Comscore Tracker

5 Tanda Orang yang Hanya Kepo Sama Ceritamu, Bukan Mau Bantuin!

Kamu harus waspada sama orang seperti ini

Dalam menghadapi hidup ini, pastinya kamu akan menemukan banyak sekali masalah yang mungkin bisa membuat kamu kadang merasa lelah atau putus asa. Sekali lagi, masalah dalam hidup itu akan selalu ada. Kamu tidak akan pernah bisa menghindarinya. 

Nah, biasanya orang sekitar kamu seperti teman atau keluarga, bisa jadi tempat curahan hatimu. Namun, ini lho lima tandanya dia itu hanya kepo sama masalah kamu, bukan untuk membantu kamu menghadapinya. 

1. Dia terus memaksa kamu buat cerita

5 Tanda Orang yang Hanya Kepo Sama Ceritamu, Bukan Mau Bantuin!pixabay.com/StockSnap

Ada kalanya juga kamu perlu waktu buat sendiri. Tidak langsung bisa menceritakan apa yang jadi keresahan kamu sama orang lain. Namun, bedanya orang yang tulus mau membantu dan yang tidak, yang tidak ini justru akan semakin mendesak kamu untuk cerita. Bukannya menghargai waktu kesendirian kamu. Makanya kamu perlu waspada dengan orang tipe ini. 

2. Responsnya hanya "oh, terus, sabar, dan, ya ampun"

5 Tanda Orang yang Hanya Kepo Sama Ceritamu, Bukan Mau Bantuin!pixabay.com/Free-Photos

Sudah memaksa kamu untuk cerita, lalu resposnnya hanya 'oh', 'ya ampun', baik sedikit paling bilang 'sabar'. Tidak menawarkan solusi sama sekali. Yang bikin jengkel adalah karena kamu bukan pihak yang menceritakan lebih dahulu masalah kamu. Kecuali kalau kamu yang cerita duluan dan responsnya begitu, itu risiko kamu. Jadi, sudah kelihatan dia hanya kepo saja sama masalah kamu. 

Baca Juga: Stop Lakukan! 5 Tanda kalau Kamu Kelewat Kepo dengan Hidup Orang Lain

3. Menceritakan lagi masalah kamu itu ke orang lain

5 Tanda Orang yang Hanya Kepo Sama Ceritamu, Bukan Mau Bantuin!pixabay.com/448271

Yang lebih menyakitkan, dia itu menceritakan kembali masalah kamu kepada orang lain. Ya sudah jelas tujuan dia mencari tahu masalah kamu ya untuk diceritakan lagi kepada orang lain, sehingga bisa menciptakan gosip yang asyik buat dibahas. Kalau bisa sih kamu sudah menghindari orang tipe ini, ya. 

4. Tidak berupaya mencari tahu bagaimana kondisi kamu dalam menghadapi masalah itu

5 Tanda Orang yang Hanya Kepo Sama Ceritamu, Bukan Mau Bantuin!pixabay.com/Free-Photos

Reaksi lain yang ditunjukkan dari orang yang hanya kepo, dia juga tidak mencari tau bagaimana kondisi kamu dalam menghadapi masalah tersebut. Ya sudah habis mendengar cerita kamu dia hanya akan berlalu begitu saja. Orang yang simpati, pastinya akan menanyakan bagaimana keadaan kamu. 

5. Malah menyudutkan dalam masalah kamu sendiri

5 Tanda Orang yang Hanya Kepo Sama Ceritamu, Bukan Mau Bantuin!pixabay.com/TaniaVdB

Respons terakhir adalah malahan dia akan menyudutkan kamu dalam masalah kamu sendiri. Seakan-akan dialah yang paling benar dan berpengalaman dalam hidup. Sehingga melihat kamu dalam keadaan seperti ini, dia akan menceritakan pandangannya yang cenderung menyalahkan kamu. Ngeselin banget, 'kan?

Jadi, kamu harus pilih-pilih orang juga dalam menceritakan masalah yang kamu punya. Sekiranya orang itu menunjukkan lima tanda di atas, kamu perlu waspada sebelum menceritakan masalahmu. Apalagi jika masalah itu penting.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Hadapi Teman yang Suka Kepo sama Urusan Pribadimu

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya