Comscore Tracker

5 Ciri Hubungan Tak Bisa Dipertahankan, Kesalahan Sama Selalu Terulang

Kesalahan berulang, bisa jadi ciri tak ada saling menghargai

Masa depan tak ada yang bisa memperkirakan. Di awal hubungan, kamu dan pasangan sudah memasang harapan bahwa jalinan cinta kalian akan terus kukuh.

Namun karena berbagai persoalan, hubungan yang tadinya harmonis, retak perlahan. Jika kamu masih bimbang untuk mengakhiri atau lanjut, ada baiknya mengecek ciri sebuah hubungan yang tak bisa lagi dipertahankan. Apa saja?

1. Kesalahan yang sama selalu terulang

5 Ciri Hubungan Tak Bisa Dipertahankan, Kesalahan Sama Selalu Terulangunsplash.com/@aditmakrodit

Kesalahan dalam sebuah hubungan memang tak bisa dihindarkan. Namanya juga yang menjalani manusia, makhluk tempat salah dan cela.

Tapi bukan berarti bisa jadi pemakluman untuk selalu melakukan kekhilafan yang sama. Jika itu yang terjadi, bisa berarti kamu dan pasangan yang memang gak mau belajar dari kesalahan, tidak adanya saling menghargai dalam hubungan, atau karena kamu dan dia memang sudah tak lagi cocok untuk terus bersama.

2. Tiada hari terlewat tanpa pertengkaran

5 Ciri Hubungan Tak Bisa Dipertahankan, Kesalahan Sama Selalu Terulangpexels.com/@keira-burton

Ciri lain kalau hubunganmu dan pasangan sudah tak sehat, hari-hari kalian berdua selalu diwarnai dengan pertengkaran. Padahal, pertengkaran itu bisa mengikis perasaan cinta secara perlahan.

Seringnya perdebatan yang terjadi, bahkan membuatmu sudah tak bahagia lagi ketika bertemu dengannya, dan jadi malas untuk saling berkomunikasi.

Baca Juga: Ciri-ciri Pasangan Lagi Cemburu Secara Diam-diam, Bikin Kesal

3. Hilangnya rasa percaya

5 Ciri Hubungan Tak Bisa Dipertahankan, Kesalahan Sama Selalu Terulangpexels.com/@polina-zimmerman

Bisa jadi, sebelumnya salah satu dari kamu telah berbohong atau melakukan pengkhianatan. Meski judulnya telah memaafkan, tapi luka itu terlalu dalam untuk dilupakan.

Akhirnya meski hubungan kamu terus dilanjutkan, ada bayangan hitam yang menggelayuti jalinan cinta kalian berdua. Sudah tak ada lagi rasa percaya seperti dulu. Berganti dengan prasangka, yang seringnya tak memiliki dasar. Dan ini, salah satu yang sering memicu kalian bertengkar.

4. Sudah tak lagi memberimu kenyamanan

5 Ciri Hubungan Tak Bisa Dipertahankan, Kesalahan Sama Selalu Terulangpexels.com/@sound-on

Setiap orang bisa berubah, dan itulah yang terjadi pada pasanganmu. Entah karena baru kelihatan karakter aslinya sekarang, atau memang ada momen luar biasa yang membuatnya tak lagi seperti dulu.

Jika perubahan ini telah membuatmu tak lagi nyaman bersamanya, karena seperti menjalin hubungan dengan orang berbeda, maka bisa jadi pertanda bahwa kamu dan dia tak ditakdirkan bersama.

5. Semenjak bersamanya, kamu tak lagi bisa jadi diri sendiri

5 Ciri Hubungan Tak Bisa Dipertahankan, Kesalahan Sama Selalu Terulangpexels.com/@philip-justin-mamelic-1397651

Sudah kodratnya, ketika kita mencintai seseorang, ingin menuruti apa yang ia minta demi melihatnya bahagia. Dan itulah yang kamu lakukan.

Hanya saja, usahamu untuk mempertahankan cintanya padamu, membuat perlahan tapi pasti, kamu kehilangan jati diri. Hal ini bahkan membuatmu kerap jadi benci diri sendiri karena telah berubah jadi sosok yang selama ini tak kamu sukai.

Jika itu kasusnya, boleh jadi pasanganmu bukan mencintai kamu. Tapi mencintai pasangan yang menurutnya ideal di matanya, dan itu berusaha ditimpakan ke kamu.

 

Jika tanda-tanda di atas telah ada pada jalinan asmaramu yang sekarang, maka tak perlu lagi bimbang untuk mengakhiri hubungan. Jalinan asmara yang seyogianya membuatmu bahagia, atau jadi pribadi yang bertumbuh, malah yang terjadi kebalikannya.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Pasangan Sayang Kamu Apa Adanya, Makin Cinta Deh Jadinya!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya