Comscore Tracker

5 Kiat Mengatasi Overthinking dalam Asmara, Pilih Pasangan yang Tepat!

Kalau sudah tahu karakternya gak bagus, jangan dipilih

Overthinking dalam ranah kehidupan apa pun gak baik, lho. Di dunia kerja, kebiasaan overthinking bisa menghambat perkembangan karier akibat tiap kali melakukan sesuatu selalu berpikir berlebihan.

Dalam ranah asmara begitu juga. Sikap overthinking dapat membuat hubungan cintamu dengan pasangan jadi berantakan. Overthinking membuatmu sering berpikir negatif terhadap pasangan dan memercayainya sebagai fakta, padahal cuma khayalanmu semata.

Nah, untuk mengatasi overthinking di hubungan asmara ada beberapa kiat yang bisa dicoba. Apa saja? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Memilih pasangan yang tepat

5 Kiat Mengatasi Overthinking dalam Asmara, Pilih Pasangan yang Tepat!ilustrasi merenung (pexels.com/Anastasiya Vragova)

Salah satu penyebab kebiasaan overthinking adalah minimnya rasa percaya. Untuk itulah sebelum memutuskan menjalin asmara, pastikan pasangan yang kamu pilih memang benar-benar berintegritas sehingga gak ada alasan untuk tak memercayainya.

Hindari berkomitmen terhadap pasangan yang sudah jelas kamu tahu karakternya atau rekam jejak pribadinya bermasalah. Misalnya, dia terkenal gonta-ganti pasangan. Kalau tetap dipaksakan, nantinya bakal pusing sendiri karena kamu selalu dilanda kekhawatiran bila hubungan ini akan berjalan dengan baik atau hanya akan menjadi salah satu catatan rekornya.

2. Bersedia mengambil risiko 

5 Kiat Mengatasi Overthinking dalam Asmara, Pilih Pasangan yang Tepat!ilustrasi pasangan (pexels.com/Danielle Reese)

Saat kamu sudah memutuskan untuk berkomitmen terhadap seseorang, maka harus berani ambil risiko. Kalau gak, buat apa menjalin hubungan? Malah bikin stres doang, kan?

Hal yang perlu disadari, gak ada hubungan asmara yang terjamin seratus persen bakal langgeng. Sekalipun sudah berusaha memilih dengan tepat, tetap saja risiko untuk bubar itu pasti ada.

Hal yang bisa kamu dan pasangan lakukan hanyalah melakukan yang terbaik, agar jalinan cinta kalian sebisa mungkin bakal awet terus. Adanya kesadaran ini juga bisa membantumu untuk bisa menerima dengan ikhlas sekiranya nanti hubungan kalian gak seperti diharapkan.

Baca Juga: 5 Bahaya Silent Treatment saat Terjadi Konflik dengan Pasangan 

3. Jadilah pribadi yang bisa dipercaya

5 Kiat Mengatasi Overthinking dalam Asmara, Pilih Pasangan yang Tepat!ilustrasi pasangan saling bergandengan (pexels.com/Tan Danh)

Ada kalanya overthinking kepada pasangan terjadi didorong rasa bersalah. Misalnya, kamu sulit memercayai pasangan dan sering curiga akibat dulunya pernah atau bahkan sering berselingkuh.

Sebelum menuntut pasangan untuk jujur dan setia, maka pastikan dulu kalau kamu memang sudah mampu melakukannya. Dengan demikian, ketika menjalin hubungan bisa totalitas dan itu pasti bakal dirasakan oleh pasangan. Rasa percaya kalian pun nantinya akan terbangun dengan kuat.

4. Melibatkan diri dalam dunianya

5 Kiat Mengatasi Overthinking dalam Asmara, Pilih Pasangan yang Tepat!ilustrasi pertemanan (pexels.com/Tim Mossholder)

Kiat lain untuk membangun rasa percaya kepada pasangan sehingga gak sampai overthinking, adalah dengan melibatkan diri dalam dunianya. Bangunlah relasi yang harmonis dengan keluarga atau teman-teman terdekatnya.

Dengan lebih mengenal mereka bisa menghilangkan rasa cemburu atau kecurigaan. Telah menganggap mereka sebagai keluarga atau teman sendiri menimbulkan perasaan tenang, sehingga kamu pun bisa lebih mudah memberi kepercayaan penuh pada pasangan.

5. Hindari menjadikan pasangan sebagai poros kehidupanmu

5 Kiat Mengatasi Overthinking dalam Asmara, Pilih Pasangan yang Tepat!ilustrasi perempuan karier (pexels.com/George Milton)

Sekalipun cinta, bukan berarti pasangan menjadi satu-satunya hal penting dalam kehidupanmu. Terlalu memusatkan perhatian pada pasangan justru bisa merusak hubungan, lho. Kamu jadi selalu ketakutan bila dia akan meninggalkan atau hubungan kalian akan berakhir.

Jalanilah hidup yang lebih imbang. Bangun relasi yang kuat dengan yang lain pula, misalnya dengan teman, keluarga, atau rekan kerja. Sibukkan diri dengan aktivitas produktif supaya perhatianmu gak cuma ke urusan cinta semata.

Sering kali ketakutan yang besar bahwa jalinan cintamu akan berakhir malah jadi penyebab hubunganmu benar-benar bubar. Kebiasaan overthinking akan mendorong sikap yang kemudian bikin pasangan kesal atau gak nyaman. Jadi, coba atasi dengan langkah-langkah tadi, ya.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif jika Terus Membiarkan Dirimu Overthinking, Atasi!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya