Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Insecure Akibat Jomlo Terlalu Lama, Bisa Kok!

Jangan selalu mengutuk diri sendiri

Kadang, mendapat jodoh bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Terlepas dari menarik atau tidaknya, sudah mapan atau belum, nyatanya hal tersebut juga tidak bisa menjamin seseorang akan sulit atau mudah mendapat pasangan.

Nah, saat terlalu lama sendiri inilah, kadang perasaan insecure muncul. Lantas bagaimana ya cara menyikapinya? Berikut lima caranya. 

1. Jangan menyalahkan diri sendiri

5 Cara Mengatasi Insecure Akibat Jomlo Terlalu Lama, Bisa Kok!Ilustrasi kesedihan (pixabay.com/sreza24595)

Sering saat perasaan insecure muncul, kamu akan menyalahkan diri sendiri karena mungkin kurang menarik, kurang energik, kurang dan kurang. Padahal, belum tentu juga kamu kesulitan mencari pasangan karena kekuranganmu. 

Ada banyak faktor yang menghalangi kamu dalam memperoleh jodoh yang pas. Karena pastinya, tidak ada yang ingin gagal dalam hidupnya. 

2. Jangan sibuk galau, namun upgrade value

5 Cara Mengatasi Insecure Akibat Jomlo Terlalu Lama, Bisa Kok!Ilustrasi wanita karier (pixabay.com/PaulLeng)

Galau sesaat adalah hal yang wajar. Namun, jangan lupa untuk upgrade value yang kamu punya. Terus berusaha mengembangkan diri. Misalnya bekerja, membangun usaha, dsb. Buktikan bahwa di masa single ini kamu malah bisa berbuat banyak dan tidak malah nelangsa karena tak punya pasangan. 

Baca Juga: 5 Hal Istimewa yang Hanya Dirasakan Saat Masa Jomblo, Bebas!

3. Tetap berbuat baik kepada orang lain

5 Cara Mengatasi Insecure Akibat Jomlo Terlalu Lama, Bisa Kok!Ilustrasi menonton film (pixabay.com/Amitkrsocial)

Pernah dengar orang yang kelamaan sendiri itu terkenal dengan sikapnya yang jutek dan dingin? Nah, kamu jangan seperti ini, ya. Sekali lagi, bukan salah siapa-siapa jika sampai saat ini kamu masih sendiri. Sehingga jangan malah bersikap jutek kepada orang lain. 

Mereka yang berinteraksi denganmu, mungkin akan menjadi calon jodohmu. Sehingga tetap bersikap baik kepada setiap orang. 

4. Alihkan pikiran ke hal-hal yang membuat kamu lupa dengan rasa insecure itu

5 Cara Mengatasi Insecure Akibat Jomlo Terlalu Lama, Bisa Kok!Ilustrasi persahabatan (pixabay.com/27707)

Apa yang kamu sukai? Misalnya pergi jalan-jalan, bercengkrama dengan sahabat atau keluarga. Pokoknya jangan malah sibuk mengunci diri di kamar dan tenggelam dengan perasaan insecure tersebut. 

Keluarlah dan coba lawan perasaan negatif yang muncul dengan hal-hal yang membuat kamu senang atau bisa melupakan rasa itu. Karena pastinya jika sudah sibuk dan bekerja kembali, maka perasaan itu juga akan terlupakan dengan sendirinya. 

5. Tetap berusaha untuk membuka diri kepada orang lain

5 Cara Mengatasi Insecure Akibat Jomlo Terlalu Lama, Bisa Kok!Ilustrasi kencan (pixabay.com/vardansevan)

Tidak ada salahnya bertemu dan berkenalan dengan seseorang, selama mereka adalah orang yang positif dan tempat ketemuannya pun wajar. Sekali pun kamu dijodohkan, jangan menolak dulu. Kenalan dulu dan ngobrol dulu, siapa tahu doi merupakan kandidat yang baik. 

Perasaan insecure akibat lama menjomlo wajar saja terjadi. Namun, kamu sendirilah yang bertugas untuk melakukan perlawanan dari pikiran negatif tersebut. Supaya jangan larut dan malah membuatmu tidak sadar dengan kandidat yang baik. Semangat, ya. 

Baca Juga: Sabar, Ini 5 Cara Menghadapi Pasangan yang Gampang Insecure

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya