Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Disiapkan untuk Membuka Hati dengan Gebetan Baru

Sering dilupakan, padahal harus dilakukan!

Bagi seseorang yang sudah merasakan sakit karena cinta, membuka hati untuk orang baru tentu tidak mudah. Semua tergantung kepada kesiapan dan karakter masing-masing orang. Yang pasti, hati perlu recovery dari masa lalu. Bukankah kamu masih ingin memiliki pasangan?

Jika memang benar kamu masih mau berusaha untuk cinta yang baru, maka dirimu harus melakukan persiapan. Berikut adalah lima yang perlu kamu siapkan untuk menyambut hadirnya orang baru dalam hidupmu. 

1. Sembuhkan luka hati terlebih dahulu

5 Hal yang Harus Disiapkan untuk Membuka Hati dengan Gebetan Baruilustrasi insecure (pixabay.com/Peggy_Marco)

Sudahlah, jangan selalu mengingat hal yang menyakitkan. Jangan merasa dirimu orang paling tersakiti di dunia ini. Yang pernah mengalami putus cinta atau cinta mati sebelum bertumbuh bukan dirimu saja. Maka dari itu, dirimu perlu menyembuhkan diri terlebih dahulu. 

Buat dirimu bisa bahagia tanpa perlu bantuan orang lain. Buat dirimu tidak perlu lagi mengingat masa lalu untuk menguatkan dirimu. Untuk menyambut orang baru, ibaratnya kertas dirimu harus menghapusnya sampai putih terlebih dahulu baru bisa digoreskan tulisan yang baru. 

2. Bangun dirimu supaya jadi lebih berkualitas 

5 Hal yang Harus Disiapkan untuk Membuka Hati dengan Gebetan Baruilustrasi penampilan (pixabay.com/iLeoplus)

Kamu bisa mulai dengan membangun dirimu. Baik itu secara skill atau penampilan. Buat dirimu menjadi pribadi yang high quality walau bukan orang yang baru pertama mencari cinta. Ibaratnya kamu harus upgrade gadget kamu untuk mendapat fitur yang baru dan lebih memiliki performa yang baik.

Semakin kamu memperbaiki diri, percayalah gebetan yang datang akan semakin bagus kualitasnya. Maka dari itu, jangan sibuk memikirkan kenangan masa lalu dan terlalu lama bersedih. Namun, ganti itu semua dengan memperbaiki kualitas diri. 

Baca Juga: 5 Trik Elegan Bikin Gebetan Baper Duluan sama Kamu

3. Permatang kedewasaan 

5 Hal yang Harus Disiapkan untuk Membuka Hati dengan Gebetan Baruilustrasi pasangan (pixabay.com/chermitove)

Tentunya pasti kamu akan semakin dewasa seiring dengan banyaknya pengalaman dan juga masalah yang dihadapi. Kedewasaan itu mutlak diperlukan dalam membangun sebuah hubungan. Kamu bisa belajar dari pengalaman yang lalu. Apa sih yang kurang darimu?

Permatang itu sebelum menyambut kehadiran orang baru. Mungkin dulu kamu terlalu sumbu pendek, sehingga mudah emosi. Nah, perbaiki emosi kamu supaya lebih sabar dan pengertian. Nantinya, ketika masuk ke hubungan baru, dirimu akan lebih dewasa dari sebelumnya.

4. Bangun nilai penghargaan 

5 Hal yang Harus Disiapkan untuk Membuka Hati dengan Gebetan Baruilustrasi pasangan (pixabay.com/AdinaVoicu))

Jika belum ada yang dekat, kamu bisa mempraktikkan dengan orang sekitar. Coba belajar menghargai setiap orang. Bisa jadi teman kamu, bawahan kamu, atau orang-orang yang sekiranya berada di level yang sama dan level yang lebih rendah darimu. 

Karena menghargai orang yang levelnya tinggi akan otomatis kamu lakukan. Pelajaran yang harus kamu lakukan adalah menghargai orang yang mungkin berada di bawahmu.

Dengan demikian dirimu akan bisa lebih menghargai ketidak sempurnaan orang lain. Begitu pun saat nanti memiliki pasangan. Kamu bisa memaklumi bahwa memang dia tak sempurna. Tapi kamu tetap bisa menghargainya. 

5. Buat standar dan komitmen untuk menjalani hubungan yang baru 

5 Hal yang Harus Disiapkan untuk Membuka Hati dengan Gebetan Baruilustrasi pasangan (pixabay.com/StockSnap)

Mungkin di hubungan yang lama kamu tidak sempat membuat hal ini. Namun, di masa persiapan ini dirimu harus membuat standar serta komitmen dalam hubungan yang akan kamu jalani nantinya. Misalnya, standarnya dirimu ingin lebih memiliki quality time yang lebih lama dengan pasangan. 

Hal ini perlu dilakukan supaya dirimu tidak mengulang kesalahan yang sama. Komitmen juga perlu kamu perhatikan, misalnya ingin segera menyelesaikan masalah dan tak membiarkannya berlarut-larut. 

Jadi di masa single seharusnya menjadi waktu luang bagimu untuk mempersiapkan diri jadi yang lebih baik. Jangan sibuk merenungi nasib. Namun, perbaiki diri dan belajar dari masa lalu. Semoga kamu segera menemukan gebetan yang sesuai, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Gebetan Ilfeel Bahkan Sebelum Pacaran, Waspada!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya