Comscore Tracker

5 Alasan Pacaran Sudah Tahunan namun Doi Belum Juga Mau Menikah

Bisa jadi, mentalnya belum siap untuk menikah!

Menikah memang bukan perkara sepele. Hal itu merupakan langkah besar dalam fase kehidupan seseorang. Makanya, ada sebagian orang yang masih ragu untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan, meskipun telah berpacaran lama.

Berikut ini beberapa alasan kenapa pasangan kamu belum juga mau menikah, meskipun sudah pacaran bertahun-tahun. Apa saja?

1. Masih ada hal lain yang jadi prioritasnya

5 Alasan Pacaran Sudah Tahunan namun Doi Belum Juga Mau MenikahIlustrasi pasangan lansia sedang tersenyum (unsplash.com/Steve Knutson)

Boleh jadi, dia masih saja menunda untuk ke pelaminan, bukan karena dia tak cinta atau gak berniat serius. Tapi ada hal lain yang masih jadi prioritasnya saat ini. Misalnya saja, kondisi keluarganya yang masih kekurangan.

Karena ia jadi yang paling tua, ada tanggung jawab tersendiri ingin melihat keluarganya bisa mandiri dulu, baru ia dapat fokus membangun keluarga kecilnya sendiri.

2. Masih ingin fokus ke karier

5 Alasan Pacaran Sudah Tahunan namun Doi Belum Juga Mau MenikahIlustrasi wanita sedang kerja (pexels.com/Vlada Karpovich)

Alasan lain pasanganmu belum juga ingin melanjutkan hubungan ke pernikahan, adalah persoalan karier. Dia merasa, ketika nanti sudah berkeluarga, pastinya waktu yang akan dia miliki gak akan sebebas saat ini, ketika kamu dan dia belum satu atap atau hubunganmu belum terlalu mengikat.

Apalagi kalau sudah punya anak. Maka bertambahlah tanggung jawabnya, dan otomatis, fokusnya jadi terbagi, gak cuma ke masalah kariernya saja.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Menikah dengan Pasangan yang Pekerja Keras & Sabar

3. Masih belum siap secara finansial

5 Alasan Pacaran Sudah Tahunan namun Doi Belum Juga Mau MenikahIlustrasi pria sedang mumet (unsplash.com/Sayo Garcia)

Masalah finansial juga bisa jadi salah satu penghalang untuk melanjutkan hubunganmu ke pernikahan. Kondisi keuangannya saat ini memang sudah mencukupi.

Tapi kalau menimbang masa depan, harus mempersiapkan rumah sendiri atau pertimbangan biaya pendidikan anak kelak, ia merasa penghasilannya yang sekarang gak akan cukup.

Inilah yang membuatnya masih ragu untuk lanjut ke tahapan lebih serius. Ia masih butuh waktu lagi untuk mempersiapkan segalanya.

4. Masih terhalang restu

5 Alasan Pacaran Sudah Tahunan namun Doi Belum Juga Mau MenikahIlustrasi pasangan (pexels.com/vjapratama)

Restu orangtua memang penting. Inilah yang memberinya ganjalan untuk lanjut ke pernikahan. Keluarganya dan keluargamu masih belum klop untuk merestui hubungan kalian. Ingin menyudahi hubungan, tapi masih cinta dan sayang.

Namun untuk dilanjutkan ke pernikahan, khawatirnya nanti akan berpengaruh besar karena tak adanya restu, ke kehidupan rumah tangga kalian berdua nanti. Jadilah, akhirnya dia memilih pacaran saja dulu.

5. Masih nyaman dengan status pacaran

5 Alasan Pacaran Sudah Tahunan namun Doi Belum Juga Mau MenikahIlustrasi pasangan sedang ngobrol (pexels.com/Budgeron Bach)

Walaupun rumah sudah punya, penghasilan sudah besar, tapi kalau batinnya masih belum siap untuk berumah tangga, maka ia pun akan terus menolak untuk menikah, dan memilih pacaran saja. Hal ini bisa disebabkan dia merasa kalau menikah nanti, maka kebebasannya bisa terganggu.

Misalnya saja, dia gak bisa lagi jalan-jalan ke mana pun yang dia suka, karena ada kamu dan buah hati nantinya yang harus dipertimbangkan. Atau bisa pula karena ia masih takut dengan tanggung jawab besar yang menyertai pernikahan.

Kalau memang kamu masih nyaman dengan hubunganmu saat ini, dan gak keberatan jika belum juga ke pelaminan, maka tak akan jadi masalah.

 

Namun, jika kamu sudah ingin untuk serius berumah tangga, tapi dia tak kunjung ada gelagat untuk ke pelaminan, maka perlu dipertimbangkan baik-baik untuk mengakhiri hubungan. Karena terus melanjutkan pacaran, tapi tak ada kejelasan, sama saja membuang waktumu. Boleh jadi, di luar sana sudah ada jodoh yang menanti dan sama-sama punya visi misi pernikahan yang sama denganmu.

Baca Juga: Sudah Menikah? Ini 5 Sikap yang Pantang Dilakukan ke Pasangan 

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya