Comscore Tracker

5 Ciri Teman yang Gak Menghormatimu, Mereka Gak Layak Dipertahankan

Memuji, tapi niatnya menjatuhkan

Yang namanya teman, atau bahkan sahabat, seharusnya menjadi sosok yang suportif akan kehidupan kita. Mereka jadi garda terdepan untuk membuat kita merasa dihargai.

Sayangnya, gak seluruh teman seperti itu karena semua balik ke kepribadian masing-masing. Tak sedikit orang yang jatuh karena dikhianati dan ditusuk dari belakang oleh temannya sendiri.

Karena itu, kamu jangan menutup mata terhadap perilaku teman yang jelas-jelas menunjukkan kalau mereka gak respek sama kamu. Seperti beberapa ciri yang akan dijelaskan berikut ini!

1. Mereka gak menghormati batasanmu

5 Ciri Teman yang Gak Menghormatimu, Mereka Gak Layak Dipertahankanilustrasi teman mengejek (pixabay.com/Tumisu)

Ciri pertama dari teman yang gak menaruh respek padamu adalah mereka gak menghargai batasan yang kamu punya. Sebagai contoh, mereka mendiktemu harus melakukan apa, seolah-olah dirinya berhak ikut campur terhadap urusan pribadi. Atau, tetap memaksamu melakukan sesuatu yang kamu gak suka.

Sekalipun kamu sudah berusaha menjelaskan bahwa kamu risi, mereka bukannya respek, malah menjadikannya lelucon. Kalau sudah seperti itu, sebaiknya kamu evaluasi kembali lingkaran pertemananmu.

2. Menilai pertemanan dari manfaat yang bisa kamu berikan

5 Ciri Teman yang Gak Menghormatimu, Mereka Gak Layak Dipertahankanilustrasi hadiah (pexels.com/cottonbro)

Orang yang benar-benar menghargai nilai dari pertemanan memiliki dasar yang tulus ketika berteman. Bukan karena alasan kamu tenar, punya banyak uang, atau memiliki jabatan tinggi.

Mereka gak layak kamu pertahankan bila memandang relasi pertemanan sebagai hubungan transaksional. Apalagi jika mereka baru menerima dan memperlakukanmu layaknya teman sejati apabila ada manfaat yang bisa kamu berikan.

Baca Juga: 5 Tanda Teman-teman Pasangan Menerima Kehadiranmu dengan Suka Cita

3. Mengeksploitasi insecurity yang kamu alami

5 Ciri Teman yang Gak Menghormatimu, Mereka Gak Layak Dipertahankanilustrasi wanita sendirian (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Teman yang baik semestinya bisa membuatmu percaya diri, kendati sekitarmu berusaha menjatuhkan. Namun, yang dilakukan teman yang di dalam dirinya sama sekali gak menghormatimu, akan berlaku sebaliknya.

Justru saat tahu kamu memiliki ketakutan tertentu, mereka akan mengeksploitasi hal tersebut. Ini semata-mata dilakukan untuk membuat mereka merasa lebih baik. Jadi, mengangkat diri mereka dengan menjatuhkan orang lain.

4. Janjian gak pernah tepat waktu

5 Ciri Teman yang Gak Menghormatimu, Mereka Gak Layak Dipertahankanilustrasi kesal menunggu (pexels.com/THIS IS ZUN)

Waktu merupakan sumber daya berharga bagi siapa pun. Bila temanmu sendiri sering melanggar janjinya dengan datang selalu telat atau sering tiba-tiba membatalkan acara tanpa alasan yang jelas, artinya dia gak respek terhadapmu. Dia gak peduli jika perilakunya tersebut sangat merugikan.

Teman yang baik dan patut kamu jaga adalah yang mengerti bahwa tiap orang punya kesibukan dan prioritas masing-masing. Mereka pun akan kesal kalau waktu berharga yang sudah mereka jadwalkan untuk kumpul bersama, terbuang begitu saja. Makanya, mereka gak mau melakukan itu pada yang lain. Itu yang namanya teman sejati!

5. Memberi pujian, tapi hakikatnya menjatuhkan

5 Ciri Teman yang Gak Menghormatimu, Mereka Gak Layak Dipertahankanilustrasi teman (pexels.com/Charlotte May)

“Aku gak nyangka, kamu bisa presentasi dengan bagus di rapat tadi”

“Pasti menyenangkan kalau tiap hari bisa santai-santai kayak kamu, gak perlu kerja keras karena punya orangtua kaya”

Hakikatnya, pujian itu ditujukan sebagai bentuk penghargaan atau apresiasi. Namun, orang yang gak menaruh rasa hormat, justru membuat pujian sebagai bentuk penghinaan atau upaya menjatuhkan, seperti contoh di atas. Maka dari itu, kamu perlu cermat menandainya.

Cara tadi dilakukan oleh teman yang gak mau frontal menganggapmu musuh, supaya mereka gak dibilang orang jahat. Karena itulah, dipilih cara halus seperti tadi.

Kendati kamu sudah terlanjur menyayangi mereka, dan boleh jadi, hubungan pertemananmu sudah lama, tapi, perilaku-perilaku tadi jangan diabaikan. Itu tandanya, mereka gak layak dipertahankan. Bila gak ada rasa saling menghormati, lalu buat apa berteman?

Baca Juga: 5 Keuntungan Punya Circle Pertemanan yang Kecil, Gak Perlu Iri!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya