Comscore Tracker

5 Ciri Pasangan dengan Pernikahan yang Bahagia, Gak Lebay Pamer Mesra!

#IDNTimesLife Sering pamer di medsos justru gak sehat

Semua pasangan yang menikah pasti inginnya bahagia. Tapi kenyataannya, banyak sekali pernikahan yang harus berakhir dengan perceraian. Tentunya kamu gak mau, kan?

Untuk itu, perlu juga nih kamu mengenali seperti apa sih ciri-ciri pernikahan yang bahagia. Sehingga bisa jadi bahan renungan apakah tanda itu telah ada pada pernikahanmu selama ini atau tidak.

Kalau ada, ya alhamdulillah. Tapi kalau belum terjadi, berarti ada hal-hal yang mesti kalian berdua perbaiki supaya bisa meraih pernikahan bahagia seperti yang kalian idamkan. Ini dia cirinya. Yuk, disimak!

1. Adanya saling menghargai antara suami dan istri

5 Ciri Pasangan dengan Pernikahan yang Bahagia, Gak Lebay Pamer Mesra!unsplash.com/@holliver

Saling menghargai antar pasangan bisa membuat masing-masing individu merasa diperlakukan dengan istimewa. Dan hal ini akan berdampak bagus pada hubungan.

Sikap menghargai ini bisa terlihat dari persoalan sepele, sekadar mengucapkan terima kasih pada pasangan. Dan ternyata, rasa terima kasih pada pasangan ini telah terbukti keampuhannya lewat sebuah studi, yakni sebagai kunci pernikahan yang sehat, lho!

Melansir UGA Today, hasil studi yang terbit dalam jurnal Personal Relationships melibatkan 468 partisipan dengan status menikah. Hasilnya, ekspresi terima kasih pasangan ternyata jadi faktor signifikan dalam menunjukkan kualitas sebuah pernikahan. Bahkan rasa saling menghargai ini sangat membantu saat pasangan menghadapi konflik dalam pernikahan mereka.

Jadi, kalau hubungan pernikahanmu pengin awet, jangan pelit beri apresiasi terhadap pasanganmu, ya!

2. Gak berlebihan mengunggah kemesraan di media sosial

5 Ciri Pasangan dengan Pernikahan yang Bahagia, Gak Lebay Pamer Mesra!pexels.com/@gustavo-fring

Kita sering mengira bahwa pasangan yang sering pamer mesra di media sosial berarti harmonis dan couple goals banget. Ternyata fakta ilmiah justru berkata sebaliknya, lho!

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Bulletin menemukan, mereka yang merasa insecure dengan pasangan atau hubungan yang sedang dijalani, justru lebih cenderung memamerkan kemesraan di media sosial. Hal ini sebagai wujud pengakuan terhadap hubungan yang saat ini sedang ia jalani.

Hmm...sekarang jadi gak heran lagi, ya kenapa banyak pasangan yang terlihat mesra banget di medsos kemudian pisah. Oleh sebab itu, sewajarnya sajalah dalam mengunggah.

Daripada mengejar pengakuan orang lain terhadap hubunganmu, mending fokuskan pada membangun kualitas hubungan itu sendiri bersama pasangan. Jadi, mau diunggah atau nggak di medsos, pernikahanmu akan aman-aman saja.

3. Meski telah menikah lama, tetap tersimpan semangat untuk mencoba hal-hal baru

5 Ciri Pasangan dengan Pernikahan yang Bahagia, Gak Lebay Pamer Mesra!unsplash.com/@sotti

Terjebak dalam rutinitas pernikahan, bisa membuat pasangan jadi bosan. Dan itu pula yang membedakan antara pernikahan yang bahagia dengan yang tidak.

Pasangan dengan pernikahan yang bahagia, meski mereka telah menikah dalam jangka waktu lama, tetap tersimpan semangat untuk mencoba hal-hal baru. Sehingga pernikahan jadi seru, dan rasa cinta itu pun akan tetap hidup.

Baca Juga: Sering Bertengkar? Ini 8 Tips Supaya Hubungan Damai dengan Pacar

4. Sering melakukan kontak fisik

5 Ciri Pasangan dengan Pernikahan yang Bahagia, Gak Lebay Pamer Mesra!unsplash.com/@sharonmccutcheon

Hal lain yang mencirikan pernikahan yang bahagia, seringnya terjadi kontak fisik. Yang dimaksud bukan perihal seks saja, tapi juga kontak fisik seperti memeluk pasangan, sekadar menyentuh tangannya saat sedang berbincang dengan teman atau keluarga, merangkulnya, atau mengecup kening pasangan saat di rumah.

5. Melakukan tugas bersama-sama

5 Ciri Pasangan dengan Pernikahan yang Bahagia, Gak Lebay Pamer Mesra!freepik.com/wayhomestudio

Pasangan dengan pernikahan yang sehat, gak saling lempar tanggung jawab. Justru tugas-tugas rumah tangga dikerjakan bersama. Suami tak merasa risi harus menyelesaikan tugas domestik, dan istri pun gak ngelunjak ketika melihat suaminya tak berkeberatan meringankan pekerjaannya.

Nah, dari tanda-tanda pernikahan bahagia di atas, mana saja yang sudah terjadi di hubunganmu saat ini?

Baca Juga: 5 Tips Bangun Rasa Percaya dalam Hubungan, Anti Curigaan!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya