Comscore Tracker

Biar Gak Jagain Jodoh Orang, Ini 5 Tips Pacaran yang Tahan Lama

Dijamin langgeng deh kalau gini

Sering kali beberapa pasangan berakhir dengan istilah yang sebenarnya lucu tapi bikin ngenes, yaitu jagain jodohnya orang. Iya, setelah membina hubungan yang serius, tapi karena sesuatu hal harus berakhir dan parahnya dia langsung dapat pasangan dan menikah setelahnya.

Lantas gimana sih cara mempertahankan hubungan supaya langgeng? Berikut lima tipsnya.

1. Komunikasikan hal esensial, jangan ditutupi

Biar Gak Jagain Jodoh Orang, Ini 5 Tips Pacaran yang Tahan Lamapixabay.com/Mircealancu

Hal esensial di sini adalah mengenai perkembangan karier, kualitas hubungan, hingga segala sesuatu masalah, termasuk dari ketidaksukaan sama sikap pacar. Biasanya kan orang lebih memilih memendam rasa gak enak di hati, 'kan? Tapi inj justru akan jadi bumerang yang bisa meledak sewaktu-waktu. Jadi, komunikasi memegang kunci utama dalam kelanggenganmu.

2. Meski sudah sangat dekat, tetap perhatikan nilai penghargaan

Biar Gak Jagain Jodoh Orang, Ini 5 Tips Pacaran yang Tahan Lamapixabay.com/StockSnap

Nilai penghargaan selanjutnya adalah hal mutlak yang diperlakukan oleh sepasang kekasih. Namun, penghargaan ini pula rawan hilang karena alasan kedekatan seseorang. Ingat, walau dia itu pacar bahkan sudah tunangan kamu, kamu tetap harus menghargai dia sebagai manusia pada umumnya. Hargai privasinya, perasaannya dan setiap langkah yang dia ambil. Jangan pernah merasa superior dalam berhubungan asmara.

Baca Juga: Beri Tahu Rutinitas Harianmu, Kami Bisa Tebak Kapan Kamu Bertemu Jodoh!

3. Jangan merasa harus menang dalam perdebatan

Biar Gak Jagain Jodoh Orang, Ini 5 Tips Pacaran yang Tahan Lamapixabay.com/1899441

Hei, kamu dan dia itu bukan musuh dalam kompetisi debat kan, yang mana pihak yang kalah jawab akan jadi yang kalah? Kan dia pacar kamu. Jadi hilangkan rasa ingin menang kalau lagi ada masalah. Itu nggak banget, karena di sini kamu dan dia itu adalah sepasang kekasih yang kebetulan sedang beradu pendapat. Jadi, kendalikan dan atur emosi kamu jika ingin langgeng.

4. Jangan sekali-kali bergantung pada dia

Biar Gak Jagain Jodoh Orang, Ini 5 Tips Pacaran yang Tahan Lamapixabay.com/Disarm

Jadilah individu yang mandiri gitu lho. Jangan karena ada pacar, semuanya kamu serahkan dan gantungkan pada pacarmu. Misalnya, gak bisa makan tanpa dia, gak bisa ke mana-mana kalau dia gak ikut dan parahnya sampai kamu bergantung finansial sama dia. Jatuh sudah harga dirimu. Karena hal inilah yang mendasari sikap mendominasi pasangan terhadapmu.

5. Jangan suka mengancam kalau ada masalah

Biar Gak Jagain Jodoh Orang, Ini 5 Tips Pacaran yang Tahan Lamapixabay.com/makunin

Mengancam dalam artian kamu bilang kalau kamu akan cari yang lain, atau menghilang dalam hidupnya atau memutuskan hubungan. Sekali dua kali mungkin hal ini akan mempan dan membuat dia patuh. Tapi kalau terus-terusan, jangan kaget kalau dia akan mengizinkan kamu melakukannya dan gak akan pernah nyari kamu lagi. Manusia punya batas kesabaran guys. Jadi, jangan memencet tombol itu, ya.

Langgeng atau tidaknya suatu hubungan nggak hanya bergantung pada cinta aja. Cinta tanpa perawatan toh akan berujung pada perpisahan. Maka dari itu, ayo berjuang dan rawat cintamu sampai akhir.

Baca Juga: 5 Doa Meminta Jodoh, Para Jomblo Tidak Perlu Sedih dan Berkecil Hati!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya