Comscore Tracker

Gak Perlu Galau, Ini 5 Tips Menolak Cinta tanpa Menyakiti Perasaan

Tetap hargai usahanya, ya #IDNTimesLife

Ditolak adalah hal yang tidak menyenangkan, tak terkecuali ditolak dalam urusan cinta. Hal ini kerap menjadi dilema saat ada seseorang menyatakan cinta padamu. Ingin mengiyakan, tapi hati gak bisa dibohongi bahwa kamu tidak punya perasaan yang sama. Di sisi lain, ingin menolak, namun khawatir akan menyinggung perasaan dia.

Jangan hanya karena kamu merasa tidak enak untuk menolak, lantas kamu memaksakan diri untuk menerima. Itu sama saja kamu membohongi dirimu sendiri. Coba ikuti 5 tips berikut ini, supaya kamu tetap bisa menolak tapi tanpa menyinggung atau menyakiti perasaannya. Simak lebih lanjut, ya!

1. Hadapi segera, jangan menunda-nunda

Gak Perlu Galau, Ini 5 Tips Menolak Cinta tanpa Menyakiti Perasaanilustrasi wanita merenung (unsplash.com/Raychan)

Bila memang sudah jelas perasaanmu biasa-biasa saja terhadapnya, maka jangan terus memberinya harapan palsu dengan menunda-nunda jawaban. Hal itu sama saja dengan menyakitinya.

Coba tenangkan diri, kemudian hadapi dengan segera. Katakan perasaanmu yang sejujurnya, tentu dengan pemilihan kata-kata yang tepat, jangan sampai ada kata yang menghina atau mengejek. Hal itu akan lebih diapresiasi, daripada terus mengatakan “beri aku waktu”, tapi sebenarnya memang kamu gak ada rasa cinta sama sekali padanya.

2. Hargai pernyataan cintanya

Gak Perlu Galau, Ini 5 Tips Menolak Cinta tanpa Menyakiti Perasaanilustrasi pasangan dinner (pexels.com/cottonbro)

Jangan salah, bukan cuma kamu aja yang 'pusing' saat harus menjawab. Dia pun ketika menyatakan perasaan cinta padamu, butuh keberanian besar. Karena harus menanggung risiko bila gagal.

Untuk itu, beri apresiasi atas kejujuran dan usahanya untuk mengungkapkan perasaannya padamu. Setidaknya hal itu bisa sedikit menghibur rasa kecewa akibat penolakan darimu.

Baca Juga: Gak Perlu Bingung, 5 Cara Halus Menolak Permintaan Teman Pinjam Uang

3. Tak perlu merasa bersalah

Gak Perlu Galau, Ini 5 Tips Menolak Cinta tanpa Menyakiti Perasaanilustrasi pria berkacamata (unsplash.com/Alireza Esmaeeli)

Kamu gak bisa memaksakan perasaan. Oleh sebab itu, tak perlu merasa bersalah ketika perasaan kalian gak satu frekuensi. Cukup hormati keputusannya yang telah menjatuhkan hati padamu. Dan berikan penjelasan bahwa kamu gak bisa menjalani hubungan lebih dari pertemanan atau persahabatan.

Kalaupun memang kamu sebenarnya tertarik, tapi saat ini belum berniat untuk menjalin hubungan asmara, katakan saja terus terang. Bahwa kamu saat ini memang sedang fokus pada hal lain, misalnya karir atau studi.

4. Tetap jaga hubungan baik

Gak Perlu Galau, Ini 5 Tips Menolak Cinta tanpa Menyakiti Perasaanilustrasi pasangan mengobrol (pexels.com/John Diez)

Meskipun kalian gak bisa bersama sebagai kekasih, bukan berarti jadi bermusuhan. Tetap jaga hubungan baik dengannya.

Setelah kamu menolak, mungkin hubungan kalian jadi terasa kaku. Itu wajar, kok. Berikan waktu padanya untuk bisa menenangkan diri. Karena bagaimana pun, penolakan itu selalu mengecewakan. Tetap beri sinyal, bahwa kamu akan selalu siap menjadi teman untuknya.

5. Jangan ragu untuk bersikap tegas

Gak Perlu Galau, Ini 5 Tips Menolak Cinta tanpa Menyakiti Perasaanilustrasi pasangan di gym (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Ada sebagian orang yang bisa menerima penolakan dengan baik, ada pula yang enggak. Kalau kamu sudah berusaha bersikap sehalus mungkin untuk menolaknya, tapi dia tetap kukuh mengejarmu, sampai dirasa sudah membuatmu gak nyaman, maka jangan ragu untuk bersikap tegas.

Ketegasanmu ini juga bisa memberinya kepastian, bahwa apa yang kamu utarakan memang benar adanya. Sehingga dia gak akan mengganggumu lagi, dan kalian bisa sama-sama segera move on.

Semoga tips tadi bisa membantu untuk menolak cinta, tanpa membuat dirinya tersinggung. Ingat, jangan karena gak enak, kamu jadi menerimanya, ya! Selalu jujur dengan perasaanmu sendiri.

Baca Juga: 5 Hal yang Patut Direnungkan Sebelum Menyatakan Cinta ke Gebetan

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya