Comscore Tracker

5 Nilai Hidup yang Lebih Berharga dari Uang saat Mencari Jodoh

Kamu pasti memerlukan nilai hidup ini dari pasangan 

Dalam mencari pasangan, pastinya kamu tidak hanya akan terpaku sama fisik atau uangnya saja. Memang hal tersebut menjadi hal yang akan pertama kali kelihatan dari dalam diri pasangan. Rupawan atau tidak, kaya atau biasa saja. Semua itu memang jadi pembungkus luar seseorang. 

Tapi setelah menjalani pendekatan dan hubungan yang serius, akhirnya kamu akan menyadari bahwa ada nilai yang lebih penting dari itu semua. Nilai tersebut memang harus dimiliki mutlak oleh setiap orang yang menjadi pasanganmu kelak. Apa saja? Yuk, simak pembahasannya. 

1. Nilai kesetiaan 

5 Nilai Hidup yang Lebih Berharga dari Uang saat Mencari Jodohilustrasi pasangan (pixabay.com/AdinaVoicu))

Percuma saja kalau dia itu kaya, tapi tidak bisa menjaga hatinya dan kesetiaan hanya untukmu saja. Pastinya kamu akan terus sakit hati dan merasa ketakutan posisimu akan tergeser oleh orang lain. Tentunya perasaan seperti ini tidaklah baik dimiliki oleh dirimu ketika menjalani hubungan dengan seseorang. 

Kesetiaan itu memang tidak sama dengan cinta. Karena kesetiaan merupakan komitmen pribadi seseorang yang lahir dari keinginan sendiri. Tidak bisa dipaksa oleh siapa pun, bahkan institusi pernikahan sekali pun. Jadi, pacar yang setia itu jauh lebih dibutuhkan. 

2. Nilai penghargaan 

5 Nilai Hidup yang Lebih Berharga dari Uang saat Mencari Jodohilustrasi pasangan (pixabay.com/aiilolo)

Ketika kamu menjalin hubungan dekat dengan seseorang, maka sebenarnya ada nilai yang rentan hilang. Nilai itu adalah nilai penghargaan. Dia mungkin sangat menghargai kamu saat melakukan PDKT dulu. Tapi kini, sikapnya sudah seenaknya saat status sudah jadi pacar. Hal ini juga bisa terjadi di lingkungan pertemanan. 

Penghargaan adalah nilai yang harus dijaga dalam hubungan. Banyak kasus orang yang berpasangan, tidak bahagia karena pasangannya gagal menghargai dirinya. Ketika nilai penghargaan itu sudah hilang, maka jangan harap kebahagiaan akan tercipta dalam hubungan tersebut.

3. Nilai kesepadanan 

5 Nilai Hidup yang Lebih Berharga dari Uang saat Mencari Jodohilustrasi pasangan (andrewm1r)

Sepadan di sini bukan melulu masalah harta atau latar belakang keluarga. Tapi, cara berpikir dan visi ke depan itu juga butuh kata sepadan sebelum melanjutkan hubungan ke arah yang lebih serius. Bagaiamana cara ngecek kamu sepadan atau tidak sama gebetan? Sederhananya saat ngobrol kalian nyambung. 

Kalau obrolan sudah tidak nyambung, kamu mau melakukan sesuatu tapi selalu tidak didukung oleh pasangan, sudah dipastikan jalan kalian sudah berbeda. Sehingga jangan sampai membawa hubungan seperti ini ke jenjang pernikahan. 

Baca Juga: 5 Pesan Hidup KDrama My Name, Nilai Perjalanan Balas Dendam Han So Hee

4. Nilai kedewasaan 

5 Nilai Hidup yang Lebih Berharga dari Uang saat Mencari Jodohilustrasi pasangan (pixabay.com/Karuvadgraphy)

Selanjutnya adalah nilai kedewasaan dalam menjalin hubungan. Susah sekali melanjutkan hubungan sama orang yang sedikit-sedikit ngambek. Ketika keinginannya tidak dipenuhi, langsung minta putus. Capek gak ya kira-kira kalau punya pasangan seperti ini? Pasti capek sekali.

Maka dari itu, hubungan yang serius itu butuh sikap kedewasaan dari kedua belah pihak. Jangan sampai masih ada pihak yang tidak bisa mengendalikan pikiran dan hatinya sendiri. Jika memang mau sampai ke tahap pernikahan, sikap dewasa mutlak diperlukan. 

5. Nilai kerohanian 

5 Nilai Hidup yang Lebih Berharga dari Uang saat Mencari Jodohilustrasi beribadah (pixabay.com/Godsgirl_madi)

Kerohanian menjadi nilai yang tidak bisa dilepaskan dalam menjalin hubungan yang serius dan ingin membina masa depan. Kadang tak perlu selalu harus berasal dari agama yang sama. Hanya butuh mencari pasangan yang takut akan Tuhan. Ciri hidup orang yang takut Tuhan sederhana, dia tidak mendekatkan diri ke medan dosa.

Penting sekali mencari pasangan yang secara rohani bisa membimbing. Karena dirimu pasti terpengaruh sama orang yang dekat denganmu. Ketika rohaninya lemah, maka yang ada dirimu bisa terbawa ke dalam hidup yang lebih tidak jelas lagi. 

Jadi, tak melulu fisik atau harta yang kamu butuhkan dari pasnagan hidup. Keduanya hanya bonus jika ada dalam diri pasnagan kelak. Namun, lima nilai di atas mutlak harus dimiliki oleh sosok pasangan yang bisa membawa kebahagiaan untukmu. 

Baca Juga: 5 Nilai dalam Hubungan Percintaan, Sejauh Mana Harus Mencintai?

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya