Comscore Tracker

Membuatmu Terkekang, Kenali 5 Tanda Pasangan yang Terlalu Posesif

Salah satunya melarangmu bergaul dengan temanmu!

Meski berpasangan, tiap orang masih butuh ruang untuk menjalani aktivitas pribadinya. Dan hal ini sulit dicapai jika pasanganmu tipe orang yang sangat posesif.

Mungkin baginya, hal itu baik, karena sebagai wujud cinta kasihnya padamu. Namun, sikap tersebut tanpa disadari menjerumuskan kalian berdua pada hubungan yang tak sehat karena tak ada saling percaya. Dan akhirnya, membuatmu merasa terkekang.

Berikut ini beberapa ciri dari pasangan yang terlalu posesif. Cek, apakah pasanganmu juga demikian?

1. Selalu menanyakan keberadaanmu

Membuatmu Terkekang, Kenali 5 Tanda Pasangan yang Terlalu Posesifpexels.com/@zen-chung

Adalah hal yang wajar ketika kamu menjalin asmara, dan ingin tahu di mana gerangan pacarmu berada. Namanya juga cinta, pasti ingin selalu bersama.

Akan tetapi jadi salah, kalau rasa ingin tahu keberadaan pasangan ini sudah berlebihan. Sampai-sampai selalu menanyakan keberadaanmu saat sedang tidak bersama. Ingat, lho pacaran itu bukan berarti kamu dan dia harus selalu nempel. Urusan hidup seseorang gak cuma cinta doang, kali! Masih perlu kerja, atau bersosialisasi dengan yang lain.

2. Mengecek isi media sosialmu

Membuatmu Terkekang, Kenali 5 Tanda Pasangan yang Terlalu Posesifunsplash.com/@laurachouette

Hal ini bisa jadi ciri yang sudah sangat jelas, kalau pasanganmu itu sudah kelewat posesif. Meski telah resmi jadi sepasang kekasih, tiap orang juga butuh privasinya sendiri. Dan berusaha kepo dengan isi media sosial pasangan, hal itu bisa termasuk perilaku melanggar privasi.

Baca Juga: 5 Alasan Pasangan Posesif Gak Sepenuhnya jadi Pihak yang Salah

3. Selalu cemburu

Membuatmu Terkekang, Kenali 5 Tanda Pasangan yang Terlalu Posesifunsplash.com/@jadocarts

Cemburu memang bisa jadi bumbu dalam hubungan. Tapi jika porsinya sudah berlebihan, malah membuktikan bahwa dia tak mempercayaimu sebagai pasangan. Jika tak ada kepercayaan, maka hubunganmu jadi rentan pertengkaran. Karena akan selalu timbul prasangka dan curiga yang tak berdasar.

4. Gampang emosi

Membuatmu Terkekang, Kenali 5 Tanda Pasangan yang Terlalu Posesifpexels.com/@keira-burton

Ciri lain dari pasangan yang posesif, emosinya labil. Gampang sekali marah terhadap hal-hal yang sebenarnya gak penting untuk dipermasalahkan. Hal ini bisa jadi, karena ia ingin sekali mendominasi kehidupanmu, dan ketika hal itu belum bisa dicapai, membuatnya jadi mudah tersulut.

5. Mengatur dengan siapa kamu boleh berteman

Membuatmu Terkekang, Kenali 5 Tanda Pasangan yang Terlalu Posesifunsplash.com/@virgoman90

Tanda lain pasangan yang sudah terlalu posesif, ia akan berusaha mengatur hidupmu. Misalnya dengan cara melarang kamu tetap berteman dengan orang yang tidak ia suka.

Bisa jadi, teman yang tidak disukanya itu malah jadi penyelamatmu. Karena temanmu itu mampu mendeteksi bahwa kekasihmu itu bermasalah, sikapnya terlalu posesif dan jika dibiarkan, akan merugikanmu. Itu kenapa, pacarmu jadi gak suka dengannya.

Nah, dari tanda-tanda yang telah diuraikan di atas, apakah pasanganmu termasuk yang sudah posesif berlebihan?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Putusin Pacar Posesif Gak Rugi Dilakukan, Jangan Ragu!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya