Comscore Tracker

5 Alasan Konflik Mampu Tingkatkan Kualitas Hubungan Asmara

Jika disikapi dengan tepat malah bisa menambah keintiman

Saat mendengar kata 'konflik’ pasti langsung terbayang hal-hal negatif. Di dalam asmara, konflik gak jarang menjadi penyebab hubungan jadi renggang atau pasangan jadi berpisah.

Meski konflik sering menimbulkan akibat negatif, akan tetapi gak selamanya buruk, lho! Justru adanya masalah bisa bikin hubungan kalian semakin berkualitas. Berikut akan dibahas beberapa alasan kenapa konflik bisa menguntungkan di hubungan kalian.

1. Adanya masalah mengajarkan kalian untuk bersabar

5 Alasan Konflik Mampu Tingkatkan Kualitas Hubungan Asmarailustrasi wanita memejamkan mata (pixabay.com/StockSnap)

Hubungan akan monoton kalau senantiasa baik-baik saja. Kesabaranmu baru akan teruji ketika masalah itu muncul. Saat emosi sudah memuncak rasanya ingin meluapkannya begitu saja.

Namun, kamu sadar kalau membiarkan emosimu meledak-ledak selain gak menyelesaikan persoalan, justru bisa menambah masalah baru. Itulah sebabnya setiap kali terlibat konflik, mau gak mau kalian harus menahan diri dan bersabar. Tapi, justru latihan itulah yang bikin kalian semakin dewasa, dan bisa lebih bijak menyikapi berbagai persoalan.

2. Mengajarkan untuk lebih mendengarkan

5 Alasan Konflik Mampu Tingkatkan Kualitas Hubungan Asmarailustrasi pasangan (pexels.com/Ba Tik)

Berlarut-larutnya konflik dalam hubungan biasanya terjadi akibat pandangan yang sempit serta ego yang tinggi. Keyakinan bahwa dirimu paling benar, serta gengsi untuk berlapang hati menerima kemungkinan bahwa justru pasanganlah yang benar, bikin permasalahan jadi terasa rumit.

Komitmen untuk menjalani hubungan asmara ini dengan serius, mendorong kalian mengesampingkan semua ego dan gengsi tersebut. Tiap ada masalah yang bergejolak, mau gak mau kamu dan dia berusaha untuk lebih mendengarkan sehingga bisa menangkap sudut pandang masing-masing. Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai cara pandang berbeda, kalian jadi lebih mudah menemukan solusi yang tepat.

3. Masalah membuat kalian bersahabat dengan ketidaknyamanan

5 Alasan Konflik Mampu Tingkatkan Kualitas Hubungan Asmarailustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Di berbagai ranah kehidupan kamu hanya bisa berkembang apabila mampu membuat diri nyaman dengan ketidaknyaman. Begitu pula di dalam hubungan.

Adanya konflik memang bikin stres, bikin hatimu sedih, kecewa, atau marah. Akan tetapi, semua itu menjadi pelajaran dan menempa jiwa kalian jadi lebih tangguh karena adanya masalah gak mesti dipandang sebagai akhir sebuah perjalanan asmara. Kalian belajar untuk menyelesaikan persoalan, dan move on setelahnya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Pacaran yang Bikin Hubungan Tidak Sehat di Masa Depan

4. Konflik mendorong kalian untuk memahami diri sendiri dan pasangan

5 Alasan Konflik Mampu Tingkatkan Kualitas Hubungan Asmarailustrasi pasangan (pexels.com/Trần Long)

Meski konflik sering membuat kamu frustrasi, tapi harus diakui kalau adanya masalah bikin kamu lebih memahami diri sendiri dan pasangan. Terutama mengenai hal-hal yang kalian gak suka.

Tanpa sadar, adanya konflik malah bikin kalian terasa lebih intim. Ada banyak sisi kepribadian yang terkuak justru ketika kalian didera masalah, karena biasanya masalah bisa mengungkap ‘sisi gelap’ dari karakter masing-masing.

Semakin lama, kalian jadi semakin bisa menerima kekurangan diri sendiri serta pasangan. Ternyata, dia gak sesempurna yang kamu yakini selama ini, begitu pula sebaliknya. Kesadaran itu pula yang membuat kalian jadi humble dan lebih toleran terhadap perangai pasangan.

5. Meningkatkan rasa saling percaya dalam hubungan

5 Alasan Konflik Mampu Tingkatkan Kualitas Hubungan Asmarailustrasi pasangan romantis (pexels.com/William Fortunato)

Sisi positif lain dari konflik, yakni bisa meningkatkan rasa percaya di antara kalian berdua. Tentu ini hanya berlaku bagi konflik yang gak sampai melewati batasan.

Dengan bertengkar, kalian bisa mengungkapkan perasaan masing-masing secara bebas. Kebebasan inilah yang meningkatkan tingkat kepercayaan di dalam hubungan, yakni sebesar apa pun masalah, kalian bisa lepas untuk mengungkapkannya tanpa ada kekhawatiran hal itu akan memicu perpisahan.

Dari uraian tadi semoga bisa menyadarkanmu dan pasangan kalau konflik itu gak perlu dihindari, tapi diatasi. Justru menghindarinya sama saja menyimpan api dalam sekam. Sewaktu-waktu akan jadi bumerang bagi hubungan kalian.

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Kamu Sesali jika Tidak Serius Dalam Pacaran Bro!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya