Comscore Tracker

Terakhir Banget! 6 Hal Ini Perlu Dicek Sebelum Terima Lamaran Doi

Agar pernikahan tak membawa penyesalan

Pernikahan merupakan impian bagi sebagian besar masyarakat yang besar di budaya timur, termasuk Indonesia. Tapi tak jarang, pernikahan juga membawa kesedihan mendalam tatkala kalian salah memilih pasangan hidup.

Agar meminimalisir kalian salah memilih, berikut enam hal terakhir yang harus kalian checklist sebelum menerima lamarannya dan mau menikah dengannya.

1. Gak ada utang bawaan dari masing-masing

Terakhir Banget! 6 Hal Ini Perlu Dicek Sebelum Terima Lamaran Doipixabay.com/sajinka2

Hal ini penting untuk diketahui masing-masing pasangan sebelum akhirnya menikah. Bukan apa-apa, utang bisa jadi penyebab retaknya biduk rumah tangga. Jadi, kalian wajib tau utang pasangan ada atau tidak. Mulai dari cicilan rutin seperti rumah, mobil atau kartu kredit. Jangan sampai setelah resmi menikah, kalian kaget debt collector sering datang ke rumah dan kalian ikut menanggung utang pasangan. 

2. Cek tentang riwayat penyakit yang bisa jadi halangan

Terakhir Banget! 6 Hal Ini Perlu Dicek Sebelum Terima Lamaran Doipixabay.com/delphinmedia

Sebelum resmi menikah, ada baiknya untuk kalian sama-sama melakukan tes kesehatan. Pastikan kalian sama-sama sehat dan gak memiliki penyakit yang berpotensi menularkan kepada pasangan. Ini penting lho, karena siapa sih orang yang mau sakit dan tertular penyakit? Maka dari itu ada baiknya kalian sama-sama tau mengenai kondisi kesehatan, agar tidak menyesal setelah terlanjur bersumpah.

3. Keluarga masing-masing masih harus di-support atau tidak

Terakhir Banget! 6 Hal Ini Perlu Dicek Sebelum Terima Lamaran Doipixabay.com/pyou93

Hal ini juga tak kalah pentingnya. Keuangan adalah hal sensitif bagi setiap rumah tangga. Kalau hartanya berlimpah sih gak masalah, namun kalau pas-pasan tapi harus tetap menanggung biaya keluarga masing-masing kan akan jadi masalah. 
Misal, suami masih menanggung biaya kuliah adiknya. Maka kalian sebagai calon istrinya bersedia gak uang gaji suami terpotong untuk biaya kuliah adik ipar. Jangan sudah terlanjur menikah, dan masalah ini jadi penyebab kalian tidak harmonis di kehidupan rumah tangga.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Kamu Renungkan sebelum Menerima Lamaran

4. Rekapan tabungan setelah acara pernikahan

Terakhir Banget! 6 Hal Ini Perlu Dicek Sebelum Terima Lamaran Doipixabay.com/justynafaliszek

Lakukan perincian secara detail uang yang kalian miliki setelah melakukan serangkaian adat pernikahan timur. Yakni, akad nikah atau pemberkatan nikah dan juga resepsi. Apakah uang tabungan masih cukup untuk hidup selanjutnya? Jangan pikir uang amplop resepsi. Karena gak jaminan uang modal resepsi akan balik modal. Maka, penting untuk kalian menyisihkan biaya untuk hidup selama beberapa bulan ke depan, setelah resepsi.

5. Rencana mengenai kapan dan berapa anak yang diinginkan

Terakhir Banget! 6 Hal Ini Perlu Dicek Sebelum Terima Lamaran Doipixabay.com/estebantroncosofoto0

Ini berkaitan dengan tes kesehatan yang jadi syarat sebelumnya. Jika diketahui ada masalah kesuburan di antara pasangan, maka langkah apa yang bisa diambil dan siap gak untuk tetap setia? Maka perlu didiskusikan mengenai jumlah anak dan juga keputusan untuk punya anak atau tidak. Percayalah ketika kalian punya angka yang berbeda, maka akan jadi masalah di kemudian hari.

6. Adakah larangan atau batasan berkarier setelah menikah?

Terakhir Banget! 6 Hal Ini Perlu Dicek Sebelum Terima Lamaran Doipixabay.com/nastya_gepp

Seyogyanya wanita selalu mengalah dalam karier karena tugas suamilah yang harus bekerja cerdas mencari nafkah keluarga. Namun, bagi wanita yang terbiasa dengan dunia karier, dan memang passion-nya di situ, larangan berkarier malah akan jadi masalah. Maka perlu didiskusikan lagi apakah karier boleh tetap atau ada batasan tertentu. 

Pokoknya kalian wajib berbahagia atas kehidupan pernikahan yang sudah kalian pilih, ya. Sepakati dan kompromikan semuanya dari awal biar gak ada penyesalan di belakangnya. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Menerima Lamaran Pacarmu

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya