Comscore Tracker

Ingin Cari Pasangan Online? Ini 5 Risiko yang Harus Siap Kamu Hadapi

Apakah semudah itu pakai aplikasi dating? #IDNTimesLife

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan kamu mencari apa saja lewat internet. Termasuk pasangan hidupmu. Online dating rasanya sudah tidak asing bagi manusia millenial. Karena kesibukan atau pergaulan yang sempit, aplikasi pencari pasangan online ini masih jadi pilihan.

Namun, ada lima risiko yang harus siap kamu hadapi jika ingin menggunakan aplikasi dalam mencari pasangan. Apa saja, ya? 

1. Foto profil tidak sesuai dengan wajah aslinya

Ingin Cari Pasangan Online? Ini 5 Risiko yang Harus Siap Kamu HadapiIlustrasi foto (pixabay.com/Pexels)

Apa saja berkembang di zaman modern ini. Termasuk foto dan teknologinya. Sering kali kamu terkecoh melihat foto pasangan yang sangat menawan. Namun, yang harus kamu ingat, ini adalah dunia maya. Jangan langsung percaya saja dengan foto seseorang.

Usahakan video call atau jika sudah cocok dan kenal cukup lama, ketemuan secara langsung. Jika berbeda jauh dengan fotonya, maka itu adalah risiko yang harus kamu tanggung.

2. Banyak yang hanya menginginkan one night stand

Ingin Cari Pasangan Online? Ini 5 Risiko yang Harus Siap Kamu HadapiIlustrasi hubungan sementara (pixabay.com/StockSnap)

One night stand ini tidak hanya harus selalu bertemu fisik, namun juga secara virtual. Maka dari itu jangan sampai kamu mengirimkan foto yang tidak-tidak kepada calon gebetan online. Jangan sampai hanya gara-gara ingin punya pasangan, kamu jadi rela melakukan segalanya dan berujung merugikan diri sendiri.

Baca Juga: 5 Tips PDKT Online yang Bisa Kamu Lakukan, Gak Pakai Dating Apps!

3. Nomor teleponmu disimpan dengan beraneka ragam namanya

Ingin Cari Pasangan Online? Ini 5 Risiko yang Harus Siap Kamu HadapiIlustrasi ponsel (pixabay.com/fancycrave1)

Saat ini ada aplikasi yang bisa melacak nomormu ini disimpan dengan nama apa saja. Jadi, jika kamu sembarangan dalam memberikan nomor telepon, bisa saja nomormu disimpan dengan nama yang tidak senonoh. Bahayanya, jika ingin mencari pekerjaan, HRD bisa saja melacak nomormu. Ngeri juga, ya?

4. Saingan juga semakin banyak

Ingin Cari Pasangan Online? Ini 5 Risiko yang Harus Siap Kamu HadapiIlustrasi bermain ponsel (pixabay.com/pasja1000)

Aplikasi online dating ini memungkinkan kamu terhubung dengan banyak orang dari banyak tempat dan banyak negara. Sehingga kamu tidak dapat benar-benar memastikan hanya kamulah yang dekat dengannya. Ini berarti, sainganmu juga lebih banyak dan kamu tidak bisa benar melacak siapa mereka. 

5. Rentan terjadi ghosting

Ingin Cari Pasangan Online? Ini 5 Risiko yang Harus Siap Kamu Hadapiilustrasi kesedihan (pixabay.com/StockSnap)

Karena berawal dari online, bisa saja orang yang sangat ramah di-chatting tidak selalu akan memberikanmu kepastian hubungan. Yang sudah ketemuan saja bisa gagal dan menghilang begitu saja. Karena dari sekian banyak orang pengguna aplikasi ini, kamu tidak bisa menentukan yang mana yang serius dan yang cuma iseng.

Boleh saja menggunakan aplikasi online dating. Namun, ini hanya sebagai jembatan untuk mengenal seseorang. Menilai karakter seseorang harus dilakukan dengan pertemuan langsung. Jadi, hati-hati jika ingin menggunakan online dating

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Online Dating Supaya Tetap Aman

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya