Comscore Tracker

Ikuti 5 Tips Ini untuk Menghadirkan Kembali Getaran Cinta Seperti Dulu

Tanpa dirawat, pernikahan pun akan mati layaknya tanaman

Bertahun-tahun menjalani biduk rumah tangga, tak pelak bisa memunculkan rasa bosan antar pasangan. Sepertinya dari hari ke hari begitu-begitu aja, gak ada yang istimewa.

Rasa bosan ini jika dibiarkan begitu saja bisa menjadi tidak sehat dan menimbulkan dampak yang tidak bagus bagi hubungan rumah tangga. Dari seringnya cekcok, hingga perselingkuhan yang dapat memicu perpisahan.

Untuk mengatasi rasa bosan dalam sebuah hubungan, ada lima tips yang bisa kamu lakukan agar getaran-getaran cinta yang dulu kalian berdua rasakan manakala awal pernikahan dapat hadir kembali. Ini tipsnya!

1. Menjauh dari gadget

Ikuti 5 Tips Ini untuk Menghadirkan Kembali Getaran Cinta Seperti Duluunsplash.com/@thecreative_exchange

Tak bisa dimungkiri, gadget telah mengambil porsi besar dalam kehidupan banyak orang. Anak kecil sudah jarang main di luar karena asyik bermain gadget, begitu pula orang dewasa.

Hal ini juga bisa memengaruhi kehidupan berumah tangga. Jika dulu saat smartphone  belum hadir, suami istri terbiasa untuk ngobrol berdua. Kini, trennya bergeser. Masing-masing sibuk dengan HP mereka. Atau kalaupun salah satu pihak berusaha mengajak ngobrol, lawan bicaranya malah sibuk dengan HP.

Cobalah untuk menjauh dari gadget saat sudah ada di rumah. Fokuskan pada interaksi nyata suami istri. Berbagi kisah hal-hal apa saja yang terjadi hari itu.

Layaknya saat dulu masih pacaran, gak mungkin kan pacarmu ajak ngobrol, kamu malah sibuk main HP? Hadirkan kembali momen-momen tersebut. Sehingga, hubungan kalian berdua pun jadi tidak monoton. Selalu ada hal lucu, sedih, atau menarik untuk diceritakan.

2. Sering-sering menatap mata pasangan

Ikuti 5 Tips Ini untuk Menghadirkan Kembali Getaran Cinta Seperti Dulupexels.com/@juanpphotoandvideo

Sangat beralasan jika orang mengatakan bahwa mata adalah jendela jiwa. Mengutip Healthline, mata merupakan representasi yang kuat dari emosi seseorang. Bahkan menurut studi yang dimuat dalam jurnal Psychological Science, manusia dapat menentukan bagaimana perasaan seseorang lewat analisis mata mereka.

Ada berbagai keuntungan dengan sering-sering menatap mata pasangan, di antaranya meningkatkan keintiman, membangun kepercayaan terhadap satu sama lain, meningkatkan ikatan emosional.

Sebelum tidur, cobalah saling menatap terlebih dahulu. Atau manakala pasangan melakukan hal lucu atau konyol, pandanglah matanya, layaknya kamu memandangnya saat dulu baru menikah. Dengan begitu, getar-getar cinta tetap hadir meski usia pernikahanmu sudah tidak lagi baru.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Hubungan yang Terasa Hambar Masih Bisa Diatasi

3. Habiskan waktu bersama

Ikuti 5 Tips Ini untuk Menghadirkan Kembali Getaran Cinta Seperti Dulupexels.com/@vlada-karpovich

Sibuk mengasuh anak, ditambah lagi tugas-tugas pekerjaan, membuat waktu untuk menghabiskan waktu bersama atau kencan berdua saja sudah tidak pernah lagi dilakukan. Padahal, kegiatan ini sangat penting dalam menjaga rumah tangga tetap solid.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Marriage Foundation melibatkan 9.969 pasutri yang memiliki anak berusia 9 bulan. Sebanyak 30 persen partisipan selalu meluangkan waktunya melakukan kencan sekali sebulan. Hasilnya, kelompok tersebut memiliki risiko perceraian 14 persen lebih rendah dibanding pasangan yang tidak pernah mengalokasikan waktu berdua saja.

Mulai sekarang, cobalah menyediakan waktu kencan berdua dengan pasangan. Gak harus keluar rumah kok, bisa juga di rumah tapi dengan suasana romantis, sementara anak dititipkan dulu pada neneknya atau keluarga lain yang memang dapat dipercaya.

4. Beri pujian yang tulus

Ikuti 5 Tips Ini untuk Menghadirkan Kembali Getaran Cinta Seperti Dulupexels.com/@jibarofoto

Melakukan hal yang sama terus-menerus, bisa membuat pasangan terjebak dalam rutinitas. Hal yang dulu tampak istimewa, jadi biasa saja. Untuk menghindarinya, cobalah beri apresiasi pada pasangan untuk hal-hal yang telah dilakukan.

Misalnya, mengucapkan terima kasih pada suami atas kerja kerasnya saat ia memberi uang bulanan. Seorang suami bisa juga mengecup kening istri dan ucapkan terima kasih saat istri memasakkan makanan untuk keluarga.

Kebiasaan ini juga bisa berpengaruh positif pada anak. Anak-anak yang dibesarkan di lingkungan orang tua yang saling menghargai, maka mereka pun tumbuh jadi pribadi yang senantiasa bersyukur dan dapat menghargai orang lain.

5. Beri kejutan

Ikuti 5 Tips Ini untuk Menghadirkan Kembali Getaran Cinta Seperti Dulupixabay.com/free-photos

Kapan terakhir kali kamu memberi kejutan pada pasangan? Bisa jadi cuma waktu masa pacaran dulu. Walau sudah menikah, sikap-sikap romantis sebaiknya jangan dihilangkan. Justru harus terus dipupuk supaya pernikahanmu tetap terawat.

Cobalah sesekali memberi kejutan pada pasangan. Tak harus berbentuk barang mewah kok. Cukup bawakan sekuntum bunga mawar merah pada istri di rumah. Atau bagi istri yang jarang sekali masak, tiba-tiba memasakkan makanan yang paling dia suka. Bisa juga mengirim gambar atau pesan lucu saat dia sedang di kantor. Sederhana, bukan?


Pernikahan dapat diibaratkan tanaman. Jika tidak dipelihara dan dibiarkan begitu saja, maka lama-lama akan mati. Dan itu bisa terlihat dari sikap sehari-hari. Misalnya, sikap pasangan yang dulunya sayang, jadi cuek atau dingin.

Untuk itulah demi menjaga pernikahan tetap utuh dan bisa bertahan hingga maut memisahkan, perlu upaya-upaya kedua belah pihak. Di antaranya dengan melakukan langkah-langkah di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum yang Membuat Hubungan Asmara Jadi Hambar, Apa Saja?

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya