Comscore Tracker

6 Ciri jika Kamu Memiliki Pertemanan yang Sehat, Pertahankan

Cek segera, apakah pertemananmu sudah seperti ini?

Terdapat hubungan pertemanan yang bisa membuatmu jadi pribadi lebih baik, ada pula sebaliknya. Yang tadinya anak baik-baik, jadi ‘begajulan’ karena pengaruh pergaulan yang tidak sehat.

Untuk mengecek apakah jenis pertemanan yang selama ini kamu jalani sudah sehat atau belum, yuk sama-sama kita cek ciri-cirinya. Apa saja?

1. Memberimu perasaan nyaman

6 Ciri jika Kamu Memiliki Pertemanan yang Sehat, Pertahankanpexels.com/@sam-lion

Pernah gak sih bertemu dengan seseorang tapi ada rasa gak sreg? Yup, karakter orang memang berbeda-beda, dan gak semua orang bisa nyaman dengan segala jenis karakter.

Dan apabila kamu sudah menemukan tipe teman yang mampu membuatmu nyaman dan jadi diri sendiri, maka selamat! Kamu sudah menemukan pertemanan yang sehat.

2. Saling mendukung

6 Ciri jika Kamu Memiliki Pertemanan yang Sehat, Pertahankanpexels.com/@wildlittlethingsphoto

Ciri lain dari pertemanan yang sehat adalah saling mendukung satu sama lain. Bukan malah menjatuhkan supaya diri sendiri terlihat jadi lebih unggul. Atau yang lebih parah lagi, menikam dari belakang. Di depan baik, di belakang menghujat.

Baca Juga: 8 Tipe Teman yang Kamu Butuhkan dalam Hidup, Pastikan Gak Toxic!

3. Menghargai batasan

6 Ciri jika Kamu Memiliki Pertemanan yang Sehat, Pertahankanpexels.com/@fauxels

Setiap individu punya batasan masing-masing terkait privasinya. Ada yang tidak merasa keberatan jika HP-nya dilihat, tapi ada pula yang tidak suka.

Ada yang senang dikunjungi ke rumahnya kapan saja, ada pula yang lebih nyaman jika diberitahu lebih dulu. Pertemanan yang sehat akan menghargai dan menghormati apa pun keputusan temannya sendiri.

4. Saling percaya

6 Ciri jika Kamu Memiliki Pertemanan yang Sehat, Pertahankanunsplash.com/@ninovisalli

Pertemanan yang sehat berlandaskan rasa saling percaya. Teman yang baik tak akan mengumbar rahasia teman lainnya, demi alasan apa pun.

Jika rasa percaya ini telah ada dalam lingkaran persahabatanmu, sampai kamu pun tak sungkan untuk menceritakan aib pribadimu karena ingin melepas beban di pundakmu, maka jaga dengan baik persahabatan yang telah kamu punya. Gak semua orang bisa memilikinya.

5. Saling mengoreksi

6 Ciri jika Kamu Memiliki Pertemanan yang Sehat, Pertahankanpixabay.com/stocksnap

Teman yang sehat bukanlah yang selalu berusaha bertutur manis di depan teman sendiri, meski ia salah. Justru seorang sahabat yang baik akan berani mengoreksi saat sahabatnya melakukan kesalahan, tanpa merasa jemawa.

Semata-mata dilakukan agar sahabatnya itu tidak terus-menerus terjerumus dalam kesalahannya tersebut. Dan nggak semua orang mampu melakukannya, lho!

6. Tidak melarang memiliki teman baru

6 Ciri jika Kamu Memiliki Pertemanan yang Sehat, Pertahankanpexels.com/@matheusferrero

Pertemanan yang toksik akan membuat orang yang berada dalam lingkaran tersebut menjadi terkekang karena tidak boleh menjalin pertemanan dengan ‘geng’ lain. Ini membuat pergaulanmu jadi sempit.

Berbeda dengan persahabatan yang sehat. Setiap orang bebas-bebas saja berteman dengan siapa pun. Dan hal itu pun dilakukan tanpa ada rasa khawatir bahwa kamu akan membocorkan rahasia. Hal itu bisa terjadi karena adanya rasa saling percaya yang kuat antara kamu dan teman lainnya.

 

Nah, setelah mengecek ciri-ciri yang telah dibahas, pertemanan kamu sudah sehat atau belum nih?

Baca Juga: Jangan Dijadikan Teman Akrab, Ini 6 Ciri Teman yang Suka Cari Muka

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya