Comscore Tracker

Punya Pasangan Keras Kepala, 5 Cara Menyikapi Biar Kamu Gak Pusing

Sabar itu kuncinya

Kata keras kepala biasanya langsung dihubungkan dengan sifat-sifat negatif. Kepala batu, mau menang sendiri, sulit berkompromi, dan lain-lain.

Padahal, sifat keras kepala ini juga banyak positifnya. Coba, kalau JK Rowling tidak keras kepala menghadapi penolakan dari berbagai penerbit, kita gak akan bisa menikmati petualangan Harry Potter. Jadi, keras kepala ini perlu, supaya tidak mudah menyerah dalam menghadapi persoalan hidup.

Namun, sifat ini bisa jadi batu sandungan dalam sebuah hubungan. Suami/istri sering kali jadi frustrasi menghadapi pasangan dengan karakter keras kepala. Supaya kamu gak pusing kepala menghadapi si dia yang kepala batu, cobain deh tips di bawah ini.

1. Tenangkan diri 

Punya Pasangan Keras Kepala, 5 Cara Menyikapi Biar Kamu Gak Pusingunsplash.com/@elidefaria

Pasangan yang keras kepala memang sering memicu amarah. Tapi, kamu yang lebih waras harus bisa lebih sabar dan mampu menenangkan diri. Karena api jangan dibalas dengan api. Alih-alih solusi, permasalahanmu malah makin ruwet jadinya.

2. Tunggu momen yang tepat 

Punya Pasangan Keras Kepala, 5 Cara Menyikapi Biar Kamu Gak Pusingpexels.com/@olly

Menghadapi pasangan keras kepala butuh strategi. Hindari menyampaikan suatu permasalahan ketika dia sedang dalam kondisi stres. Misalnya baru pulang kerja, perut lapar, kerjaan lagi banyak, dan lain-lain.

Tunggu sampai dia tenang dulu, sehingga kamu dan dia bisa sama-sama berkonsentrasi terhadap apa yang kamu sedang bicarakan.

3. Tunjukkan rasa cinta dan sayangmu ke dia 

Punya Pasangan Keras Kepala, 5 Cara Menyikapi Biar Kamu Gak Pusingpexels.com/@juanpphotoandvideo

Meski dia kepala batu, tapi jangan lupa untuk selalu menunjukkan cinta dan sayangmu kepadanya. Karena sekeras apa pun hatinya, lama-lama meleleh juga dengan rasa cintamu yang selalu kamu ungkapkan setiap saat.

Dengan begitu, saat terjadi konflik, dia pun jadi lebih bisa berkompromi. Sebagai wujud ungkapan rasa cintanya dia ke kamu.

Baca Juga: 5 Karakter Kamu yang Lahir Hari Minggu, Periang tapi Keras Kepala

4. Bicara dengan nada rendah 

Punya Pasangan Keras Kepala, 5 Cara Menyikapi Biar Kamu Gak Pusingpexels.com/@ketut-subiyanto

Maksudnya bukan bicara dengan suara samar-samar ya, tapi menggunakan pendekatan yang gak membuat si dia merasa “diserang”. Langsung ngomong “kamu tuh salah”, itu sih ibarat mengibarkan bendera merah di depan banteng.

Supaya kamu bisa “menang”, pilih pendekatan halus. Manjakan egonya, misalnya dengan mengatakan bahwa pendapatnya itu tepat sekali, namun untuk kondisi ini, malah bisa merugikan dirinya sendiri. Dengan begitu, ia merasa bahwa opinimu akan menguntungkan dia.

5. Memahami alasan dari sikapnya 

Punya Pasangan Keras Kepala, 5 Cara Menyikapi Biar Kamu Gak Pusingpexels.com/Laura Garcia

Terkadang, sikap keras kepala justru lahir dari perasaan insecure yang ada dalam dirinya. Jadi, kamu harus benar-benar memahami alasan kenapa dia bersikap keras kepala. Dengan begitu, kamu akan bisa lebih sabar dan tenang dalam menghadapinya.

Pasangan yang keras kepala memang sering membuat frustrasi. Tapi, banyak kualitas positif lain. Biasanya mereka juga penyayang, sangat peduli, setia, dan ngangenin. Oleh sebab itu, ketika sikap keras kelapanya datang, kamu coba ingat-ingat kualitas positif lain dari dirinya. Supaya, hubunganmu dengan dia tetap langgeng.

Baca Juga: 7 Zodiak Keras Kepala yang Katanya Paling Benci Perubahan, Kamu?

Latifah saja Photo Verified Writer Latifah saja

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya