Comscore Tracker

Kenali 5 Ciri Pasangan yang Ingin Mengontrolmu, Segera Lepaskan!

Kamu mesti waspada, pasangan seperti ini sangat berbahaya

Karakter setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang pasif, ada pula yang agresif dan senang mengontrol. Tipe yang gila kontrol, ketika diterapkan pada hubungan, akan sering membuatmu frustrasi karena hidupmu jadi dikendalikan olehnya.

Hal lain yang berbahaya dari pasangan yang suka mengontrol, yakni cenderung abusive, sering melakukan tindak kekerasan. Dan itu terkadang baru ketahuan ketika kalian sudah menjalin hubungan yang lama, sehingga sudah terlanjur begitu mencintainya.

Supaya kamu gak mudah terjebak oleh perangkap pasangan yang punya niatan ingin mengendalikanmu, ada beberapa ciri yang bisa dikenali. Apa saja?

1. Ia sering menginjak-injak harga dirimu

Kenali 5 Ciri Pasangan yang Ingin Mengontrolmu, Segera Lepaskan!Ilustrasi wanita sedang merenung (unsplash.com/Isabela Drasovean)

Hati-hati dengan perkataan bernada negatif, yang sebenarnya kalau kamu amati dengan jeli, hal itu adalah upaya untuk menginjak-injak harga dirimu. Caranya bisa berupa kritikan, sindiran, melabeli dengan sebutan yang merendahkan, dan sebagainya.

Tujuannya tidak lain untuk meruntuhkan kepercayaan diri, membuatmu merasa tak berharga dan layak mendapatkan pasangan yang baik dalam hubungan. Karena tipe orang yang gila kontrol, hanya bisa berhasil melancarkan berbagai manuvernya, jika bertemu dengan pasangan yang gak bisa tegas karena menilai dirinya dengan rendah.

2. Cemburu membabi buta

Kenali 5 Ciri Pasangan yang Ingin Mengontrolmu, Segera Lepaskan!ilustrasi pasangan (pexels.com/Gustavo Fring)

Ciri lain dari pasangan yang ingin mengendalikanmu, yaitu posesif. Rasa cemburunya sudah di luar nalar. Perilakunya itu, sering membuat kamu jadi serba salah dan membatasi diri dari lingkungan sekitarmu. Takut dia ngamuk!

Pasangan yang posesif, gak bisa menghargai privasi. Ia gak merasa bersalah sama sekali ketika stalking aktivitas harianmu, atau berusaha mengintai ponsel serta media sosial, untuk mengamati gerak-gerikmu. Saat ketahuan kalau kamu berinteraksi dengan lawan jenis, langsung dibakar api cemburu.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Pasangan Sayang Kamu Apa Adanya, Makin Cinta Deh Jadinya!

3. Mengasingkanmu dari teman dan keluarga

Kenali 5 Ciri Pasangan yang Ingin Mengontrolmu, Segera Lepaskan!ilustrasi pria berbaju kuning (pexels.com/Atef Khaled)

Kamu patut waspada ketika pasanganmu sudah berani mengatur-atur dengan siapa kamu boleh berteman, atau sering mengeluhkan sifat-sifat keluargamu. Hal itu ditujukan, agar kamu meminimalkan kontak dengan mereka, sehingga benar-benar berada di bawah kendali pasangan.

Ketika sudah terasing dengan teman atau keluarga, maka dia bisa leluasa untuk mengatur hidupmu. Karena kamu sudah bergantung padanya, dan hubungan dengan orang lain sudah gak dekat, jadi kalau kamu mau curhat mengenai masalah yang sedang dihadapi, bakal sulit. Itu yang pasanganmu inginkan.

4. Benci saat kamu memuji orang lain

Kenali 5 Ciri Pasangan yang Ingin Mengontrolmu, Segera Lepaskan!Ilustrasi marah (unsplash.com/Alex Ivashenko)

Pasangan yang berniat mengendalikan, hanya ingin ada dia seorang di hatimu. Itu sebabnya, dia akan benci sekali saat mendengar kamu memuji orang lain. Apalagi pujian itu diberikan untuk lawan jenis. Bisa murka reaksinya.

Padahal, dalam percakapan yang sehat, akan sangat lumrah ketika kamu bercerita kepadanya tentang seseorang yang berprestasi. Akan tetapi, dia memaknainya lain, malah jadi tersinggung.

Ia merasa kalau kamu sedang menyindir atau menunjukkan ketidakpuasan terhdap dirinya. Ini, yang membuatmu jadi sering diam dan menahan diri ketika berbincang dengannya. Takut salah!

5. Tersinggung ketika kamu mengambil keputusan sendiri

Kenali 5 Ciri Pasangan yang Ingin Mengontrolmu, Segera Lepaskan!ilustrasi pasangan (pexels.com/Toa Heftiba Şinca)

Ciri lainnya dari pasangan yang gila kontrol, dia akan merasa tidak dihargai ketika kamu mengambil keputusan sendiri. Padahal, keputusan itu mengenai kehidupan pribadimu, gak ada sangkut pautnya dengan hubungan kalian.

Yang ia mau, segala hal harus selalu dikonsultasikan padanya. Supaya dia bisa mengambil keputusan final, meskipun itu tentang dirimu.

 

Berhubungan dengan pasangan yang memiliki keinginan untuk mengendalikan, sangatlah berbahaya. Ia umumnya seorang manipulator andal, sehingga jika kamu gak segera lepas darinya, bisa terjebak terus dalam hubungan asmara yang gak sehat. Hidupmu jadi menderita!

Baca Juga: 6 Ciri-ciri Pasangan yang Hanya Manfaatkan Kamu, Hati-hati!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya