Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Bisa Insecure Sama Pasangan walau Saling Cinta

Sering terjadi, kenapa ya?

Menjalani hubungan asmara tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Perbedaan karakter, latar belakang, dan budaya bisa menyebabkan gesekan yang mungkin saja terjadi. 

Nah, dalam perjalanannya, sering kali kamu bisa merasa insecure dengan pasangan sendiri. Apa penyebab hal ini terjadi, sih? Simak pembahasannya, yuk.

1. Komunikasi yang kurang 

5 Alasan Kenapa Bisa Insecure Sama Pasangan walau Saling Cintapixabay.com/Antranias

Penyebab yang pertama adalah komunikasi yang mungkin kurang. Walau sering chatting atau ketemuan, namun komunikasi bisa kurang dilihat dari hal apa yang dibicarakan. Jika hanya membahas lagi apa, sudah makan belum, gosipin orang lain, maka komunikasi asmara di antara kalian tidak ada.

Jadi, pastikan setiap obrolan itu berkualitas. Bicarakan tentang arah hubungan ke depannya, mimpi atau cita-cita, dsb. Jangan sibuk membicarakan topik yang membuat kamu tidak kenal dengan pasangan.

2. Perbedaan status sosial

5 Alasan Kenapa Bisa Insecure Sama Pasangan walau Saling Cintapixabay.com/ArmOrozco

Hal ini tidak dapat dimungkiri akan bisa menyebabkan rasa insecure muncul. Biasanya dari penilaian orang, atau secara diri sendiri yang bilang bahwa kamu dan dia terlalu jauh berbeda.

Dia kaya sekali, namun kamu baru merintis usaha. Orang yang melihat juga tak jarang menilai dengan sinis. Semua kembali bagaiamana komitmen di awal hubungan. Karena insecure bisa saja terjadi. 

Baca Juga: 5 Cara Manis Menepis Rasa Insecure dalam Diri Pasangan Kamu

3. Kehidupan yang berkembang 

5 Alasan Kenapa Bisa Insecure Sama Pasangan walau Saling Cintapixabay.com/jmexclusives

Mungkin kamu dan dia start dari posisi yang sama. Namun, keberuntungan serta usaha tidak selamanya akan sama. Mungkin dia lebih cepat dipromosikan di kariernya saat ini.

Sedangkan kamu masih perlu banyak pembuktian. Hal inilah yang akhirnya membuat insecure akan muncul di tengah hubungan. 

4. Perbedaan karakter masing-masing 

5 Alasan Kenapa Bisa Insecure Sama Pasangan walau Saling Cintapixabay.com/marbarbaqadze

Karakter juga bisa memengaruhi rasa insecure yang terjadi. Mungkin, karaktermu lebih perasa atau banyak memikirkan segala sesuatu.

Sehingga apa pun perbedaan yang ada jadi biang masalah insecure. Walau pasangan tidak pernah menuntut, jika karaktermu lemah maka perasaan insecure tak bisa dihindari. 

5. Perubahan visi hidup 

5 Alasan Kenapa Bisa Insecure Sama Pasangan walau Saling Cintapixabay.com/Antranias

Yang terakhir adalah perbedaan visi yang mungkin saja terjadi. Di awal hubungan mungkin dia tidak tahu apa yang diinginkan dalam hidup. Namun, seiring berjalannya waktu, dia menemukan sesuatu yang disenangi sehingga tidak menutup kemungkinan visi hidupnya jadi beda sama kamu.

Di sinilah berbagai hal akan terjadi, termasuk rasa insecure. Sehingga, perasaan ini akan jadi pertanda bahwa kamu dan dia harus bicara lagi dari hati ke hati.

 

Intinya insecure dengan pasangan sendiri bisa saja terjadi. Tinggal bagaimana kamu akan menghadapinya. Jadi, apakah sudah siap jika hal ini terjadi dalam hubungan?

Baca Juga: 5 Sebab Kenapa Kamu Suka Meremehkan Orang Lain, Insecure?

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya