Comscore Tracker

Untuk 5 Alasan Ini, Kamu Boleh Memblokir Nomor dan Medsos Sang Mantan

#IDNTimesLife Malah nomor 3 membuatmu ‘wajib’ melakukannya

Idealnya, hubungan percintaan seseorang boleh saja berakhir, tapi hendaknya hubungan pertemanan masih tetap berjalan. Setidaknya gak saling memblokir nomor ataupun media sosial masing-masing. Bagaimanapun, perasaan benci gak akan baik bagi dirimu sendiri.

Namun ada kalanya, aksi ini perlu dilakukan jika menyangkut alasan-alasan sebagai berikut. Apa saja ya kira-kira?

1. Menghindarimu dari membanding-bandingkan 

Untuk 5 Alasan Ini, Kamu Boleh Memblokir Nomor dan Medsos Sang Mantanpexels.com/@amina-filkins

Saat seseorang putus dari hubungan percintaannya, kerap terbersit perasaan ‘apa yang salah dengan saya’ atau ‘saya kurang apa’ sehingga hubungan itu kandas. Perasaan ini bisa semakin parah saat melihat sang mantan sudah move on dan menemukan tambatan hati yang baru.

Akhirnya, kamu pun membanding-bandingkan antara dirimu dengan pasangannya yang baru. Kalau sudah seperti ini, akan lebih baik jika kamu memblokir medsos ataupun nomor sang mantan, supaya kamu gak terus-terusan kepo. Karena membanding-bandingkan diri bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan mental. Kamu bisa terus dilanda perasaan ‘kurang’ dan jadi gak percaya diri.

2. Menjaga hati kekasih barumu

Untuk 5 Alasan Ini, Kamu Boleh Memblokir Nomor dan Medsos Sang Mantanunsplash.com/@itsmiki5

Terkadang kekasihmu yang baru bisa merasa cemburu jika kamu dan mantan masih berhubungan dekat. Apalagi kalau sangat jelas, mantan masih sayang banget sama kamu dan berniat balikan.

Jika ini yang terjadi, sebaiknya hentikan sama sekali komunikasi antara kamu dan mantan. Dengan begitu, kamu bisa menjaga hati kekasihmu yang baru. Kamu pun gak ingin, bukan, jika ada mantan kekasihmu yang masih saja merecoki hubungan kalian berdua?

3. Membuatmu tergoda untuk balikan 

Untuk 5 Alasan Ini, Kamu Boleh Memblokir Nomor dan Medsos Sang Mantanpexels.com/@pixabay

Biasanya setelah hubungan berakhir, seseorang akan menghapus foto saat masih bersama. Tapi kalau itu gak dilakukan, foto yang masih bertengger di medsos mantanmu bisa membuatmu susah move on, karena terkenang dengan masa-masa indah dulu.

Hal ini tidak begitu masalah ketika hal yang membuat kalian putus tidak serius. Ini akan jadi masalah besar, jika memang alasan kalian putus disebabkan masalah prinsip, atau dia telah melakukan sesuatu yang sangat serius, misalnya melakukan kekerasan fisik.

Mengenang kembali momen indah saat kalian masih berdua, bisa membuatmu meniadakan perilakunya yang tidak bisa ditoleransi tersebut, ujungnya jadi balikan. Karena itu, langkah yang terbaik adalah memblokirnya.

Baca Juga: Ini 5 Zodiak yang Konon Tetap Nyaman Berteman dengan Mantan, Apa Iya?

4. Dia gak layak dijadikan teman

Untuk 5 Alasan Ini, Kamu Boleh Memblokir Nomor dan Medsos Sang Mantanpexels.com/@olly

Landasan dari pertemanan yang sehat adalah rasa saling percaya dan kejujuran. Jika hal itu telah terbukti gak dimiliki oleh mantanmu, maka boleh-boleh saja kamu memblokirnya, baik medsos maupun nomor HP-nya.

Misalnya, dulu alasan putus karena dia selingkuh atau suka berbohong. Jika demikian halnya, untuk apa kamu berteman dengan orang yang memang sudah kamu buktikan bukanlah orang yang baik?

5. Membuatmu susah move on 

Untuk 5 Alasan Ini, Kamu Boleh Memblokir Nomor dan Medsos Sang Mantanpexels.com/Francesca Zama

Putus cinta gak ada yang enak, selalu menyakitkan hati, sekalipun kamu yang mutusin duluan. Jika dengan masih menyimpan nomor atau melihatnya wara-wiri di medsos membuatmu selalu merasa sedih dan sulit melupakan, padahal kamu memang berniat untuk move on, maka boleh-boleh saja memblokirnya. Ini untuk kebaikan dirimu sendiri.

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan, meskipun memblokir nomor HP atau media sosial bukanlah langkah yang elegan, tapi ada kalanya hal itu harus dilakukan. Semoga penjelasan di atas bisa memantapkan keputusanmu, yang saat ini sedang dilanda keraguan.

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Bisa Gampang Sekali Move On Padahal Baru Saja Putus

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya