Comscore Tracker

Gak Asal, 5 Persiapan Sebelum Menggunakan Online Dating

Agar kamu gak salah arah, ya

Online dating kini bukan suatu hal yang aneh lagi bagi sebagian orang. Jika memang digunakan dengan positif, maka kamu juga bisa menemukan orang yang selama ini kamu impikan melalui online dating. 

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan aplikasi dalam mencari jodoh, berikut ini lima persiapan yang harus kamu lakukan. 

1. Jangan terlalu haus cinta saat menggunakan online dating 

Gak Asal, 5 Persiapan Sebelum Menggunakan Online DatingIlustrasi sendirian (pixabay.com/MIOTRAN)

Hal pertama yang harus kamu ingat bahwa online dating memang akan mempertemukan dengan banyak tipe orang. Semakin banyak pilihan, maka semakin bagus juga peluangmu. Namun, ingat jangan terlalu haus cinta saat menggunakannya. 

Namanya saja online, berarti kamu hanya mengetahui dia di aplikasi saja. Kamu tentu harus melakukan background check sebelum benar-benar menyukainya. Jangan sampai sudah cinta padahal belum bertemu secara langsung. 

2. Tentukan standar dalam mencari pasangan online

Gak Asal, 5 Persiapan Sebelum Menggunakan Online DatingIlustrasi bermain gadget (pixabay.com/GustavoWandalen)

Walau secara online, kamu juga harus menentukan standar dari pasangan yang akan kamu dekat. Walau semenarik apa pun dia, namun jika itu sudah melanggar standar kamu, maka jangan diteruskan. Karena standar tetap harus ditentukan, walau kamu belum bertemu dia secara langsung. 

3. Jangan asal percaya pada profil seseorang, lakukan pemeriksaan lanjutan

Gak Asal, 5 Persiapan Sebelum Menggunakan Online DatingIlustrasi chatting (pixabay.com/JESHOOTS-com)

Biasanya selain foto, kamu juga bisa menemukan beberapa orang menulis tentang dirinya di kolom profilnya. Misalnya saja dia menuliskan lulusan universitas mana, jurusan apa, dan apa yang sedang dikerjakan dia saat ini. 

Namun, kamu jangan langsung tertarik begitu saja. Zaman sudah semakin canggih. Jika sudah menemukan nama aslinya, kamu bisa mencarinya di google atau cek media sosialnya. Jika memang benar semua yang dia tuliskan di profil, kamu boleh mencoba jalan bersamanya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Jangan Terlalu Diharapkan Saat Nyari Jodoh di Online Dating

4. Persiapkan masalah teknis pengisian data diri dengan benar

Gak Asal, 5 Persiapan Sebelum Menggunakan Online DatingIlustrasi foto (pixabay.com/Pexels)

Persiapkan foto terbaikmu. Jangan juga diedit sampai jauh berbeda dengan kenyataan. Kemudian persiapkan profil yang menarik. Jangan terlalu panjang namun yang penting bisa informatif. Karena disini kamu istilahnya akan mempromosikan diri kepada orang lain, supaya mereka tertarik denganmu. 

Persiapkan sebaik mungkin image yang ingin kamu tentukan. Walau menjadi diri sendiri, kamu harus menentukan ingin dilihat seperti apa oleh orang lain di aplikasi online dating. 

5. Tetapkan tujuanmu dari menggunakan aplikasi online dating 

Gak Asal, 5 Persiapan Sebelum Menggunakan Online DatingIlustrasi wanita dan pria (pixabay.com/StockSnap)

Setelah siap semuanya, cek juga batinmu. Tanyakan apa sebenarnya tujuanmu dalam menggunakan aplikasi ini. Orang seperti apa juga yang ingin kamu temukan. Karena di aplikasi, kamu akan menemukan bermacam-macam tujuan orang dalam menggunakan aplikasi.

Sehingga jika kamu sudah tahu tujuanmu, maka pasti akan lebih fokus dan menyaring orang-orang yang akan kamu prospek. 

Jadi boleh menggunakan aplikasi online dating. Asal kamu tahu cara dan juga tujuan darinya. Jangan sampai kamu sendiri hanya iseng dan akhirnya kecewa karena apes menemukan orang yang iseng juga padahal sudah kamu taksir.

Baca Juga: 5 Tips PDKT Online yang Bisa Kamu Lakukan, Gak Pakai Dating Apps!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya