Comscore Tracker

Ingat! Ada 5 Alasan Cinta Tak Menjamin Kelanggengan Hubungan

#IDNTimesLife Ternyata tidak cukup dengan cinta saja

Cinta memang merupakan alasan dari sebuah hubungan asmara yang tercipta. Setidaknya, sebagian besar hubungan pacaran atau pernikahan dilandasi oleh rasa cinta. Namun, ternyata cinta saja tak cukup mampu membuat hubungan itu bertahan lama. Hal inilah yang jarang disadari. 

Beberapa pasangan masih menganggap cinta adalah segalanya. Padahal, lima alasan logis ini akan membuktikan bahwa ada usaha lain yang diperlukan daripada sekadar cinta. Apa saja? 

1. Kadar cinta itu tak menentu, apalagi seiring bertambahnya usia hubungan 

Ingat! Ada 5 Alasan Cinta Tak Menjamin Kelanggengan Hubunganilustrasi pasangan cuek (pixabay.com/icsilviu)

Semua yang sudah memiliki pasangan pastinya setuju dengan hal ini. Pasangan kadang tak seromantis dan sepeduli seperti awal pacaran. Dulu diantar jemput, sekarang malah disuruh naik transportasi online sendiri. Ya, karena cinta bisa berkurang kadarnya.

Apalagi sudah tahu sikap jelek dari pasangan masing-masing. Maka, cinta jadi hal yang sering dilupakan oleh seseorang. Apakah kamu juga mengalami hal ini? 

2. Cinta ternyata tak menjamin kesetiaan 

Ingat! Ada 5 Alasan Cinta Tak Menjamin Kelanggengan Hubunganilustrasi selingkuh (pixabay.com/avi_acl)

Kesetiaan adalah suatu hal yang perlu diusahakan dan diputuskan dalam diri sendiri. Sedangkan, cinta hanya pengantar kamu untuk sampai di level setia. Ketika hanya cinta yang diutamakan, namun pasangan tidak setia juga percuma. Maka dari itu, banyak orang yang selingkuh tapi tak mau berpisah dengan pasangan resminya.

Itu semua karena dia sebenarnya cinta, namun hanya kurang setia. Maka dari itu, jika cinta terus yang diutamakan, maka hubungan juga bisa berakhir di tengah jalan. 

3. Ego kadang membuatmu lupa akan cinta

Ingat! Ada 5 Alasan Cinta Tak Menjamin Kelanggengan Hubunganilustrasi membentak (pixabay.com/Ashish_Choundary)

Ego akan muncul ketika kamu dan dia sedang marah serta bertengkar. Saat dulu, mengalah bisa dilakukan dengan mudah. Karena kadar cintanya masih tinggi. Namun, saat kadar cintanya berkurang, satu sama lain seolah tak mau kalah. Semuanya saling meninggikan ego dan tidak mau kalah.

Kalau begini terus kadar cinta bisa semakin berkurang. Sehingga bukan tak mungkin kata pisah bisa terucap berulang kali. 

Baca Juga: 5 Tips Menemukan Pasangan buat Kamu yang Sudah Mantap Menikah

4. Beberapa aspek dalam hidup tak bisa dicukupi hanya dengan cinta 

Ingat! Ada 5 Alasan Cinta Tak Menjamin Kelanggengan Hubunganilustrasi pasangan berbicara (pixabay.com/freestocks-photos)

Kamu pastinya perlu realistis, tak semua aspek hidup dalam lingkup hubungan ini bisa terpenuhi oleh cinta. Ada aspek finansial, karier, masa depan, yang tentunya butuh sesuatu yang lebih daripada cinta. Sehingga sikap yang seharusnya dikembangkan adalah saling menghargai dan mendukung pasangan.

Ketika perut lapar namun cinta tetap diutamakan, itu juga tak akan menyelesaikan masalah. Jadi walau sudah cinta, realita tetap perlu diperhatikan. 

5. Cinta tak berarti ketika tidak bisa menghargai 

Ingat! Ada 5 Alasan Cinta Tak Menjamin Kelanggengan Hubunganilustrasi perpisahan (pixabay.com/loilamtan)

Jika ditanya, kamu selalu bilang bahwa dia adalah orang yang paling kamu sayangi. Namun, semua itu percuma ketika nilai penghargaan sudah semakin tipis dalam hubungan. Nilai yang paling rentan hilang dalam sebuah hubungan yang dekat adalah nilai penghargaan. Maka dari itu, kamu tak bisa merasakan cinta ketika tidak menghargai pasangan. 

Jadi, walau diperlukan usaha yang ekstra, tetaplah menghargai pasanganmu. Tak peduli berapa lama hubungan sudah tercipta, rasa sungkan itu sesekali masih diperlukan. 

Cinta memang bisa jadi pondasi yang bagus untuk suatu hubungan. Namun, diperlukan variabel lain dalam hubungan yang harus dijaga dan diupayakan supaya tetap langgeng. Ibarat tanaman, dia tetap harus disiram air walau sudah memiliki akar. Jadi, maukah kamu mengupayakan untuk menjaga kelanggengan hubungan bersama pasangan?

Baca Juga: 5 Tips Harmonis untuk Tahun Pertama Pernikahan, Langgeng Terus!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya