Comscore Tracker

5 Hal dalam Diri yang Seharusnya Ditonjolkan Saat Cari Pasangan!

Bukan cuma fisik yang bagus, ini juga perlu, lho 

Saat mencari pasangan hidup, tentunya setiap orang berlomba-lomba menampilkan citra diri sebaik mungkin. Kamu juga pasti berlaku demikian, bukan? Namun, sering orang hanya fokus mempersiapkan pada penampilan luar saja. Sedangkan hal-hal lain diabaikan dan dianggap hanya masalah sepele.

Supaya proses mendapatkan jodoh lebih murni dari masalah hati, berikut ini lima hal yang harusnya ditonjolkan saat mencari pasangan hidup. Catat, fisik aja tidak cukup, lho.

1. Sikap dan karakter 

5 Hal dalam Diri yang Seharusnya Ditonjolkan Saat Cari Pasangan!Ilustrasi kekasih bahagia (pixabay.com/StockSnap)

Sikap dan karakter baik dan positif adalah hal yang tak dapat ditawar lagi. Lupakan dulu masalah fisik, dsb. Lihat dulu sikapnya. Bagaimana dia mencocokkan diri denganmu. Karena kalau hanya masalah fisik, yang didapatkan mungkin hanya one night stand atau friends with bennefits. 

Jika mau sampai ke jenjang pernikahan, maka sikap dan karakter harus dinilai betul. Kalau tidak, maka jangan sedih ketika doi tidak seperti apa yang kamu harapkan, karena seseorang tidak bisa berubah hanya karena sudah menikah. 

2. Keimanan kepada Tuhan

5 Hal dalam Diri yang Seharusnya Ditonjolkan Saat Cari Pasangan!Ilustrasi berdoa (pixabay.com/Pexels)

Hal ini bisa dilihat dari cara hidupnya. Tak perlu sampai yang sangat rohani banget, kalau memang sulit mendapatkan atau bukan tipe kamu. Namun, cukup yang takut akan Tuhan. Seperti apa orang yang takut Tuhan? Dengan cara tidak melakukan hal-hal yang memang dilarang dalam ajaranNya. 

Ketika seorang pasangan mampu membawa hidupnya taat kepada Tuhan, maka untuk menyakiti kamu dia akan berpikir ratusan kali. Soalnya, dia tak mau berbuat dosa dan kasih adalah kunci hidupnya. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Wajib Bahagia Dulu Sebelum Cari Pasangan, Jangan Lupa!

3. Pembuktian dari janji yang terucap 

5 Hal dalam Diri yang Seharusnya Ditonjolkan Saat Cari Pasangan!Ilustrasi kekasih bahagia (pixabay.com/StockSnap)

Hal yang dapat dipercaya dari manusia ialah perkataan dan perbuatannya. Sehingga, seseorang akan sangat menghargai kamu yang tidak hanya janji belaka, namun bisa membuktikan. Semenarik apa pun kamu, namun jika perkataannmu tak dapat dipegang, maka pasangan juga akan memilih pergi darimu. 

Maka dari itu, saat cari gebetan kamu harus membuktikan bahwa perkataan dan perbuatanmu itu sinkron. Lebih baik melakukan hal yang kecil, daripada berbicara yang besar namun tanpa perbuatan. 

4. Hubungan sosial yang baik dengan seluruh orang

5 Hal dalam Diri yang Seharusnya Ditonjolkan Saat Cari Pasangan!Ilustrasi persahabatan (pixabay.com/27707)

Hal ini sering dilupakan untuk diperhatikan. Ketika kamu ingin mengundang seseorang buat masuk ke dalam hidupmu, maka tak cukup hanya memberi citra diri yang positif, namun juga hubungan sosialmu yang baik. Pasalnya, ketika kamu punya hubungan baik kepada keluarganya bahkan orang lain, doi jadi bisa melihat bahwa kamu pribadi yang positif untuk dijadikan pasangan.

Namun, jika hanya fokus baik kepada pasangan namun orang sekitar menilai kamu adalah orang yang negatif, maka ini akan menimbulkan keraguan di hati pasangan untuk memilih kamu. 

5. Kehidupan profesional saat bekerja 

5 Hal dalam Diri yang Seharusnya Ditonjolkan Saat Cari Pasangan!Ilustrasi pria dan laptop (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Tidak penting seberapa gajimu, namun jika sikap kamu tidak profesional dalam bekerja, maka suatu saat juga perusahaan tidak akan mempertahankan kamu. Kenapa hal ini penting untuk ditonjolkan, karena dari cara kerja inilah yang akan menunjukkan kesejahteraan kamu di masa depan. 

Tentunya biaya pernikahan tidaklah murah. Hidup rumah tangga pun memiliki banyak pengeluaran yang harus ditanggung. Walau kamu dari orang kaya namun tak bijak dan profesional dalam mengelola keuangan, maka itu akan membuat hidupmu susah di masa depan.

 

Jadi, tak melulu soal fisik yang diperhatikan saat mencari jodoh. Namun, kelima hal di atas juga termasuk hal esensial yang perlu diperhatikan. Jangan sampai kamu kehilangan jodoh karena lalai dalam persiapannya, ya. 

Baca Juga: 5 Ciri Pasangan yang Lagi Jenuh Sama Kamu, Sadar dan Cari Solusinya!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya