Comscore Tracker

5 Penyebab yang Membuat Hubungan Percintaan Tidak Berkembang

Perhatikan demi kelangsungan hubunganmu!

Hubungan asmara ibaratnya sebuah tanaman. Memang tanaman itu bisa tumbuh dengan sendirinya. Namun, hasilnya pasti beda jika kamu sendiri yang merawat, memberi pupuk, dan menyiraminya. Pertumbuhannya bisa kamu lihat dan awasi. Sehingga hasilnya pun akan baik dan lebih terawat dibanding tanaman liar.

Begitu juga dengan hubungan percintaan. Rata-rata orang mengeluhkan hubungannya stuck, tidak berkembang dan hanya jalan di tempat. Lantas, apa saja penyebab dari semua ini? Mari simak pembahasannya, supaya kamu bisa dapat solusinya. 

1. Tidak memiliki tujuan dalam menjalani percintaan 

5 Penyebab yang Membuat Hubungan Percintaan Tidak Berkembangilustrasi pasangan (pixabay.com/MabelAmber)

Mungkin kamu pribadi memiliki tujuan saat pertama memulai hubungan asmara. Tapi, apakah hal itu sudah kamu utarakan sama pasangan? Biasanya sih hanya kamu pendah sendiri. Akhirnya tujuan pasangan dalam menjalin hubungan tidak kamu ketahui. Lantas, jika begini terus kapan akan berkembangnya?

Maka dari itu walau terkesan terlambat, cobalah untuk duduk dan utarakan tujuan sebenarnya dirimu menjalin hubungan dengannya. Jika memang sudah satu tujuan, maka masih bisa diselamatkan. Jika berbeda, rasanya kamu harus mulai waspada. 

2. Tidak ada keterbukaan di antara kedua pihak

5 Penyebab yang Membuat Hubungan Percintaan Tidak Berkembangilustrasi pasangan (pixabay.com/Free-Photos)

Jika memang tujuannya sudah sama, yakni pernikahan maka selanjutnya masalah yang terjadi adalah tidak adanya keterbukaan. Dirimu dan dia mungkin merasa sudah saling mengenal. Namun, kenal bukan berarti terbuka akan semua hal. Pastinya ada masalah yang membuat pasangan jadi tak kunjung membahas pernikahan. 

Bisa saja ada luka masa lalu atau trauma yang belum pasangan sampaikan atau dirimu sampaikan. Sehingga hubungan jadi terasa stuck karena ada ganjalannya. Hal ini harus segera digali dan dikemukakan. Jangan sampai membuang waktu lebih lama lagi, karena pastinya pasangan harus bisa mengerti yang jadi kendala dirimu dan ini butuh waktu juga. 

Baca Juga: 5 Tanda Hatimu Sudah Mantap Jalin Hubungan Percintaan yang Baru

3. Terlalu sibuk dengan urusan masing-masing 

5 Penyebab yang Membuat Hubungan Percintaan Tidak Berkembangilustrasi pasangan (pixabay.com/pasja1000)

Biasanya hal yang menjadi penyebabnya adalah masalah karier dan pekerjaan. Memang tak dapat dimungkiri, dalam sehari pekerjaanmu atau profesi dirimu yang akan mendominasi hidupmu. Apalagi jika kamu sedang meniti karier dan hendak mencapai target yang kamu inginkan. 

Alhasil, masalah hubungan dengan kekasih jadi kamu lupakan. Ditambah, pasangan juga sibuk mengejar karier. Jadinya setiap kali kencan itu hanya dianggap hiburan untuk melepas stres semata. Padahal, jika hubungan mau berkembang, hal ini juga harus dibicarakan dan masuk dalam prioritas. 

4. Isu restu orangtua 

5 Penyebab yang Membuat Hubungan Percintaan Tidak Berkembangilustrasi keluarga (pixabay.com/miltonhuallpa95)

Selanjutnya yang mungkin bisa menjadi penyebab hubungan asmara tak maju-maju adalah isu restu orangtua. Mungkin kamu masih bergelut dengan restu orangtua. Orangtua masih belum memberikan restunya. Padahal, kamu sudah yakin bahwa dia memang jodoh terbaik dari Tuhan.

Namun, bicara restu adalah masalah yang sangat sensitif. Karena restu Tuhan turun lewat restu orangtua. Jika ada hal yang membuat orangtua tidak setuju, maka perbaiki hal tersebut. Buktikan, bahwa kalian mampu. Jika sudah tak direstui dan kalian berhenti berjuang, pantas hubungan akan semakin stuck

5. Perbedaan visi yang mencolok

5 Penyebab yang Membuat Hubungan Percintaan Tidak Berkembangilustrasi pasangan (pixabay.com/pasja1000)

Terakhir adalah perbedaan visi. Karakter boleh saja berbeda. Namun, masalah visi ini adalah hal yang harus sama. Tak peduli apa pun kondisinya, sebagai pasangan kamu harus sevisi dengan dia. Tapi, memang tidak mudah untuk menyamakan visi. Ketika hal ini dibiarkan begitu saja, maka hubungan akan terancam. 

Mau tidak mau, kamu dan dia harus duduk dan mencari jalan tengah supaya satu visi. Jika hal ini tak kunjung dilakukan, maka dikhawatirkan hubunganmu dan dia akan sia-sia. Karena bagaimana mau menikah, jika tujuan hidupnya berbeda?

 

Jadi, jika memang kamu dan dia memiliki persoalan di atas, segera selesaikan, ya. Jangan sampai membuang waktu, karena umur terus berjalan. Jika memang tidak bisa, lebih baik berpisah dan mencari orang yang baru, daripada dipaksakan.

Baca Juga: 5 Tanda jika Kamu Sangat Tegas dalam Menjalin Hubungan Percintaan

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya