Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Menolak Ajakan Mantan Balikan

Kamu gak perlu merasa gak enakan!

Harus beradaptasi dengan kesendirian memang gak mudah pasca putus hubungan. Ada kalanya, kamu jadi terpikir untuk kembali merajut ikatan cinta bersama. Ditambah lagi, melihat usaha mantan yang berusaha mengajak kamu balikan lagi. Seperti ada rasa gak enakan, melihat upaya yang diperlihatkannya selama ini.

Sebenarnya, kamu gak perlu merasa gak enakan ketika mantan berusaha agar kamu bisa memberi kesempatan kedua. Sah-sah aja, kok, untuk menolaknya. Dan beberapa alasan ini cukup masuk akal, supaya kamu gak lagi terjatuh pada lubang yang sama untuk kedua kalinya. Simak terus!

1. Ada alasan kuat kenapa hubungan kalian di masa lalu bisa gagal

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Menolak Ajakan Mantan Balikanilustrasi pria berkacamata (unsplash.com/Asal Mshk)

Tentu perkara putus kemarin bukan suatu yang main-main, bukan? Terutama jika kalian berpisah setelah menjalin hubungan yang gak sebentar. Itu artinya, ada alasan kuat di balik perpisahan kalian.

Saat godaan untuk balik, atau ketika timbul perasaan gak enak untuk menolak mantan, coba pikir kembali alasan kenapa kalian kemarin bisa gagal. Dan jika hal tersebut sangat krusial, misalnya disebabkan sikapnya yang kasar, dan itu terjadi berulang kali, maka kamu wajib menutup pintu kesempatan itu.

2. Masih ada kenangan buruk yang belum benar-benar hilang

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Menolak Ajakan Mantan Balikanilustrasi wanita sendirian (unsplash.com/Andrik Langfield)

Setiap perpisahan pasti meninggalkan luka. Dan seiring waktu berjalan, luka itu bisa sembuh perlahan. Namun, bukan berarti telah hilang sama sekali.

Bila kamu memutuskan kembali dengannya, khawatirnya hal itu akan jadi pemicu luka lama perih kembali. Tentu aja ini gak akan baik bagi hubungan. Karena hubungan kalian yang baru, bisa jauh lebih toksik dari sebelumnya. Diakibatkan kenangan buruk yang lalu, terus membayangi.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Rentan Balikan dengan Mantan, Susah Move On?

3. Kamu gak bisa percaya dia sepenuhnya

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Menolak Ajakan Mantan Balikanilustrasi pasangan (pixabay.com/VladBitte)

Dulu, dia sempat jadi orang yang paling kamu kagumi. Kamu menaruh kepercayaan penuh padanya. Tapi, semua itu hancur ketika kalian pisah.

Dan jujur aja, deh, di dalam dirimu, sebenarnya sudah gak bisa lagi percaya kepadanya seperti saat kalian awal jadian pertama kali, kan? Dan hubungan tanpa dilandasi kepercayaan yang penuh, hanya akan bawa petaka. Gak bakal sehat!

4. Kamu layak mendapatkan yang lebih baik darinya

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Menolak Ajakan Mantan Balikanilustrasi wanita bertopi (pexels.com/Andre Furtado)

Di dunia ini, sosok yang baik gak cuma satu orang. Selama menjalin hubungan dengan mantanmu dulu, sebenarnya kamu jadi menurunkan standar pasangan idaman yang selama ini kamu impikan. Ada banyak perilakunya yang gak bisa kamu toleransi, dan bertabrakan dengan apa yang kamu harapkan ketika memiliki pasangan.

Bagaimana kamu bisa tahu, kalau di luar sana ada orang yang bisa memenuhi standarmu, bila gak dicoba? Maka dari itu, daripada kamu harus kembali lagi pada sosok yang jelas-jelas gak sesuai dengan standar yang kamu punya, mending sendiri dulu, sampai kamu mendapatkan pasangan yang memang tepat dan layak untukmu. Kamu berhak lho, memperoleh itu.

5. Kamu terlalu berharga untuk jadi bahan coba-coba

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Menolak Ajakan Mantan Balikanilustrasi menutup wajah (pexels.com/vjapratama)

Bagimu, hubungan asmara itu serius. Dan rasanya, waktu dan energimu terlalu berharga untuk dijadikan bahan coba-coba relasi percintaan. Putus-sambung, sepertinya gak cocok buatmu.

Maka dari itu, kamu gak perlu merasa terbebani dengan keharusan untuk memberinya kesempatan kedua, bila memang hatimu gak benar-benar mantap menjalaninya. Biarlah hatimu rehat sejenak, dan waktu serta energimu dipakai untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Hal itu jauh lebih bermakna daripada hanya sekadar mengobati rasa penasaran, apakah hubungan kedua dengan mantan ini akan berhasil atau enggak.

Setiap orang memang bisa berubah. Akan tetapi, mengubah persepsi yang sebelumnya sudah melekat, gak semudah membalikkan telapak tangan.

Apabila kamu masih sulit menilainya dengan versi terbaru, dan ada keraguan dalam diri untuk kembali menjalin hubungan dengan mantan, maka gak usah dipaksa. Kamu berhak memutuskan untuk menolaknya. Gak perlu merasa gak enakan!

Baca Juga: 5 Perlakuan dari Mantan yang Bikin Kamu Ngebet Ingin Balikan

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya