Comscore Tracker

5 Renungan Bagi Kamu yang Ngotot Bertahan di Hubungan yang Toxic

Tergantung kamu, tapi simak hal-hal ini

Walau udah banyak materi tentang toxic relationship, tapi gak sedikit juga orang yang gak bisa lepas atau berani ambil keputusan buat meninggalkan pacar yang sebenarnya toxic.

Mungkin bukan gak mau, tapi ada alasan atau mungkin juga ada ancaman tertentu jika mereka meninggalkan pacarnya. Namun, yuk renungkan lima hal ini jika kamu masih bertahan dalam toxic relationship.

1. Orangtuamu gak membesarkanmu untuk disia-siakan oleh orang lain

5 Renungan Bagi Kamu yang Ngotot Bertahan di Hubungan yang Toxicpixabay.com/TheVirtualDenise

Orangtua kamu susah payah lho, dalam melahirkan, merawat, menyekolahkan dan menididik kamu supaya jadi orang yang baik dan nantinya bisa bahagia. Tentu gak ada orangtua yang mau lihat anaknya sengsara. Apalagi sama orang yang baru masuk dalam hidup anaknya. Hancur banget pasti hati mereka kalau kamu menyia-nyiakan waktu hidupmu yang berharga hanya demi orang yang toxic.

2. Ada jodoh yang jauh lebih baik dan bisa menerima kamu apa adanya

5 Renungan Bagi Kamu yang Ngotot Bertahan di Hubungan yang Toxicpixabay.com/StarFlames

Jangan takut, sehancur dan serusak apapun masa lalu kamu karena pernah bersama orang yang toxic, jika kamu punya keberanian, dan mau berubah pasti, deh ada yang mau menerima kamu dengan lapang dada. Jadi gak perlu berpikir "masih ada gak ya yang mau sama kamu karena kamu punya embel-embel yang gak enak di masa lalu?". Justru, jika kamu cepat mau bertobat dan memerdekakan dirimu, jodoh yang baik akan segera datang.

Baca Juga: 5 Langkah Menyembuhkan Luka Diri dari Toxic Relationship dan Survive!

3. Kejar perkenanan Tuhan dalam hidupmu

5 Renungan Bagi Kamu yang Ngotot Bertahan di Hubungan yang Toxicpixabay.com/Pexels

Pernah gak kamu tanya sama Tuhan apa sih yang Tuhan mau dalam hidup kamu? Kamu ini mau dijadikan apa sama Tuhan? Cobalah sekali-kali merenungkan ini. Apa pun itu jawabannya, Tuhan tentu gak mau kamu tenggelam dan hanyut di hubungan yang toxic.

Ada rencana yang lebih baik dan lebih indah, jika kamu mengejar perkenanan Tuhan dan gak menyia-nyiakan hidup. Kalau kamu berusaha patuh sama Tuhan, apa sih yang Tuhan gak kasih buatmu? 

4. Waktumu terus berjalan dan gak akan terulang kembali

5 Renungan Bagi Kamu yang Ngotot Bertahan di Hubungan yang Toxicpixabay.com/cocoparisienne

Terjebak di toxic relationship itu bukan salahmu. Namun, jika terlalu lama terjebak di dalamnya, itu jadi masalah buatmu. Soalnya umur itu, 'kan jalan terus. Kamu aja bisa kehilangan banyak hal dalam satu jam. Bayangkan kalau kamu betah aja di hubungan yang toxic selama bertahun-tahun. Jodoh yang sebenernya buat kamu malah akan lama datangnya. 

5. Dia bukan orang baik yang pantas dapat orang hebat seperti kamu

5 Renungan Bagi Kamu yang Ngotot Bertahan di Hubungan yang Toxicpixabay.com/Mylene2401

Udah deh orang yang sering buat kamu sakit hati, ngerendahin kamu, dan buat kamu serasa harus bertahan walau banyak luka saat bersamanya, dia bukan orang baik! Camkan itu dan ingat dalam pikiranmu. Cinta yang baik itu bawa kebahagiaan, kedamaian. Gak ada rasa sakit apalagi perendahan martabat sebagai manusia. Jadi, ayo segera sadar kalau kamu terlalu baik buatnya.

Sekecil apa pun bakat dan latar belakangmu, kamu tetap manusia berharga yang pantas bahagia dan dapat yang terbaik. Jadi, jangan biarkan seorangpun merusak hal ini dan buat kamu jadi terus menderita. Ada pasangan yang jauh lebih baik dari padanya yang toxic melulu. 

Baca Juga: 5 Pemikiran Ini Menegaskan Jika Kamu Pasrah Jadi Korban Hubungan Toxic

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya