Comscore Tracker

5 Tanda Samar Kamu sudah Melakukan Perselingkuhan Emosional, Bahaya!

Tetap berbahaya, lho, bagi hubungan

Tetap menjalin pertemanan dengan baik, meski sudah punya pasangan, adalah ciri kalau hubungan asmaramu termasuk sehat. Namun, kamu perlu berhati-hati mengenai batasan teman. Karena bisa jadi, tanpa sadar perilaku yang kamu anggap biasa-biasa aja, ternyata sudah termasuk dalam perselingkuhan.

Kendati gak sampai tahap selingkuh fisik, perselingkuhan emosional tetap salah dan bahaya bagi hubungan. Sebab, perilaku ini akan berpengaruh pada bagaimana kamu bersikap terhadap pasangan. Misalnya, jadi kurang perhatian atau jadi sering marah pada pasangan.

Untuk mengetahui apakah selama ini kamu sudah melakukan perselingkuhan emosional, ada beberapa tanda yang dapat kamu kenali. Simak ulasannya berikut ini!

1. Perbedaan perilaku saat di dekat pasangan

5 Tanda Samar Kamu sudah Melakukan Perselingkuhan Emosional, Bahaya!ilustrasi ngobrol (pixabay.com/BigbrotherBB)

Ciri pertama yang bisa menandakan kalau pertemananmu sudah melebihi batas adalah kalian tampak mesra saat berdua aja, tapi ketika ada orang lain, sikap kalian jadi berubah. Tiba-tiba, kamu bersikap layaknya dengan teman biasa.

Bahkan, ada kalanya, ketika dihadiri pasangan, kamu dan teman selingkuhan emosional itu sikapnya jadi formal. Tentu ini aneh. Kalau memang gak ada apa-apa, gak mungkin sikap kalian jadi berubah drastis seperti itu, kan?

2. Berbagi cerita dengan si "dia"

5 Tanda Samar Kamu sudah Melakukan Perselingkuhan Emosional, Bahaya!ilustrasi pasangan tertawa (pixabay.com/instant-shooting)

Sudah jadi kodratnya, ketika kamu jatuh cinta pada seseorang, selalu ada dia yang ada di pikiran. Ketika melihat film baru dan itu menarik, kamu gak sabar untuk menceritakannya. Saat ada pengalaman seru di kantor, kamu juga langsung terbayang namanya untuk berbagi cerita.

Sayangnya, orang itu bukan pasanganmu, melainkan “teman”-mu. Hal itu menunjukkan kamu sudah main hati. Loyalitasmu sudah bukan lagi pada pasangan, melainkan orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Selingkuh Dibalas Selingkuh Lagi Itu Buktikan Kamu Gak Dewasa

3. Ingin perhatian darinya

5 Tanda Samar Kamu sudah Melakukan Perselingkuhan Emosional, Bahaya!ilustrasi menelepon (pexels.com/Khoa Võ)

Kamu mesti introspeksi diri bila reaksimu berlebihan saat menelepon atau mengajaknya bertemu tapi dia gak bisa. Alasannya, ada banyak tugas yang mesti dikerjakan atau dia sedang beraktivitas dengan teman-temannya.

Jika pertemananmu gak ada apa-apanya, reaksimu pasti biasa aja. Namun, kalau timbul rasa kesal atau merasa cemburu saat tahu dia sedang sibuk dengan teman lainnya, artinya hatimu sudah berbelok. Tanpa sadar, kamu gak lagi membutuhkan perhatian pasangan, tapi perhatian teman selingkuhan emosional.

4. Kecanduan dan rindu dengan "dia"

5 Tanda Samar Kamu sudah Melakukan Perselingkuhan Emosional, Bahaya!ilustrasi teman lawan jenis (pexels.com/Ron Lach)

Saat kalian bertemu lagi setelah terpisah waktu liburan, senangnya bukan main. Wajah kalian terlihat semringah sekali. Ketika berpisah, ada rasa rindu bersemayam dalam hati.

Bila kerinduan ini melebihi kerinduanmu pada pasangan, maka pertemananmu dengannya sudah pada tahap emotional affair. Meski kalian gak mengklaim jadian, sikapmu itu sudah termasuk pengkhianatan terhadap pasangan, lho!

5. Ingin memberi kesan baik kepadanya

5 Tanda Samar Kamu sudah Melakukan Perselingkuhan Emosional, Bahaya!ilustrasi pasangan (pexels.com/mentatdgt)

Saat bertemu dengannya, kamu gak berpenampilan seperti biasa. Ada hal istimewa yang tujuannya, agar bisa menarik hati dan membuatnya terkesan. Entah itu riasan wajah yang lebih tebal, atau memakai jas supaya terlihat lebih gagah.

Sementara ketika bertemu pasangan, penampilanmu seperti biasa aja. Nah, lho, berarti ada yang salah, kan? Harusnya, kamu berusaha tampil sempurna, di depan pasangan. Bukan di depan “teman”.

Sadarlah kalau tanda-tanda tadi telah ada. Kamu sudah bermain api, dan membahayakan hubungan yang sedang kamu jalin. Bila memang kamu ingin tetap mempertahankan hubungan kamu dengan pasangan, cobalah jaga jarak dengan teman selingkuhan emosionalmu itu.

Perlu juga lakukan evaluasi terhadap hubungan asmaramu selama ini. Hal apa yang membuat kamu sempat main hati dengan yang lain. Selesaikan permasalahan itu bersama pasangan. Ingat, menghindari konflik, hanya akan merusak hubungan, lho!

Baca Juga: 9 Tanda Pasanganmu Selingkuh, Perhatikan Sebelum Menuduh!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya