Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Gebetan yang Terlalu Cepat Minta Komitmen, Catat!

Jangan sampai kamu akhirnya salah memilih juga

Menjalani hubungan PDKT merupakan hal yang wajar dalam asmara. Bahkan, bisa dibilang masa PDKT itu adalah masa yang cukup sulit karena di sini semua hal jadi bahan penilaian satu sama lain. Sering juga sudah PDKT tapi akhirnya tidak jadian. Hal ini disebabkan karena semua hal masih abu-abu dan dirimu cenderung pemilih.

Tapi, ada beberapa kasus PDKT dimana gebetan rasanya ingin cepat menjalani komitmen sama kamu. Bukannya tidak bagus, tapi lima tips ini bisa membantu kamu saat harus menghadapi gebetan yang demikian, supaya tidak salah melangkah. 

1. Cari tahu dulu kenapa dia terkesan ingin cepat berkomitmen 

5 Tips Menghadapi Gebetan yang Terlalu Cepat Minta Komitmen, Catat!ilustrasi kencan (pixabay.com/StockSnap)

Kamu harus tahu dulu penyebab seseorang itu sangat ingin berkomitmen denganmu. Apakah dia sudah terlalu lama sendiri, atau hanya karena dia merasa banyak kesamaan dalam dirimu. Semua itu bisa menentukan bagaimana kamu bersikap dengannya. 

Jika dia terlalu lama sendiri, kamu yakinkan dulu bahwa PDKT adalah proses yang baik untuk mengenal satu sama lain. Jadi jangan terburu-buru dan jangan khawatir kalau dirimu akan pergi.

Jika dia memang merasakan banyak kesamaan, atau mungkin kalian mengawali hubungan dengan seks, hal ini perlu diperhatikan. Karena biasanya nafsu yang mendominasi di bagian ini. Jadi, coba ketahui penyebabnya dan yakinkan supaya mau mengikuti proses.

2. Jalin komunikasi yang intens dengannya

5 Tips Menghadapi Gebetan yang Terlalu Cepat Minta Komitmen, Catat!ilustrasi gawai (pixabay.com/StockSnap)

Dia yang terlalu cepat ingin berkomitmen menandakan bahwa dirinya sudah menyukai dirimu. Nah, maka dari itu jangan malu lagi dalam membuat sebuah topik pembicaraan duluan. Buat dirinya juga merasa bahwa kamu tertarik juga. Hal ini adalah pembuktian bahwa dirimu mau berproses dan tak pergi darinya.

Dengan demikian, proses kenalan pun akan semakin intens dan kamu bisa mengenalnya secara lebih baik lagi. Sehingga dia juga tak merasa jadi single fighter dalam mengejar dirimu. Yuk, jangan malas buat menjalin komunikasi sama gebetanmu. 

3. Jangan tunjukkan bahwa dirimu banyak gebetannya 

5 Tips Menghadapi Gebetan yang Terlalu Cepat Minta Komitmen, Catat!ilustrasi pertemanan (pixabay.com/sasint)

Menghadapi orang yang terlalu terburu-buru, jangan sampai membuatnya lebih tak terkendali. Sebaiknya, jangan biarkan dia tahu kalau kamu sebenarnya punya beberapa calon yang sekiranya sudah menjalani PDKT sama kamu. Hal ini hanya akan membuat dia jadi posesif sama dirimu.

Hal ini tentunya tidak akan membuat dirimu bisa menilai dia secara seksama. Karena di tahapan ini biasanya dia akan selalu memberikan yang baik-baik saja, sedangkan sisi negatifnya dia sembunyikan dengan baik. Ini karena dirinya ingin mendapatkan dirimu. 

Baca Juga: 5 Alasan Komitmen Pasangan Harus dari Niatnya Sendiri, Jangan Dipaksa!

4. Jangan sering menerima hadiah atau kebaikannya dulu

5 Tips Menghadapi Gebetan yang Terlalu Cepat Minta Komitmen, Catat!ilustrasi pasangan (pixabay.com/vedrussaya)

Kalau dirimu memang belum tahu perasaan kepada dirinya, jangan terlalu sering menerima kebaikan dia. Hal ini akan membuat harapan doi terhadapmu semakin tinggi. Jika memang kamu masih ragu akan kebaikan serta sikap dia sesungguhnya, jalani saja pertemanan seperti biasa dulu.

Di situasi seperti ini dia pasti terkesan ingin memberikan apa saja buatmu. Memang kamu akan merasa di atas awan. Tapi, hati-hati jika memang belum terlalu suka sama dia, sedangkan dirimu selalu menerima pemberiannya. Bukan gak mungkin, dia akan menagih komitmen dirimu semakin cepat. 

5. Jangan sungkan buat menolak 

5 Tips Menghadapi Gebetan yang Terlalu Cepat Minta Komitmen, Catat!ilustrasi pasangan (pixabay.com/Karuvadgraphy)

Tang terakhir adalah jangan sungkan buat menolak. Menolak di sini bukan selalu menolak cintanya. Misalnya saja dia kadang suka minta ketemuan, atau minta video call. Jika memang kamu berhalangan, jangan sungkan buat menolak dia. Dengan begini, kamu melatih diri sendiri supaya bisa mengatakan penolakan.

Ini berguna supaya dirimu tidak menerima dia hanya karena kasihan. Tentu saja menolak dengan cara yang halus dan sopan, ya. Jangan terkesan seperti merendahkan dirinya juga. Kalau terlalu sering mengiyakan, akhirnya dirimu akan jadi orang yang gak enakan terus.

Menjalani hubungan asmara itu butuh proses dan waktu. Jangan terlalu terburu-buru karena biasanya di awal itu nafsu yang memegang kendali. Nikmati prosesnya dan ketahui sikap aslinya. Jangan karena merasa tidak enak kemudian menerima cinta dari orang yang belum terlalu kamu kenal. 

Baca Juga: 5 Cara Jaga Komitmen Betapa pun Sulitnya Jalan yang Ditempuh 

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya