Comscore Tracker

Ini Dia 5 Cara Merawat Kelanggengan Rumah Tangga Saat WFH!

Kerjaan lancar, rumah tangga bahagia

Mungkin kamu dan pasangan salah satu pegawai yang harus WFH kembali. Nah, banyak banget yang mengeluhkan sejak WFH, bawaannya malah ingin berantem, karena gak kebiasa ketemu sesering itu dalam seharian.

Padahal, di waktu ekstra ini harusnya kamu dan pasangan malah bisa pacaran lagi atau merawat cinta kalian. Gimana sih caranya? Yuk simak lima langkah berikut ini.

1. Tetaplah bekerja di lain ruangan

Ini Dia 5 Cara Merawat Kelanggengan Rumah Tangga Saat WFH!pixabay.com/ElenaBuzmakova_Borisova

Kenapa gak ciptakan suasana kalau sedang kerja ya di ruang masing-masing aja, kalau dalam kenyataannya jika satu ruang malah menimbulkan masalah? Ibaratnya kalian sedang ada di kantor masing-masing. Saat makan siang baru ketemu di ruang makan dan anggaplah pasangan pulang ke rumah buat istirahat. Tetap pisahkan pekerjaan dan urusan rumah tangga.

2. Setelah pekerjaan selesai buatlah kegiatan bersama

Ini Dia 5 Cara Merawat Kelanggengan Rumah Tangga Saat WFH!pixabay.com/Pexels

Istri masak, suami nonton tv. Istri bersih-bersih, suami main PS. Jangan begini ya. Usahakan buat aktivitas bersama setelah mungkin urusan kerjaan selesai. Mungkin aja beresin rumah sama-sama, atau mungkin ngopi di teras bersama. Jangan asyik dengan urusan sendiri-sendiri kayak anak kos.

Lalu, ciptakan obrolan yang tentang kalian berdua kalau bisa. Mungkin keintiman dan rencana nge-date berdua, so sweet, 'kan?

Baca Juga: 5 Pelajaran yang Bisa Dipetik dari WFH Bersama Anak, Boleh Minta Bantu

3. Buat diri tetap produktif apa pun aktivitasnya

Ini Dia 5 Cara Merawat Kelanggengan Rumah Tangga Saat WFH!pixabay.com/the5th

Biasanya orang paling banyak akan melakukan kesalahan kalau udah gak ada kerjaan. Contohnya aja, hal yang harusnya gak perlu dibahas malah dibahas dan ngritik kerjaan pasangan. Jadi, daripada membuat pasangan jadi marah, lebih baik buat kesibukan diri bersama, yang paling gampang ya nonton film berdua.

Kalaupun pasangan masih sibuk dengan urusah kerjaan, kamu bisa banget buat rancangan kegiatan setelah pasangan selesai dari kerjaannya. Ingat pokoknya, jangan bahas hal sensitif atau ngritik kinerja pasangan. 

4. Jangan biasakan pembagian tugas rumah jadi aturan mutlak

Ini Dia 5 Cara Merawat Kelanggengan Rumah Tangga Saat WFH!pixabay.com/99mimimi

Jadi, kamu berpikir tugas didik dan ngajarin anak sekolah ya tugas istri. Sedangkan pasangan juga merupakan wanita karier. Bagi tugaslah, apalagi kalau kamunya juga lagi senggang. Masak sih sama anak sendiri gak mau ngajarin? Saling cover aja, dan jangan kaku.

Kecuali kalau memang kamu gak menguasai bidang tertentu saat ngajarin anak, bolehlah minta tolong sama pasangan. Merawat anak bersama juga bisa jadi momen perekat hubungan, lho.

5. Jangan ragu buat bahas apa yang masih kurang selama kalian masih bekerja

Ini Dia 5 Cara Merawat Kelanggengan Rumah Tangga Saat WFH!pixabay.com/Vinotecarium

Salah satunya adalah kehidupan seksual. Ini bukannya jorok, tapi merupakan masalah serius yang juga menjadi elemen rumah tangga harmonis. Mungkin kamu dan dia bisa mencoba gaya bercinta yang baru dan juga sampaikan keluh kesah atau keinginan yang belum kesampaian. Tapi dengan cara yang gak menyalahkan dan juga gak usah malu. Toh, ini buat meningkatkan keharmonisan kalian berdua, bukan?

Momen WFH harusnya bisa membangkitkan kembali rasa cinta sepasang suami istri. Bukannya dulu waktu bertemu selalu ditunggu-tunggu? Lantas jangan sia-siakan kesempatan ini buat mempengaruhi hubungan kalian, ya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Mood di Pagi Hari agar WFH Terasa Menyenangkan

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya