Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sudah Move On, Bukan Berarti Lupa Masa Lalu, Lho

Jangan biarkan dirimu kehilangan kendali

Pengalaman memang bisa menjadi guru yang berharga bagi setiap manusia. Setiap fase kehidupan pasti memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Biasanya trauma akan masa lalu itu yang akan membekas dan kadang menjadi penghalang untuk melangkah maju. Sekarang yuk sama-sama memeriksa diri masing-masing, apakah kamu sudah move on dari masa lalu atau belum, lewat lima tanda berikut ini.

1. Bisa membicarakan masalah itu tanpa terbawa emosi kembali

5 Tanda Kamu Sudah Move On, Bukan Berarti Lupa Masa Lalu, Lhoilustrasi pasangan (pixabay.com/BigbrotherBB)

Tanda pertama adalah kamu secara sadar atau tidak, bisa menceritakan kembali masalah yang pernah dilewati. Namun anehnya, dirimu sudah tak emosi lagi, sedih lagi, atau sebagainya. Kamu dapat dengan gamblang menceritakan rangkaian peristiwa dengan runtut kepada orang lain yang mungkin sedang melewati masalah yang sama sepertimu. 

Hal inilah yang kemudian menjadi tanda bahwa kamu sudah bisa melewati rasa sakit dari masalah tersebut. Hal ini bisa saja kamu sadari atau tidak. Karena prosesnya ini akan tersamarkan dengan aspek hidup lain yang tetap akan berjalan dan berdinamika dengan kehidupan setelah kamu melewati masalah tersebut. 

2. Bisa menertawakan masalah yang pernah dilewati tersebut 

5 Tanda Kamu Sudah Move On, Bukan Berarti Lupa Masa Lalu, Lhoilustrasi menelepon (pixabay.com/mahbubhasan2550)

Tak saja sudah tak merasa sedih lagi, bahkan kamu sudah bisa menertawakan masa lalu tersebut. Emosi yang timbul justru kelucuan bahkan heran tentang reaksimu pada saat menghadapi masa lalu tersebut. Sehingga kamu cenderung bisa menertawakannya di masa sekarang ini.

Karena tentunya, setiap manusia bisa belajar dari pengalaman. Pengalaman ini pula yang akan mengajarkan kedewasaan terhadap pola pikir manusia. Maka dari itu, kadang kamu bisa menertawakan masa lalu saat sedang kembali membahas atau berbagi pengalaman. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Putus Hubungan Baik-baik Bikin Susah Move On

3. Tak perlu lagi berusaha membuang semua kenangan yang berhubungan dengan masalahnya

5 Tanda Kamu Sudah Move On, Bukan Berarti Lupa Masa Lalu, Lhoilustrasi membaca buku (pixabay.com/josephredfield)

Misalnya saja saat kamu sedang merasa dikhianati oleh pasangan, maka pasca kejadian, kamu pasti berusaha untuk menyingkirkan semua hal yang berhubungan dengan pasangan. Bisa membakar fotonya, membuang barang pemberiannya dan sebagainya. Ini karena kamu masih sangat merasakan sakit.

Tetapi jika dirimu benar-benar sudah move on, maka kamu tidak akan keberatan jika harus datang ke tempat dimana biasanya dulu kamu pacaran, melihat barang mantan yang masih tersisa, dan sebagainya. Karena bagimu barang atau tempat tersebut sudah menjadi hal yang biasa saja, tanpa perlu mengingat kejadian masa lalu.

4. Tidak lagi menanyakan kenapa peristiwa tersebut perlu terjadi 

5 Tanda Kamu Sudah Move On, Bukan Berarti Lupa Masa Lalu, Lhoilustrasi kesedihan (pixabay.com/1388843)

Biasanya manusia ketika memiliki masalah yang mungkin dirasa sangat berat, akan bertanya kepada Tuhan dan diri sendiri, kenapa hal tersebut perlu terjadi. Rasanya, mengapa dari sekian banyak orang di dunia, kamu yang dipilih oleh Tuhan untuk melewati masalah tersebut. Hal ini adalah reaksi yang wajar ketika kamu sedang berusaha melewati masalah itu.

Tetapi ketika dirimu sudah move on, pertanyaan itu sudah tidak lagi menghantui pikiranmu. Artinya, mentalitas korban sudah hilang dari dalam dirimu. Kamu sudah tak menyalahkan siapa pun, atas kejadian yang menimpa dirimu. Jadi, kehidupan saat ini pun jauh lebih bahagia tanpa dendam sedikit pun. 

5. Dapat memetik hikmah dan pelajaran dari masalah tersebut 

5 Tanda Kamu Sudah Move On, Bukan Berarti Lupa Masa Lalu, Lhoilustrasi kesedihan (pixabay.com/goodinteractive)

Yang terakhir adalah kamu bahkan sudah bisa memetik hikmah dan merangkai jalinan peristiwa akibat masalah tersebut. Mungkin saja kamu malah menemukan anugerah setelah berhasil melewati masalah. Karena biasanya masalah itu bisa membuat kamu berpikir lebih kreatif dalam keterpaksaan. 

Misalnya, ketika dirimu dipecat tanpa alasan dari sebuah perusahaan. Di situasi yang masih membutuhkan pemasukan itu, akhirnya kamu berpikir untuk membuka usaha dan bisa berkembang hingga sekarang. Di sini kamu bisa belajar bahwa kalau tidak dipecat dulu, mungkin kamu saat ini masih jadi karyawan biasa dan tak bisa membuka lapangan pekerjaan.

Jadi, move on bukan berarti kamu lupa bahwa masalah yang sangat besar itu pernah terjadi dalam hidupmu. Tetapi, move on itu terlihat dari bagaimana kamu bereaksi saat ini. Jika sudah bisa mengambil hikmah dan menertawakan masa lalu, berarti dirimu sudah bisa menerima dan berhasil move on. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kegiatan untuk Move On setelah Putus, Pergi Traveling!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya