Comscore Tracker

5 Hal Positif dari Mengenal Siapa Dirimu sebelum Melakukan PDKT

Biar tidak minder sama pasangan

Dalam proses PDKT, kamu pasti ingin menunjukkan segala sesuatu yang bisa membuat pasangan tertarik. Mulai dari bakat, karier, atau penampilan. Hal itu wajar, mengingat daya tarik memang diperlukan supaya dia mau kenalan sama kamu.

Namun, ada hal yang dilupakan, yaitu mengenal diri sendiri dulu. Ternyata jika sudah mengenal diri sendiri sebelum PDKT, lima hal ini akan kamu rasakan, lho.

1. Kamu tahu standar dirimu dalam diperlakukan oleh gebetan

5 Hal Positif dari Mengenal Siapa Dirimu sebelum Melakukan PDKTpixabay.com/Mireyaz02

Ini penting banget, lho. Ada yang saking bucinnya, sampai diperlakukan dengan buruk oleh pasangan juga dianggap biasa saja. Padahal, ini menyangkut harga dirimu sendiri. Tak peduli status sosialnya lebih tinggi, dia tetap tidak boleh berlaku semena-mena terhadapmu.

Lantas untuk apa memiliki pasangan, jika kamu hanya dijadikan sarana perlakuan yang tidak baik. Dengan mengetahui nilai dirimu, maka kamu punya standar untuk diperlakukan oleh orang, termasuk calon gebetan. 

2. Tidak akan terlalu bucin

5 Hal Positif dari Mengenal Siapa Dirimu sebelum Melakukan PDKTpixabay.com/pixel2013

Dengan tahu siapa dirimu, pastinya kadar mencintai diri sendiri akan lebih meningkat. Sehingga, istilah bucin tidak akan ada di kamus kamu. Karena dirimu lebih penting dan juga sebagai pemegang segala hal.

Bukan pasangan yang membahagiakan. Namun itu semua ada dalam keputusan dirimu sendiri. Kamu bisa mencintai. Namun sewajarnya saja.

Baca Juga: Gak Akan Ditolak, 5 Modal Wajib Saat PDKT dengan Seseorang

3. Mengetahui banyak hal yang ternyata juga harus dikejar dalam hidup

5 Hal Positif dari Mengenal Siapa Dirimu sebelum Melakukan PDKTpixabay.com/StockSnap

Tidak hanya masalah jodoh, namun juga banyak hal yang ternyata harus kamu kejar. Karier, membahagiakan keluarga, dsb. Itu semua butuh tenaga dan juga waktu dalam persiapan. Kalau kamu hanya fokus menyiapkan penampilan, pamer foto di medsos, maka kamu tidak akan sadar bahwa hidup bukan hanya sekadar masalah cari pasangan.

4. Mengetahui kriteria pasangan yang sekiranya cocok buatmu

5 Hal Positif dari Mengenal Siapa Dirimu sebelum Melakukan PDKTpixabay.com/Free-Photos

Dengan tahu siapa dirimu, akhirnya kamu menyadari butuh pasangan yang seperti apa supaya pas dan melengkapi dirimu. Ingat, cari pasangan bukan untuk mengubah, namun untuk menyempurnakan hal yang sudah ada dalam dirimu. 

5. Tidak akan takut ditinggal oleh pasangan

5 Hal Positif dari Mengenal Siapa Dirimu sebelum Melakukan PDKTpixabay.com/DanaTentis

Orang yang sudah mengenal dirinya, kemampuan dirinya, maka akan lebih kuat dihadapkan pada perpisahan. Bisa karena apa saja, perceraian, atau maut sekali pun. Karena kamu akan sadar betul segala potensi dan nilai diri yang sudah tertanam. Adanya pasangan hanya untuk menyeimbangi. Jadi, walau harus berpisah, kamu tidak akan terlalu khawatir. 

Intinya disini adalah kamu dan dirimu. Jika sudah mengenal sampai dalam, maka kamu tidak akan khawatir akan hal-hal remeh seperti kapan punya pacar, dsb. Biarkan dirimu berkembang, jodoh akan mengikuti. 

Baca Juga: 5 Makna Tersirat Penyebab Jodohmu Belum Tiba, Tuhan Tahu yang Terbaik!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya