Comscore Tracker

Pernikahanmu Tak Lagi Bahagia? Ini 5 Tips Mengembalikan Kemesraan

Harus dikomunikasikan ke pasangan, ya

Tentu akan tersiksa rasanya ketika mesti tinggal seatap dengan orang yang tak lagi bisa membuatmu bahagia. Ada banyak alasan kenapa pernikahan tak lagi bikin dirimu happy. Di antaranya akibat komunikasi yang gak berjalan dengan baik, masalah finansial, kecemburuan, ataupun akibat seringnya bertengkar.

Memang, kebahagiaan dalam pernikahan bisa jadi tolok ukur perlunya berpisah atau gak. Akan tetapi, ada baiknya jangan menyerah dulu dengan rumah tangga yang telah kalian bina.

Coba dulu lakukan tips berikut ini agar kemesraan kembali hadir di pernikahan kalian. Ingin tahu kelanjutannya? Let’s check it out!

1. Luangkan waktu untuk saling mengenal satu sama lain

Pernikahanmu Tak Lagi Bahagia? Ini 5 Tips Mengembalikan Kemesraanilustrasi pasangan sarapan bareng (pexels.com/Jack Sparrow)

Saat masa PDKT dulu, kalian tentu berusaha mengenal satu sama lain, bukan? Pengenalan ini gunanya untuk menentukan apakah kalian cocok atau enggak, sehingga layakkah hubungan kalian dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

Sayangnya, hal itu terhenti ketika kalian sudah menikah, karena merasa sudah mengenali pribadi masing-masing. Padahal, namanya manusia itu akan selalu berubah. Pandangan bahwa pasangan masih sama saja seperti dulu inilah yang kerap bikin hubungan jadi membosankan, dan membuat kamu jadi gak bahagia lagi.

Untuk mengatasinya, cobalah berusaha terus mengenali pasangan. Perhatikan detail kesehariannya, apa saja yang disuka dan enggak, karena sejatinya pernikahan merupakan sebuah perjalanan panjang, bukan? Dengan terus berusaha mengenali pasangan, kamu akan menemukan kalau selalu ada hal-hal baru di diri pasangan yang bikin kamu tertarik padanya.

2. Bermurah hatilah pada pasangan

Pernikahanmu Tak Lagi Bahagia? Ini 5 Tips Mengembalikan Kemesraanilustrasi pasangan (pexels.com/Jaspereology)

Bermurah hati kaitannya gak hanya tentang uang aja, lho. Yang dimaksud bermurah hati di sini adalah kesediaanmu untuk lebih meluangkan waktu bersama dan memberi perhatian lebih satu sama lain.

Perhatikan apa yang disukai pasangan, dan lakukan itu. Misalnya, dia suka dipijat kepalanya selepas pulang kantor, maka sering-sering lakukan itu. Tindakan tadi merupakan contoh bahasa cinta yang memang penting ditunjukkan ke pasangan agar hubungan kalian senantiasa romantis.

Baca Juga: 5 Alasan Kurang Bijak Pertahankan Pernikahan Gak Sehat, Sadar Gak?

3. Ciptakan momen bersama yang berkualitas

Pernikahanmu Tak Lagi Bahagia? Ini 5 Tips Mengembalikan Kemesraanilustrasi pasangan di pantai (pexels.com/Asad Photo Maldives)

Banyak pasangan yang sudah gak lagi melakukan kencan berdua dengan alasan sudah memiliki buah hati. Merasa bersalah bila harus meninggalkan mereka, dan rasanya egois sekali kalau ayah bundanya hanya bersenang-senang berdua.

Sadar gak, sih, justru dengan kamu gak pernah meluangkan waktu untuk menciptakan momen berdua yang berkualitas, maka kebahagiaan anak bisa jadi taruhannya? Cepat atau lambat, keintiman suami istri pasti akan berkurang, dan itu berpengaruh terhadap jalannya rumah tangga.

Kalian jadi gak mesra lagi seperti dulu, satu sama lain jadi mudah sekali tersinggung dan marah. Akibatnya, anak jadi dihadapkan pada orangtua yang sering gak akur, dan itu gak baik bagi perkembangan mentalnya, lho!

4. Fokuskan pada hal-hal positif

Pernikahanmu Tak Lagi Bahagia? Ini 5 Tips Mengembalikan Kemesraanilustrasi pasangan tertawa (pexels.com/Leah Kelley)

Saat mahligai rumah tangga sedang berada di situasi sulit, kamu akan cenderung melihat sisi-sisi negatif dari pasangan dan hubungan pernikahan itu sendiri. Rasa-rasanya begitu banyak alasan untuk menyerah saja di hubungan yang sedang kamu jalani.

Jangan biarkan pandangan negatif tersebut membuatmu bias. Cobalah geser mindset-mu untuk lebih banyak melihat hal-hal positif yang dimiliki pasangan dan hal baik di pernikahan kalian. Bila ini sudah dilakukan, maka kamu akan punya semangat untuk mempertahankan pernikahan, dan gak langsung menyerah begitu saja.

5. Perasaan yang kamu alami gak akan selamanya

Pernikahanmu Tak Lagi Bahagia? Ini 5 Tips Mengembalikan Kemesraanilustrasi pasangan saling memandang (pexels.com/cottonbro)

Dalam hidup ini selalu ada masa naik turun. Kadang kamu merasa sedih, tapi lain waktu sedih itu hilang dan berganti bahagia.

Begitu pula dengan mahligai rumah tangga. Ketidakbahagiaan ini gak akan selamanya, kok! Selama kamu dan pasangan terus berjuang untuk membalikkan keadaan, membuat hubungan pernikahan kalian jadi indah lagi seperti dulu di awal-awal.

Mewujudkan pernikahan yang bahagia gak bisa hanya dilakukan satu pihak saja. Oleh sebab itu, ketika kamu merasa rumah tanggamu ada yang perlu dibenahi, utarakan pada pasangan. Sehingga, langkah-langkah yang tadi telah dijelaskan bisa kalian lakukan bersama-sama. Pernikahan kalian pun akan kembali mesra!

Baca Juga: 5 Fakta Pernikahan yang Harus Disadari, Gak Cuma Indahnya Saja

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya