Comscore Tracker

5 Ciri Teman yang Bermuka Dua, Bisa buat Hidupmu Runyam!

Waspadai, karena dia pandai mengkritisi dan menghakimimu

Selain keluarga, teman adalah orang terdekat kamu, di mana kamu bisa menceritakan keluh kesahmu, bahkan rahasia terdalam yang tak bisa kamu ceritakan pada keluarga. Namun, hal itu hanya didapatkan jika kamu memiliki teman yang tulus, bukan jenis teman bermuka dua.

Jika yang kamu punya teman tipe bermuka dua, bukannya hidupmu jadi senang, yang ada malah runyam. Rahasia yang kamu ungkapkan padanya bisa jadi senjata makan tuan, karena dimanfaatkan untuk menjatuhkan.

Agar kamu terselamatkan dari tipe teman bermuka dua, di bawah ini ciri-ciri yang penting kamu kenali. Yuk, disimak!

1. Tak peduli dengan perasaanmu

5 Ciri Teman yang Bermuka Dua, Bisa buat Hidupmu Runyam!pexels.com/@olly

Seorang teman yang baik, ia akan berusaha menjaga perasaanmu. Tutur kata serta sikapnya benar-benar diperhatikan, supaya tidak menyakiti hatimu. Ia pun akan berusaha mengenali apa yang kamu suka dan tak suka.

Beda halnya dengan teman bermuka dua. Ia tak peduli apakah perkataannya yang ketus itu nantinya buat kamu tersinggung atau tidak. Kalau sudah ngomong, asal nyablak aja tanpa mempertimbangkan bagaimana kira-kira respons lawan bicara.

2. Selalu mengkritisi dan menghakimi

5 Ciri Teman yang Bermuka Dua, Bisa buat Hidupmu Runyam!pexels.com/@rodnae-prod

Tanda lain yang bisa kamu kenali dari tipe orang yang bermuka dua, ia pandai sekali menemukan letak kekuranganmu dan tanpa ada rasa bersalah akan mengkritikmu. Padahal, karena dia adalah teman, kamu telah berharap bahwa dia yang akan mendukungmu. Ini mah jangankan mendukung, yang ada malah menjatuhkan.

Di lain waktu ketika kamu curhat dengan teman yang tak tulus atau bermuka dua, bukannya berusaha menghibur, kamu malah dihakimi. Bilang seharusnya kamu gini, seharusnya kamu gitu. Bukan lega yang kamu rasakan, malah sakit hati karena diceramahi.

Baca Juga: 5 Ciri Pertemanan Kamu sudah Berada di Tingkat 'Teman Terbaik'

3. Meragukan kemampuanmu

5 Ciri Teman yang Bermuka Dua, Bisa buat Hidupmu Runyam!pixabay.com/Free-Photos

Setiap orang berhak memiliki mimpi, meskipun tampak tak realistis. Toh, itulah yang membuat mengejar impian jadi menarik, bukan? Mengubah sesuatu yang terlihat tak mungkin jadi mungkin.

Jika dia teman yang baik, akan mendukung mimpimu itu dan menguatkanmu bahwa kamu memiliki kemampuan untuk meraihnya. Beda halnya dengan teman palsu, yang justru meragukan kemampuanmu. Dan itu didasarkan pada perasaan dia yang sebenarnya, kalau dia tak suka melihatmu senang atau sukses.

4. Tak suka kalau kamu bergaul dengan teman yang lain

5 Ciri Teman yang Bermuka Dua, Bisa buat Hidupmu Runyam!freepik.com/freepik

Tanda lain yang bisa terlihat dari tipe teman bermuka dua, ia ingin agar kamu menjadi miliknya seorang. Tak senang ketika melihatmu dekat dengan teman lain, sementara dia bebas saja bergaul dengan siapa pun.

Ketika ia melihat kamu akrab dengan yang lain, ia akan berusaha menjelek-jelekkan teman barumu itu supaya kamu menjauh dari mereka dan kembali dekat dengannya.

5. Tak bisa menjaga rahasia

5 Ciri Teman yang Bermuka Dua, Bisa buat Hidupmu Runyam!unsplash.com/@benwhitephotography

Jika ciri ini telah ada pada temanmu, maka sebaiknya kamu jangan lagi dekat-dekat dengannya, bahaya! Sekali saja dia sudah terbukti tak bisa pegang rahasia yang kamu beberkan, maka jangan lagi menaruh kepercayaan padanya.

Bila kamu masih kukuh percaya dengan dia, bukan tak mungkin ketika suatu hari nanti kamu berseteru dengannya, akan dibongkar semua aibmu. Runyam bakalan hidupmu jadinya!

 

Memiliki teman memang menyenangkan. Sayangnya, tak semua orang patut dijadikan teman. Jika dia tipe bermuka dua, akan lebih baik jika kamu menjauh darinya. Demi kebaikan hidupmu juga!

Baca Juga: 6 Ciri Teman yang Dapat Membantumu Raih Sukses di Masa Depan

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya