Comscore Tracker

5 Tips Memperbaiki Hubungan Tidak Sehat, Pastikan Ada Komitmen Bareng!

Jangan serta merta langsung pisah, ya

Mendapati hubungan cintamu ternyata toksik gak serta merta mesti harus berpisah. Selama masih bisa diperbaiki, maka usahakan dulu agar kalian bisa tetap bersama. Apalagi jika perasaan cinta kalian masih ada. Sayang banget kalau hubungan yang sudah diperjuangkan berakhir begitu saja.

Meski begitu, kamu pun harus sadar bahwa untuk memperbaiki hubungan yang tidak sehat mesti dilakukan bersama. Untuk itu, ada banyak hal yang mesti dipertimbangkan. Salah satunya komitmen pasangan.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki hubungan yang tidak sehat? Beberapa tips di bawah ini bisa kamu coba untuk menyelamatkan hubungan kalian. Mari disimak.

1. Ada komitmen bareng

5 Tips Memperbaiki Hubungan Tidak Sehat, Pastikan Ada Komitmen Bareng!ilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Seperti telah disinggung sebelumnya, kamu gak akan bisa memperbaiki hubungan yang rusak kalau tidak ada kerja sama dari kedua pihak. Kamu dan pasangan mesti punya komitmen selaras untuk menjadikan hubungan toksik menjadi sehat.

Untuk mengubah hubungan bermasalah menjadi baik-baik saja diperlukan kemauan kuat untuk mengevaluasi dan berbenah diri. Yang dulunya selalu pengin menang sendiri kini harus belajar berkompromi. Yang dulu mudah sekali tersulut emosi kini harus meningkatkan pengendalian diri.

Mengubah kebiasaan serta karakter tentu tidaklah mudah. Jika dirasa pasangan sulit atau kurang berkomitmen melakukannya, maka jalan pisah akan lebih baik.

2. Persiapkan diri bila nantinya akan kecewa

5 Tips Memperbaiki Hubungan Tidak Sehat, Pastikan Ada Komitmen Bareng!ilustrasi pria merenung (unsplash.com/Ihor Saveliev)

Meski selama ini kamu jadi korban atau pihak yang selalu ditindas oleh pasangan, kamu punya niatan baik untuk memperbaiki itu semua dan mulai dari nol untuk menjalani hubungan yang lebih baik. Sayangnya, belum tentu dia mau.

Maka dari itu, kamu perlu siap jika setelah dibicarakan dengan pasangan ternyata dia gak mau mengikuti kemauanmu. Di sini kamu mesti ikhlas menerima keputusan tersebut.

Baca Juga: 5 Langkah Memperbaiki Hubungan dengan Pasangan yang Pernah Selingkuh 

3. Menolak bungkam

5 Tips Memperbaiki Hubungan Tidak Sehat, Pastikan Ada Komitmen Bareng!ilustrasi pasangan (pexels.com/Andres Ayrton)

Selama ini kamu hanya diam menahan diri dari sikap buruknya. Mau komplain khawatir malah memicu pertengkaran hebat. Sayangnya, sikap diam seperti ini sudah jadi ciri hubungan tidak sehat. Jika dibiarkan, kamu bakal benci dengan diri sendiri, lho.

Jika ingin memperbaiki hubungan asmara menjadi sehat, sudah saatnya menolak bungkam. Kamu mesti beranikan diri mengomunikasikan bagaimana perasaanmu selama ini supaya pasangan sadar akan perilaku toksiknya.

4. Berhenti meragukan diri sendiri

5 Tips Memperbaiki Hubungan Tidak Sehat, Pastikan Ada Komitmen Bareng!ilustrasi wanita merenung (pexels.com/George Milton)

Di antara alat manipulasi andalan yang digunakan oleh pasangan toksik, yaitu gaslighting. Menyangkal apa yang kamu sampaikan sehingga bikin kamu jadi meragukan diri sendiri.

Mulai sekarang, hentikan itu. Ketika kamu mulai mempercayai diri sendiri, pasangan yang tadinya lihai memanipulasi jadi sadar kalau kamu sudah tidak bisa ditindas lagi.

Dari sini bisa kelihatan apakah dia mau berubah atau enggak. Kalau ternyata dia tetap bertahan dengan sikap buruknya, setidaknya kamu sudah tahu langkah selanjutnya yang perlu diambil. Pisah!

5. Meminta bantuan ahli

5 Tips Memperbaiki Hubungan Tidak Sehat, Pastikan Ada Komitmen Bareng!ilustrasi konseling (pexels.com/cottonbro)

Kalau cara mandiri sudah mentok, tapi masih ada keinginan kuat untuk memperbaiki hubungan kalian, jangan ragu meminta bantuan ahli. Dengan bantuan ahli kamu dan pasangan jadi punya panduan seperti apa harus bersikap atau langkah apa yang mesti dilakukan.

Perlahan tapi pasti, hubungan kalian pun bisa menjadi baik. Dengan catatan, ada komitmen bareng antara kamu dan dia.

Setiap orang berhak mendapatkan hubungan cinta yang sehat. Logikanya buat apa punya pasangan kalau malah bikin menderita seumur hidup, bukan?

Meski begitu, jangan langsung memutuskan untuk pisah. Selama memperbaiki hubungan masih bisa ditempuh, lakukan itu dulu. Semoga tips tadi bisa membantu, ya.

Baca Juga: 5 Tips Memperbaiki Komunikasi dengan Pasangan, Jangan Disepelekan!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya