Comscore Tracker

5 Tanda Ini Sudah Kelihatan Sedari Pacaran? Jangan Keburu Nikah!

#IDNTimesLife Kamu sadar akan hal ini gak?

Pacaran merupakan fase yang normal dijalani sebelum akhirnya kamu dan dia yakin untuk menuju ke hubungan yang lebih serius yakni pernikahan. Nah, dari pacaran inilah kamu bisa sedikit banyak menilai bagaimana sikap dan karakter calon pasangan hidup.

Namun, ternyata lima hal ini sudah bisa kamu rasakan sedari pacaran, lho. Supaya kamu tidak buru-buru menikah dan menyesal, yuk simak pembahasannya.

1. Sikap kasar atau tempramen 

5 Tanda Ini Sudah Kelihatan Sedari Pacaran? Jangan Keburu Nikah!ilustrasi hubungan toksik (pixabay.com/Tumisu)

Sikap ini biasanya sering muncul ketika dia sedang dibuat marah. Tidak harus kamu penyebabnya, namun dengan orang lain juga. Reaksinya begitu berlebihan bagi ukuran orang normal. Karena langsung naik darah dan bisa marah-marah seketika.

Hal ini pastinya sudah bisa kamu rasakan dari sejak pacaran. Bukan tidak mungkin di kemudian hari dia juga bisa bersikap demikian kepada kamu. 

2. Setia atau tidak

5 Tanda Ini Sudah Kelihatan Sedari Pacaran? Jangan Keburu Nikah!ilustrasi perselingkuhan (pixabay.com/avi_acl)

Percayalah bahwa pernikahan tidak akan bisa mengubah sikap dan karakter seseorang. Take it or leave it. Jadi kamu kalau sudah jadi korban perselingkuhan dia berkali-kali, jangan pikir dengan menikahinya, dia akan berubah. 

Selingkuh sekali mungkin bisa dimaafkan. Namun jika ketahuan berkali-kali maka dia tidak ada penyesalan dan memang karakternya sulit untuk setia. Jangan dibantah lagi.

3. Tidak bijak dalam mengelola keuangan

5 Tanda Ini Sudah Kelihatan Sedari Pacaran? Jangan Keburu Nikah!ilustrasi mesin ATM (Pixabay.com/jarmoluk)

Coba lihat sedari pacaran apakah dia sering dikejar utang kartu kredit, dsb? Kalau ia, berarti dia ini belum bijak dalam mengelola keuangannya. Hal ini tentunya berbahaya jika sampai dibawa ke dalam hidup pernikahan. 

Karena kehidupan finansial dalam rumah tangga akan semakin besar. Biaya hidupnya juga akan bertambah. Jika calon pasanganmu tidak bijak dalam mengelola keuangan, maka seberapa banyak penghasilan pun, itu tidak akan berguna. 

Baca Juga: 5 Tips Pernikahan Langgeng dan Bahagia, Pilih Pasangan yang Tepat!

4. Cara dia bekerja

5 Tanda Ini Sudah Kelihatan Sedari Pacaran? Jangan Keburu Nikah!ilustrasi suasana kerja (pixabay.com/Free-Photos)

Lihat cara dia bekerja. Malas atau tidak, suka korupsi waktu di kerjaan atau tidak, jujur, atau bisa bertanggung jawab? Kalau semua jawaban ia, maka dapat dipastikan dia adalah calon pasangan yang baik. 

Namun, jika dia bukan pekerja yang baik, maka rasanya sangat berbahaya jika menjadikan dia sebagai pasangan hidupmu. Karena salah-salah dia bisa kehilangan pekerjaan dan bisa mengganggu perekonomian keluarga.

5. Bisa membimbing kerohanian atau tidak

5 Tanda Ini Sudah Kelihatan Sedari Pacaran? Jangan Keburu Nikah!ilustrasi berdoa (pixabay.com/congerdesign)

Yang terakhir dan tak kalah penting adalah bisa atau tidak dia membimbing kerohanian keluarga saat sudah menikah nanti. Karena sebaik apa pun dia, jika dia tidak punya sikap takut akan Tuhan, maka hidup pasti serasa tanpa tujuan dan batasan.

Sikap takut akan Tuhan ini bisa dicerminkan lewat orang yang tak melakukan kejahatan terhadap orang lain dan tidak mendekati medan dosa.

Jadi, kelima tanda di atas pasti sudah bisa kamu rasakan sedari pacaran. Yuk, buka mata lebar dan nilai dia tanpa kamu campur adukkan dengan cintamu. Karena sikap dan karakternya yang akan membuatmu bertahan lama dengannya.

Baca Juga: 5 Tanda Hubungan Pernikahan yang Bahagia, Pastikan Kamu Termasuk!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya