Comscore Tracker

5 Cara Minim Drama Mengatasi Perbedaan Pendapat dengan Pasangan

Jangan gengsi bertanya pada pasangan!

Namanya juga dua kepala, pastilah pernah terjadi perbedaan pendapat antara kamu dan pasangan. Tak perlu menyikapinya berlebihan, karena hal itu sebuah kewajaran.

Yang mesti kamu tekankan, bagaimana caranya ketika terjadi perbedaan pendapat itu, masing-masing tetap mampu bersikap dewasa sehingga tak berubah jadi perseteruan. Di bawah ini beberapa cara untuk mengatasi perbedaan pendapat dengan pasangan tanpa harus disertai drama. Apa saja?

1. Berusaha menyimak pasangan dan menghargai pendapatnya

5 Cara Minim Drama Mengatasi Perbedaan Pendapat dengan Pasanganpexels.com/@katerina-holmes

Hal penting pertama yang mesti kamu terapkan untuk mencegah perbedaan pendapat jadi percekcokan adalah, berusaha untuk selalu mendengarkan pasangan dengan seksama dan menghargai pendapatnya.

Ingat, lho tiap individu itu berhak untuk memiliki pendapat yang berbeda dengan kamu. Dengan sikap saling menghargai ini, kamu dan dia jadi melihat perbedaan itu sebagai hal yang normal, bukan sesuatu yang kemudian bisa memicu perselisihan.

2. Perbanyak kompromi

5 Cara Minim Drama Mengatasi Perbedaan Pendapat dengan Pasanganpexels.com/@olly

Agar perbedaan pendapat tak berakhir dengan percekcokan, perlu sekali adanya kompromi di antara kalian berdua. Itu artinya, tak boleh ada salah satu pihak yang menganggap perbedaan pendapat itu sebagai persoalan menang dan kalah. Kalau begitu, bisa runyam perkara! Karena pasti perbincangan kalian jadi perdebatan yang alot dan tak berkesudahan.

3. Perhatikan timing

5 Cara Minim Drama Mengatasi Perbedaan Pendapat dengan Pasanganpexels.com/@mikael-blomkvist

Saat baru pulang kerja, pastinya kalian berdua masih merasa lelah. Saat-saat seperti ini, hindari membahas hal-hal berat atau perkara rumah tangga yang butuh pemikiran serius. Karena jika kondisi kalian lelah dan kebetulan pendapat kalian berbeda, kamu berdua akan mudah sekali tersulut emosi.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini bila Kamu & Dia Beda Pendapat saat Putuskan Masalah

4. Harus lapang dada

5 Cara Minim Drama Mengatasi Perbedaan Pendapat dengan Pasanganunsplash.com/@heftiba

Kalau sudah lapang dada, maka meski hasil keputusan kompromi kalian berdua bertentangan dengan pendapat salah satu pihak, hal itu tak akan jadi masalah. Karena dalam hati sudah merasa ikhlas dengan keputusan bersama.

Apa pun konsekuensinya nanti, berhasil atau gagal, setidaknya itu adalah hasil kompromi. Dan jika sifat lapang dada ini sudah kalian terapkan, walau hasilnya tak memuaskan, tak akan menjerumuskan kalian pada perilaku saling menyalahkan.

5. Hindari gengsi bertanya

5 Cara Minim Drama Mengatasi Perbedaan Pendapat dengan Pasanganpexels.com/@orlovamaria

Sering kali, perbedaan pendapat itu muncul akibat adanya salah persepsi. Dan itu terjadi akibat berasumsi, bukan menanyakan langsung pada pasangan.

Untuk menjaga hubunganmu tetap sehat, sebaiknya buang jauh-jauh perasaan gengsi untuk bertanya. Bertanya karena tak tahu, jauh lebih baik daripada pura-pura tahu tapi akhirnya malah menimbulkan cekcok.

Coba terapkan langkah-langkah di atas, untuk menghindari perbedaan pendapat jadi bahan drama hubungan. Sehingga hubunganmu selalu harmonis dan terhindar dari percekcokan akibat hal yang gak penting.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Bisa Putusin Pacar dengan Alasan Mengada-ada, Kamu Juga?

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya