Comscore Tracker

5 Ciri Pasangan yang Ada Niatan untuk Bercerai, Kamu Patut Waspada!

#IDNTimesLife Dia terlihat lebih bahagia saat gak bersamamu

Masalah tak bisa dielakkan dalam berumah tangga. Hanya saja ketika masalah itu tak kunjung diselesaikan dan akhirnya bikin blunder, pernikahan yang tadinya harmonis bisa rusak juga.

Salah satu tujuan menikah adalah ingin menjalani hidup dengan bahagia bersama pasangan. Saat hal itu tak tercapai, maka perceraian kerap jadi pilihan. Dan berikut ini beberapa tanda yang bisa kamu amati apabila sudah muncul niatan bercerai di benak pasangan. Apa saja?

1. Terdapat jurang besar ikatan emosional kamu dan pasangan

5 Ciri Pasangan yang Ada Niatan untuk Bercerai, Kamu Patut Waspada!ilustrasi pasangan tak akur (pexels.com/Alena Darmel)

Hidup dalam satu atap setiap hari, pastinya kamu bisa merasakan perubahan pada pasangan, meskipun kecil. Diskusi yang tadinya hangat, kini jadi garing dan kikuk. Perhatian yang dulunya sering diberikan padamu, kini sudah jarang sekali. Atau bahasa tubuh penanda cinta seperti pelukan, ciuman, atau sekadar usapan lembut tak pernah lagi kamu rasakan.

Itu bisa terjadi ketika ikatan emosional antara kamu dan pasangan sudah tak sekuat di awal pernikahan. Berbagai konflik dan pertengkaran, boleh jadi membuat kalian jadi berjarak sehingga tak bisa lagi membalikkan kondisi seperti semula.

2. Tak pernah lagi bertengkar

5 Ciri Pasangan yang Ada Niatan untuk Bercerai, Kamu Patut Waspada!ilustrasi pria sedang muram (pexels.com/Alena Darmel)

Kamu jangan keburu bahagia kalau tak ada pertengkaran dalam rumah tangga. Apalagi jika merasa bahwa sudah tak ada lagi kedekatan emosional antara kamu dan pasangan. Hal tersebut menandakan, ada yang tidak beres dalam pernikahan kalian.

Tak adanya pertengkaran lagi, bisa timbul akibat pasanganmu sudah merasa lelah dan menyerah dengan pernikahan ini. Akhirnya sudah tak peduli lagi dengan apa pun masalah yang ada dan memilih diam saja.

3. Tidak lagi menghargai

5 Ciri Pasangan yang Ada Niatan untuk Bercerai, Kamu Patut Waspada!ilustrasi pasangan (unsplash.com/Roma Kaiuk)

Pernikahan bisa terus berjalan harmonis apabila ada rasa menghargai dari kedua belah pihak. Mampu saling menghormati pendapat dan keinginan masing-masing, mampu saling menyemangati impian dan hasrat tiap individu.

Bila sudah tak ada lagi respek yang ditunjukkan olehnya, dan itu terlihat jelas sekali dari sikapnya yang sering meremehkan atau tak menggubris kata-katamu, bisa jadi tanda kalau dia sudah tak sayang. Bila sayang sudah hilang, dia pun beranggapan sudah tak ada alasan lagi untuk terus mempertahankan pernikahan.

Baca Juga: 5 Tips Pengelolaan Keuangan untuk Pasangan yang Bercerai

4. Lebih terlihat bahagia saat tak bersama

5 Ciri Pasangan yang Ada Niatan untuk Bercerai, Kamu Patut Waspada!ilustrasi teman wanita (pexels.com/Kampus Production)

Waspadalah kalau melihat pasangan tampak begitu bahagia ketika kalian tidak bersama. Tertawanya sangat lepas saat dia bersama anak-anak saja, atau ketika keluar bersama teman-temannya.

Hal itu bisa menandakan bahwa bersamamu tak lagi memberinya kepuasan emosional. Bisa jadi ia mendapatkan kebahagiaan di luar sana.

5. Jadi senang memperhatikan penampilan saat tak bersamamu

5 Ciri Pasangan yang Ada Niatan untuk Bercerai, Kamu Patut Waspada!ilustrasi pria berjas biru (pexels.com/Rene Asmussen)

Bila dulunya ia cuek, tapi kini senang bersolek, boleh jadi ia sedang siap-siap menyambut masa lajangnya ketika nanti keputusan berpisah itu sudah diutarakan padamu. Karena dalam hati tak merasa ada lagi ikatan sayang atau cinta, ia tak merasa bersalah untuk ancang-ancang mencari sosok pengganti dirimu.

Makanya, outfit-nya pun jadi berubah. Jika dulunya pakai kemeja saja sudah merasa rapi, kini sering memakai jas dan berdasi. Bila dulunya memakai lip balm saja sudah terasa cukup, kini dandanannya jadi menor sekali.

Kalau pasangan sudah menunjukkan tanda-tanda di atas, cobalah untuk membicarakan baik-baik mengenai kondisi pernikahan kalian. Apabila dia merasa memang sudah tak bisa dipertahankan dan pisah adalah jalan terbaik, maka tak perlu memaksa atau memohon-mohon agar bisa terus bersama.

Karena percuma saja berusaha mempertahankan hubungan yang salah satu pihaknya telah merasa tak cukup layak untuk terus diperjuangkan. Kamu bakal kecewa berkali-kali jadinya.

Baca Juga: 5 Alasan Orangtua Bercerai Bukan Akhir Dari Hidupmu

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya