Comscore Tracker

5 Skill yang Kamu Perlukan Agar Bisa Survive dalam Dunia Percintaan

Terapkan, biar gak capek putus sambung melulu!

Layaknya semua fase dalam kehidupan, hubungan percintaan pun diperlukan skill yang mendalam agar mampu menjalaninya dengan lekang dan tak melulu putus sambung layaknya ganti pakaian. Pastinya kamu gak mau kan, hubungan selalu berhenti saat fase pacaran doang, tapi gak pernah ada tanda-tanda akan menuju ke pelaminan?

Nah, agar hubunganmu bisa survive dalam dunia percintaan, diperlukan penguasaan skill berikut ini supaya bisa bertahan dalam tiap tantangan saat menjalani hubungan. Apa saja?

1. Manajemen waktu

5 Skill yang Kamu Perlukan Agar Bisa Survive dalam Dunia Percintaanunsplash.com/@domenika

Skill penting yang perlu kamu kuasai agar hubungan percintaanmu sehat adalah kemampuan untuk mengatur waktu dan menyusun skala prioritas. Jangan pas kerja dipakai untuk chat bareng pacar, tapi giliran berduaan, malah pikiran sibuk dengan pekerjaan.

Kalau skala prioritas ini telah mampu kamu terapkan, maka baik hubungan percintaan maupun karier, sama-sama dapat berkembang dan berjalan dengan seimbang.

2. Bertanggung jawab

5 Skill yang Kamu Perlukan Agar Bisa Survive dalam Dunia Percintaanpexels.com/@cottonbro

Hubungan percintaan bukan sekadar masalah cinta atau tidaknya pasangan. Ada tanggung jawab yang menyertai dan harus diemban dengan kesadaran diri supaya hubungan itu tetap berjalan.

Baik kamu maupun dia punya tanggung jawab masing-masing untuk saling memberi perhatian dan kasih sayang pada pasangan. Hanya salah satu pihak saja yang ‘bekerja keras’, membuat hubungan jadi timpang, dan jika tidak diatasi segera, pihak yang selama ini bekerja keras pun lama-lama akan lelah dan memutuskan hubungan.

Baca Juga: Terlalu Baik, 5 Zodiak Ini Kurang Beruntung dalam Urusan Percintaan

3. Pengelolaan keuangan

5 Skill yang Kamu Perlukan Agar Bisa Survive dalam Dunia Percintaanpexels.com/@kampus

Kemampuan dalam mengelola keuangan pun diperlukan dalam menjaga hubungan percintaan tak berakhir dalam penderitaan. Tak bisa dimungkiri, pacaran pun butuh modal.

Sebaiknya komunikasikan dengan terbuka pada pasangan jika kamu merasa berat untuk terus membayari tiap kali kencan. Bagaimanapun, tiap orang punya kewajiban pribadi masing-masing. Jangan sampai dengan pacar murah hati, tapi keluarga sendiri jadi terlunta-lunta.

4. Komunikasi

5 Skill yang Kamu Perlukan Agar Bisa Survive dalam Dunia Percintaanpexels.com/@olly

Nah, skill satu ini jadi kunci sebuah hubungan bisa harmonis atau tidak. Sering memendam perasaan, alih-alih mengungkapkan, akan membuat si dia selalu mereka-reka apa yang sebenarnya sedang kamu pikirkan.

Justru hal seperti itu tidak sehat, karena akan kerap menimbulkan salah paham. Masalah yang sebenarnya sepele bisa jadi konflik besar akibat salah satu pihak tak mau bicara masalah sebenarnya apa.

5. Kompromi

5 Skill yang Kamu Perlukan Agar Bisa Survive dalam Dunia Percintaanpexels.com/@arina-krasnikova

Jika kamu serius ingin membuat hubunganmu bisa bertahan lama, maka harus terus mengasah skill untuk kompromi. Karena menyatukan dua kepala itu tidaklah mudah.

Kalau masing-masing sama-sama egois, menganggap hubungan ibarat pertempuran yang harus dimenangkan, maka saat terjadi masalah, bukan penyelesaian yang didapat. Melainkan perang urat saraf untuk menentukan siapa yang salah dan benar.

Semoga dengan mengetahui skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga hubungan tetap bertahan, bisa membuat kamu dan pasangan awet hingga menuju ke pelaminan.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Jaga saat Menjalin Hubungan Percintaan

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya