menyakiti, sehingga keduanya pun jadi merugi.

2. Berikan apresiasi

Sedang Menjalin Hubungan? Ini 5 Tips Ampuh Supaya Cinta Tetap Terawatpixabay.com/users/chermitove-13910799

Ketika menjalin hubungan, sudah jadi kewajiban bagi masing-masing pihak untuk saling memberi perhatian. Yang cowok bisa jadi dengan selalu menjemput ceweknya, yang cewek dengan memasakkan bekal untuk makan siang buat cowoknya.

Tapi hati-hati, terjebak dengan pemikiran ‘sudah kewajibannya seperti itu’, bisa membuatmu kehilangan apresiasi terhadap pasangan, berakibat tidak baik bagi kelanjutan sebuah hubungan.

Latihlah diri masing-masing untuk mengapresiasi, kebaikan sekecil apa pun dari pasangan. Selain dapat memunculkan rasa saling menghormati, pujian seperti ini bisa menjaga rasa cinta kasih antara kalian berdua.

Baca Juga: 5 Hal Ini Jadi Bukti Nyata Dia Sudah Gak Sayang & Cinta Lagi Padamu

3. Saling menghargai

Sedang Menjalin Hubungan? Ini 5 Tips Ampuh Supaya Cinta Tetap Terawatpexels.com/@juanpphotoandvideo

Sikap saling menghargai sangat diperlukan untuk menguatkan sebuah hubungan. Tanpa adanya itu, cinta lama-kelamaan akan memudar.

Contoh sederhana dari sikap menghargai pasangan antara lain adalah, melibatkannya dalam pengambilan keputusan, mendengarkan dengan sungguh-sungguh ketika pasangan sedang berbicara, tidak membanding-bandingkannya dengan orang lain, dan sebagainya.

4. Jangan ingkar!

Sedang Menjalin Hubungan? Ini 5 Tips Ampuh Supaya Cinta Tetap Terawatpexels.com/@elly-fairytale

Hubungan akan rapuh jika tidak dilandasi dengan saling percaya. Dan kepercayaan akan timbul, apabila tindakan sesuai dengan ucapan atau janji yang terlontar.

Berusahalah selalu menepati apa yang kamu ucapkan. Jika memang kamu tidak bisa menepati, cobalah untuk jujur dari awal dan tak sungkan menolak. Jangan biarkan rasa gak enak dengan pasangan, malah membuatmu mengecewakannya.

5. Sediakan waktu berdua

Sedang Menjalin Hubungan? Ini 5 Tips Ampuh Supaya Cinta Tetap Terawatpexels.com/Josh Willink

Sering ditemui, pasangan yang dulu cintanya menggebu-gebu, semakin lama semakin pudar. Bisa jadi karena merasa sudah memiliki, merasa telah aman, sehingga tak ada lagi usaha-usaha seperti dulu ketika masih belum jadian.

Agar cinta tetap bersemi, selalu luangkan waktu untuk berdua layaknya awal jadian dulu. Jangan lupa untuk memberi kejutan-kejutan kecil, sehingga meski hubunganmu sudah lama, tapi getaran-getaran cinta itu tetap ada.

Mungkin kamu sudah sering mendengar kalimat bijak bahwa mempertahankan itu lebih sulit daripada mencapai. Tak terkecuali dengan hubungan percintaan. Membuatnya jatuh cinta akan lebih mudah daripada mempertahankan cinta itu tetap ada.

Semoga, dengan tips di atas bisa membuat hubungan yang sedang kamu jalani ini awet, atau menyegarkan kembali hubunganmu yang sempat layu. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Mudah Sekali Jatuh Cinta saat Ada yang Mendekati

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya