Comscore Tracker

5 Hal yang Masih Jadi Hak Pribadi Walau Sudah Pacaran, Jangan Keliru!

Apa kamu sudah mendapatkannya?

Dalam menjalani hubungan cinta dengan orang, pacaran adalah fase normal yang dilakukan orang kebanyakan. Nah, dalam fase pacaran ini kebanyakan dari kamu salah kaprah, bahwa semua hal harus sepersetujuan pacarmu.

Padahal lima hal ini adalah hak kamu selama masih dalam hubungan pacaran. Apa saja?

1. Memilih pendidikan yang terbaik 

5 Hal yang Masih Jadi Hak Pribadi Walau Sudah Pacaran, Jangan Keliru!ilustrasi pasangan (pixabay.com/StockSnap)

Kebanyakan dari kamu selalu merasa bahwa kalau sudah pacaran, sekolah juga harus sama dengan pacar. Kalau bisa jurusannya juga sama. Supaya bisa terus bertemu dan mengawasi pacar setiap saat.

Padahal, jika belum menikah keputusan pendidikan itu masih berada dalam tanggung jawab dan kebebasanmu.

2. Menentukan iman kepercayaan

5 Hal yang Masih Jadi Hak Pribadi Walau Sudah Pacaran, Jangan Keliru!ilustrasi berdoa (pixabay.com/reenablack)

Terkadang memang sebuah relasi dibangun dengan adanya perbedaan kepercayaan di antara kamu dan dia. Namun, hal ini tentu saja akan membuat hubungan jadi sulit dan harus banyak pertimbangannya.

Seperti halnya dalam memilih mau ikut kepercayaan pacar atau tetap dengan kepercayaan semula. Namun demikian, itu adalah hakmu untuk memutuskan, apakah ingin bertahan atau tidak. Sekali lagi pihak ketiga termasuk pacar tidak berhak atas pilihan iman kepercayaanmu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Tahu Prinsip Hidup Pasangan, Penting!

3. Memiliki me time

5 Hal yang Masih Jadi Hak Pribadi Walau Sudah Pacaran, Jangan Keliru!ilustrasi merenung (pixabay.com/DanaTentis)

Jangan langsung diasumsikan jika pacar minta waktu untuk me time, maka kamu dan dia lagi dalam masa yang renggang. Me time adalah hak dan fase yang normal bagi seorang manusia. Pastinya me time tidak sama dengan bosan. 

Me time adalah saat kamu merasa ingin menikmati satu momen dengan dirimu atau dengan orang terdekat. Sehingga itu tidak sama dengan rasa bosan. 

4. Meminta kejelasan dan tujuan hubungan ini

5 Hal yang Masih Jadi Hak Pribadi Walau Sudah Pacaran, Jangan Keliru!ilustrasi pasangan romantis (pixabay.com/chermitove)

Kamu dan dia tentunya harus saling refleksi, untuk apa hubungan ini dilakukan, dan tujuannya mau apa. Jika selama ini masih dibawa santai saja, ikut arus saja, mari sekarang mulai dipikirkan.

Karena ini merupakan hak kamu dan dia mengenai tujuan dan kejelasan hubungan. Umur jalan terus. Jangan sia-siakan waktu demi hubungan yang tidak akan membawamu kemana-mana.

5. Meminta bukti dari komitmen yang sudah dibuat

5 Hal yang Masih Jadi Hak Pribadi Walau Sudah Pacaran, Jangan Keliru!ilustrasi pasangan romantis (pixabay.com/adamkontor)

Pastinya walau ini hubungan yang masih pacaran, kamu dan dia sudah membuat komitmen walau itu hal yang kecil. Sudah pasti juga disepakati oleh kedua pihak. Nah, di kemudian hari kamu atau dia meminta bukti dari komitmen, itu adalah hak kamu. 

Jangan sungkan jika merasa hubungan tidak berjalan sesuai dengan kesepakatan awal. Karena hak tidak boleh dilupakan sekali pun itu berurusan dengan pacarmu. 

Jadi, sudah tahu kan lima hal itu adalah hak kamu begitu juga dengan pacarmu. Hak dan kewajiban tentulah harus dijalankan dalam menjalin hubungan agar bisa bertahan sampai ke jenjang pelaminan. 

Baca Juga: 5 Sikap Ini Sudah Kelewat Manja dan Bikin Pacarmu Risi, lho!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya