Comscore Tracker

5 Manfaat Miliki Healthy Relationship, Dongkrak Percaya Diri!

Memiliki hubungan cinta yang sehat benar-benar kaya manfaat

Gak semua pasangan yang menjalin cinta bisa memiliki hubungan cinta yang sehat atau healthy relationship. Tidak sedikit yang hidupnya jadi berantakan akibat menjalin hubungan asmara dengan pasangan yang gak tepat.

Sebagai contoh, seseorang yang tadinya dianggap sebagai karyawan teladan kini posisinya malah terancam akibat produktivitas menurun. Sebab, hampir setiap hari waktunya dihabiskan mengurusi drama dari hubungan asmara yang dijalani.

Itulah kenapa penting sekali memiliki healthy relationship agar kejadian tadi gak sampai dialami. Lalu, manfaat apa saja yang bakal kamu dapat dengan memiliki hubungan asmara yang sehat? Berikut akan diulas lebih jauh. Mari disimak.

1. Bisa meningkatkan kebahagiaan

5 Manfaat Miliki Healthy Relationship, Dongkrak Percaya Diri!ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gak heran banyak orang yang begitu menginginkan punya pasangan. Senan, faktanya memang memiliki seseorang yang mencintaimu bisa meningkatkan kebahagiaan. Hanya saja, hal itu cuma bisa terjadi apabila kamu memiliki hubungan asmara yang sehat.

Efek menguntungkan ini paling terasa ketika kamu ada masalah. Punya pasangan yang sayang dan benar-benar perhatian membuatmu gak merasa sendirian karena akan selalu ada dia menemanimu.

2. Bisa mendongkrak rasa percaya diri

5 Manfaat Miliki Healthy Relationship, Dongkrak Percaya Diri!ilustrasi laki-laki tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seperti toxic relationship yang dapat menghancurkan kepercayaan diri seseorang, maka sebaliknya healthy relationship justru dapat membuatmu semakin pede. Punya pasangan yang suportif gak hanya bisa menginspirasi, tapi kehadirannya juga bisa mendorongmu untuk mengejar impian.

Di saat yang lain gak mendukung, ada pasangan yang menguatkan dan meyakinkan kalau kamu bisa. Inilah yang membuatmu jadi pede, selain ingin membuktikan ke diri sendiri bahwa kamu mampu, juga ingin membuatnya bangga sudah memercayaimu.

Baca Juga: 5 Tanda jika Kamu dan Pasangan Jalani Healthy Relationship

3. Bisa membantu mengenali dirimu sendiri

5 Manfaat Miliki Healthy Relationship, Dongkrak Percaya Diri!ilustrasi merenung (pexels.com/Vlada Karpovich)

Manfaat selanjutnya dari punya hubungan cinta yang sehat adalah bisa membantu untuk lebih memahami diri sendiri. Dari interaksi dengannya, kamu jadi lebih mengenal karaktermu seperti apa saat berhubungan dengan orang lain.

Sebagai contoh, setelah bersamanya kamu jadi tahu bahwa selama ini punya kecenderungan egois. Itu bisa terlihat dari masalah yang selama ini terjadi dalam hubungan kalau dipikir-pikir disebabkan egomu yang tinggi itu.

4. Mengajarkan rendah hati

5 Manfaat Miliki Healthy Relationship, Dongkrak Percaya Diri!ilustrasi pasangan (pexels.com/Emma Bauso)

Healthy relationship bukan berarti gak ada konflik sama sekali. Justru hubungan cinta yang sama sekali gak pernah terjadi pertengkaran menandakan ada masalah, bisa jadi masing-masing pihak lebih senang menghindari persoalan.

Permasalahan dalam hubungan asmara yang sehat malah bisa berdampak baik. Salah satunya mengajarkan untuk rendah hati. Kamu mesti belajar bagaimana mengakui kesalahan, serta meminta maaf. Ini perlu dilakukan agar hubungan kalian bisa awet.

5. Jadi lebih sehat

5 Manfaat Miliki Healthy Relationship, Dongkrak Percaya Diri!ilustrasi pasangan melakukan yoga bersama (unsplash.com/Lior Shapira)

Punya hubungan cinta yang sehat juga bisa mendukung fisik lebih fit, lho. Bagi pasangan yang benar-benar serius membangun masa depan, pasti akan berpikir nantinya gak mau jadi beban dan bisa saling menjaga. Tentu hal ini hanya bisa terjadi apabila kedua pihak sama-sama sehat.

Kesadaran inilah yang kemudian akan mendorongmu dan pasangan untuk mengevaluasi seperti apa gaya hidup kalian selama ini. Mungkin yang tadinya sering mengonsumsi junk food, pelan-pelan sudah mulai dikurangi. Jika dulu ke mana-mana selalu naik motor, kini mulai membentuk kebiasaan jalan kaki.

Dari uraian di atas bisa terlihat jelas, memiliki hubungan cinta yang sehat memang benar-benar kaya manfaat. Maka itu, kamu perlu memilih pasangan dengan tepat supaya tujuan memiliki healthy relationship bisa tercapai.

Baca Juga: Ubah Toxic Relationship Jadi Healthy Relationship? Bisa, Asal...

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya