Comscore Tracker

5 Tips Bangun Rasa Percaya dalam Hubungan, Anti Curigaan!

Karena dicurigai terus-terusan itu sungguh melelahkan

Rasa saling percaya merupakan fondasi dari hubungan yang kuat. Jika rasa percaya itu telah tertanam dalam tiap pasangan, maka seharusnya tak ada lagi menaruh rasa curiga hanya karena penyebab sepele.

Saling percaya ini memang tidak bisa dibangun hanya dalam semalam. Tapi butuh proses. Nah, agar timbul rasa percaya dalam hubungan yang sedang kamu jalani, bisa dicoba berbagai tips yang akan dibahas berikut ini.

1. Memegang teguh omongan

5 Tips Bangun Rasa Percaya dalam Hubungan, Anti Curigaan!unsplash.com/@huntersrace

Sulit untuk percaya dengan orang yang tidak konsisten antara perilaku dan tindakan. Ngomongnya A tapi yang dikerjakan C. Jika memang kamu serius untuk membangun rasa percaya bersama pasangan, maka pastikan dulu bahwa omonganmu bisa dipegang.

Jika memang sudah janji untuk ketemu hari Minggu, maka usahakan ditepati. Hindari gampang mengobral janji tapi tak ada aksi.

2. Akui kesalahan

5 Tips Bangun Rasa Percaya dalam Hubungan, Anti Curigaan!unsplash.com/@allan_fdias

Hal lain yang bisa membuat pasangan jadi percaya adalah ketika ia tahu bahwa kamu bukanlah tipe pengecut yang takut untuk mengakui kesalahan. Jika ini sudah diterapkan, tak banyak alasan atau malah menunjuk-nunjuk orang saat kamu salah, maka ia pun akan yakin bahwa kamu adalah tipe yang bisa dipercaya.

Baca Juga: Bikin Pasangan Tak Percaya, Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini

3. Bersikap jujur dengan pasangan

5 Tips Bangun Rasa Percaya dalam Hubungan, Anti Curigaan!unsplash.com/@lndtxphoto

Meskipun niatnya baik, umumnya orang akan lebih senang jika kamu bersikap terbuka daripada menutup-nutupi. Justru sering menyembunyikan masalah membuat orang jadi mudah menaruh curiga.

Selain itu, tak bersikap terbuka dengan pasangan, padahal dia adalah sosok yang telah kamu pilih untuk mendampingimu, bisa diartikan kalau dia tidak cukup baik untukmu. Membuatmu memilih bungkam daripada berkata jujur padanya.

4. Open minded

5 Tips Bangun Rasa Percaya dalam Hubungan, Anti Curigaan!pexels.com/@cottonbro

Salah satu penyebab seseorang lebih senang diam daripada mengeluarkan perasaan sebenarnya adalah, karena khawatir dengan reaksi yang akan kamu berikan.

Disebabkan dari pengalaman yang lalu-lalu, kamu tak begitu suka menerima perbedaan. Cobalah bersikap terbuka, menyadari bahwa tiap orang itu bisa memiliki cara bereaksi atau pemikiran yang berbeda-beda.

Jika ini sudah kamu lakukan, pasanganmu pun tak akan segan untuk mengungkapkan dengan jujur apa pun yang ia rasakan atau pikirkan. Ingat, lho, komunikasi yang lancar itu adalah koentji memastikan langgengnya hubungan.

5. Kurangi sikap defensif

5 Tips Bangun Rasa Percaya dalam Hubungan, Anti Curigaan!pexels.com/@katerina-holmes

Hal lain yang bisa membuat pasangan enggan berterus terang, adalah sikapmu yang defensif ketika diberi masukan. Ini membuatnya lebih banyak memendam perasaan, dan hal itu tidaklah baik dalam sebuah hubungan.

Kritikan memang tak pernah enak. Tapi, berusahalah perlahan untuk melatih jiwa agar bisa berbesar hati dan lapang dada ketika menerima saran atau masukan. Hal tersebut akan membuat pasangan percaya untuk mengutarakan apa yang ada di benaknya.

 

Layaknya bangunan, sebuah hubungan dengan fondasi yang kuat membuatnya tak mudah rapuh. Sehingga tatkala digoncang dengan cobaan, akan tetap kukuh. Semoga itu yang akan terjadi pada hubunganmu!

Baca Juga: 5 Cara Elegan Menguji Kesetiaan Pasangan, Gak Perlu Curiga Lagi, deh!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya